Sabtu

TIPS KESEHATAN: Tetap Sehat Saat Lebaran Hari Raya Idul Fitri! Bugar Fit Prima Kuat Pasca Berpuasa!

Tips Sehat Hari Lebaran Idul Fitri Bugar Fit Prima Foto Gambar Masakan Makanan Lezat Enak Halal
Tips sehat saat Lebaran Hari Raya Idul Fitri ini merupakan rangkaian artikel terakhir Rumah Islami setelah sebelumnya saya telah menyajikan tips sehat buka puasa di bulan Ramadhan.

Lebaran merupakan puncak dari usaha untuk memenuhi kewajiban dan perjuangan menahan nafsu satu bulan lamanya, khususnya keinginan untuk makan dan minum. Saat bulan suci Ramadhan 2009 berakhir dan batasan untuk bersantap di pagi dan siang hari telah hilang, mulailah kebiasaan lama muncul kembali: mengkonsumsi makanan tanpa berpikir akibat atau dampaknya karena dilakukan secara berlebihan dan terus-menerus!

Hal ini dapat dimaklumi karena biasanya makanan dan masakan yang disajikan saat Lebaran lain dari biasanya dan ditambah aneka kue kering Lebaran yang sangat mengundang selera :)

Namun demikian, yang paling penting adalah jangan menjadikan Hari Idul Fitri sebagai ajang balas dendam karena telah menjalankan kewajiban berpuasa. NIkmati sajian hari Lebaran dengan cerdas dan tetap menjaga kesehatan agar senantiasa kuat dan bertenaga paska atau setelah puasa dan Lebaran.

Mudah-mudahan artikel berikut ini membuka hati kita untuk senantiasa menjaga tubuh agar tetap sehat fit bugar di Hari Lebaran Idul Fitri 1430H. Amin.

Hindari Makan Berlebih Saat Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri kurang dari tiga minggu lagi. Pesta hari raya umat muslim ini, lekat dirayakan dengan menghidangkan makanan dan minuman mewah yang lain dari hari-hari yang biasa. Menanggapi hal ini, Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Dr. Epistel Simatupang mengingatkan agar tidak berlebihan mengonsumsi makanan kendati tengah merayakan hari raya.

"Meski Idul Fitri tetapi jangan makan yang berlebihan. Tetap pada pola diet yang sehat," ujar Epistel, Jakarta, Sabtu (29/8).

Saat Idul Fitri memang kerap menghidangkan makanan bersantan dan pedas, seperti opor ataupun rendang. Selain itu, juga banyak dihidangkan kue-kue dan minuman bersoda yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Menurut Epistel jika jenis makanan dan minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka akan memicu asam lambung berlebih dalam tubuh ataupun mengakibatkan stroke. Karena itu, dia mengingatkan agar pintar memilih makanan dan tetap menghindari makanan yang memiliki kadar gula tinggi dan berlemak. "Perlu juga tetap konsumsi makanan berserat dan minum yang cukup untuk menjaga hidup sehat," katanya.

Sumber: Kompas.com

Jumat

PANDUAN CARA MENGHITUNG ZAKAT Maal Zakat Fitrah Profesi Niaga Zakat Emas Simpanan Investasi Zakat Hadiah Zakat Perusahaan

Cara Hitung Zakat Maal Zakat Fitrah Profesi Zakat Niaga Emas Simpanan Zakat Investasi Hadiah Zakat Perusahaan
Cara menghitung zakat maal fitrah zakat profesi niaga zakat simpanan usaha zakat emas perak investasi zakat hadiah dan zakat perusahaan ini mungkin akan dibutuhkan oleh sahabat Rumah Islami dalam rangka membersihkan penghasilan atau pendapatan kita setelah sebelumnya telah membaca panduan zakat pengetian Zakat makna hikmah syarat hukum wajib macam jenis zakat.

Sejujurnya tidaklah mudah untuk berdisplin dalam mengkalkulasi atau menghitung zakat dan membayarkannya tepat waktu. Terdapat godaan yang cukup berat sehingga seringkali meletakkan zakat bukan pada prioritas utama.

Hal ini bisa disebabkan oleh ketidaktahuan dalam menghitung zakat atau memang disengaja karena tidak rela menyisihkan sebagian penghasilan karena buat makan saja sudah pas-pasan atau mungkin lebih senang diinvestasikan agar pendapatan semakin bertambah. Padahal zakat merupakan kewajiban bagi seorang muslimin dan muslimah.

Mudaha-mudahan panduan cara hitung kalkulasi
zakat maal fitrah zakat profesi niaga usaha zakat emas perak zakat simpanan investasi zakat hadiah dan zakat perusahaan ini bermanfaat.

Panduan Cara Menghitung Zakat Maal Fitrah Profesi Niaga Emas Simpanan Perak Investasi Hadiah Perusahaan

Zakat Fitrah/Fidyah

Dari Ibnu Umar ra berkata :
"Rasulullah saw mewajibkan zakat fitrah satu sha' kurma atau gandum pada budak, orang merdeka, lelaki perempuan, anak kecil dan orang dewasa dari ummat Islam dan memerintahkan untuk membayarnya sebelum mereka keluar untuk sholat ('iid ). ( Mutafaq alaih ).

Besarnya zakat fitrah menurut ukuran sekarang adalah 2,176 kg. Sedangkan makanan yang wajib dikeluarkan yang disebut nash hadits yaitu tepung, terigu, kurma, gandum, zahib (anggur) dan aqith (semacam keju). Untuk daerah/negara yang makanan pokoknya selain 5 makanan di atas, mazhab Maliki dan Syafi'i membolehkan membayar zakat dengan makanan pokok yang lain.

Menurut mazhab hanafi pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan dengan membayar- kan harganya dari makanan pokok yang di makan.

Pembayaran zakat menurut jumhur 'ulama :
1. Waktu wajib membayar zakat fitrah yaitu ditandai dengan tenggelamnya matahari di akhir bulan Ramadhan
2. Membolehkan mendahulukan pembayaran zakat fitrah di awal.

Keterangan :Bagi yang tidak berpuasa Ramadhan karena udzur tertentu yang dibolehkan oleh syaria't dan mempunyai kewajiban membayar fidyah, maka pembayaran fidyah sesuai dengan lamanya seseorang tidak berpuasa.http://rumahislami.blogspot.com/

Zakat Maal

1. Pengertian Maal (harta)
Menurut terminologi bahasa (lughat), harta adalah segala sesuatu yang diinginkan sekali oleh manusia untuk memiliki, memanfaatkan dan menyimpannya.

Sedangkan menurut terminologi syari'ah (istilah syara'), harta adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki (dikuasai) dan dapat digunakan (dimanfaatkan) menurut ghalibnya (lazim). Sesuatu dapat disebut dengan maal (harta) apabila memenuhi 2 (dua) syarat, yaitu:
1. Dapat dimiliki, dikuasai, dihimpun, disimpan
2. Dapat diambil manfaatnya sesuai dengan ghalibnya. Misalnya rumah, mobil, ternak, hasil pertanian, uang, emas, perak, dll.

2. Syarat-syarat Kekayaan yang Wajib di Zakati
1. Milik Penuh
Artinya harta tersebut berada dalam kontrol dan kekuasaanya secara penuh, dan dapat diambil manfaatnya secara penuh. Harta tersebut didapatkan melalui proses pemilikan yang dibenarkan menurut syariat Islam, seperti : usaha, warisan, pemberian negara atau orang lain dan cara-cara yang sah. Sedangkan apabila harta tersebut diperoleh dengan cara yang haram, maka zakat atas harta tersebut tidaklah wajib, sebab harta tersebut harus dibebaskan dari tugasnya dengan cara dikembalikan kepada yang berhak atau ahli warisnya.
2. Berkembang
Artinya harta tersebut dapat bertambah atau berkembang bila diusahakan atau mempunyai potensi untuk berkembang.
3. Cukup Nishab
Artinya harta tersebut telah mencapai jumlah tertentu sesuai dengan ketetapan syara'. sedangkan harta yang tidak sampai nishabnya terbebas dari Zakat dan dianjurkan mengeluarkan Infaq serta Shadaqah
4. Lebih Dari Kebutuhan Pokok
Kebutuhan pokok adalah kebutuhan minimal yang diperlukan seseorang dan keluarga yang menjadi tanggungannya, untuk kelangsungan hidupnya. Artinya apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi yang bersangkutan tidak dapat hidup layak. Kebutuhan tersebut seperti kebutuhan primer atau kebutuhan hidup minimum, misal, belanja sehari-hari, pakaian, rumah, kesehatan, pendidikan, dsb.
5. Bebas Dari hutang
Orang yang mempunyai hutang sebesar atau mengurangi senishab yang harus dibayar pada waktu yang sama (dengan waktu mengeluarkan zakat), maka harta tersebut terbebas dari zakat.
6. Berlalu Satu Tahun (Al-Haul)
Maksudnya adalah bahwa pemilikan harta tersebut sudah belalu (mencapai) satu tahun. Persyaratan ini hanya berlaku bagi ternak, harta simpanan dan perniagaan. Sedangkan hasil pertanian, buah-buahan dan rikaz (barang temuan) tidak ada syarat haul.http://rumahislami.blogspot.com/

3. Harta (maal) yang Wajib di Zakati

1. Binatang Ternak
Hewan ternak meliputi hewan besar (unta, sapi, kerbau), hewan kecil (kambing, domba) dan unggas (ayam, itik, burung).
2. Emas Dan Perak
Emas dan perak merupakan logam mulia yang selain merupakan tambang elok, juga sering dijadikan perhiasan. Emas dan perak juga dijadikan mata uang yang berlaku dari waktu ke waktu. Islam memandang emas dan perak sebagai harta yang (potensial) berkembang. Oleh karena syara' mewajibkan zakat atas keduanya, baik berupa uang, leburan logam, bejana, souvenir, ukiran atau yang lain.

Termasuk dalam kategori emas dan perak, adalah mata uang yang berlaku pada waktu itu di masing-masing negara. Oleh karena segala bentuk penyimpanan uang seperti tabungan, deposito, cek, saham atau surat berharga lainnya, termasuk kedalam kategori emas dan perak. sehingga penentuan nishab dan besarnya zakat disetarakan dengan emas dan perak.

Demikian juga pada harta kekayaan lainnya, seperti rumah, villa, kendaraan, tanah, dll. Yang melebihi keperluan menurut syara' atau dibeli/dibangun dengan tujuan menyimpan uang dan sewaktu-waktu dapat di uangkan. Pada emas dan perak atau lainnya yang berbentuk perhiasan, asal tidak berlebihan, maka tidak diwajibkan zakat atas barang-barang tersebut.
3. Harta Perniagaan
Harta perniagaan adalah semua yang diperuntukkan untuk diperjual-belikan dalam berbagai jenisnya, baik berupa barang seperti alat-alat, pakaian, makanan, perhiasan, dll. Perniagaan tersebut di usahakan secara perorangan atau perserikatan seperti : CV, PT, Koperasi, dsb.
4. Hasil Pertanian
Hasil pertanian adalah hasil tumbuh-tumbuhan atau tanaman yang bernilai ekonomis seperti biji-bijian, umbi-umbian, sayur-mayur, buah-buahan, tanaman hias, rumput-rumputan, dedaunan, dll.
5. Ma'din dan Kekayaan Laut
Ma'din (hasil tambang) adalah benda-benda yang terdapat di dalam perut bumi dan memiliki nilai ekonomis seperti emas, perak, timah, tembaga, marmer, giok, minyak bumi, batu-bara, dll. Kekayaan laut adalah segala sesuatu yang dieksploitasi dari laut seperti mutiara, ambar, marjan, dll.
6. Rikaz
Rikaz adalah harta terpendam dari zaman dahulu atau biasa disebut dengan harta karun. Termasuk didalamnya harta yang ditemukan dan tidak ada yang mengaku sebagai pemiliknya.

Profesi/Pendapatan

Zakat profesi adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan profesi (hasil profesi) bila telah mencapai nisab. Profesi dimaksud mencakup profesi pegawai negeri atau swasta, konsultan, dokter, notaris, akuntan, artis, wiraswasta, dll.

Dasar Hukum Syari'at
Firman Allah SWT:
"dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak dapat bahagian". (QS. Adz-Dzaariyaat (51): 19)

Firman Allah SWT:
"Wahai orang-orang yang beriman, infaqkanlah (zakat) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu". (QS Al Baqarah: 267)

Hadist Nabi SAW:
"Bila zakat bercampur dengan harta lainnya maka ia akan merusak harta itu".(HR. AL Bazar dan Baehaqi)

Hasilan profesi (pegawai negeri/swasta, konsultan, dokter, notaris, wiraswasta, dll) merupakan sumber pendapatan (kasab) yang tidak banyak dikenal di masa generasi terdahulu, oleh karenanya bentuk kasab ini tidak banyak dibahas, khususnya yang berkaitan dengan "zakat". Lain halnya dengan bentuk kasab yang lebih populer saat itu, seperti pertanian, peternakan dan perniagaan, mendapatkan porsi pembahasan yang sangat memadai dan detail. Meskipun demikian bukan berarti harta yang didapatkan dari hasil profesi tersebut bebas dari zakat, sebab zakat pada dasarnya/hakekatnya adalah pungutan harta yang diambil dari orang-orang kaya untuk dibagikan kepada orang-orang miskin diantara mereka (sesuai dengan ketentuan syara').

Dengan demikian apabila seseorang dengan penghasilan profesinya ia menjadi kaya, maka wajib atas kekayaannya itu zakat, akan tetapi jika hasilnya tidak mencukupi kebutuhan hidup (dan keluarganya), maka ia menjadi mustahiq (penerima zakat). Sedang jika hasilnya hanya sekedar untuk menutupi kebutuhan hidupnya, atau lebih sedikit maka baginya tidak wajib zakat. Kebutuhan hidup yang dimaksud adalah kebutuhan pokok, yakni, papan, sandang, pangan dan biaya yang diperlukan untuk menjalankan profesinya.

Zakat profesi memang tidak dikenal dalam khasanah keilmuan Islam, sedangkan hasil profesi yang berupa harta dapat dikategorikan ke dalam zakat harta (simpanan/kekayaan). Dengan demikian hasil profesi seseorang apabila telah memenuhi ketentuan wajib zakat maka wajib baginya untuk menunaikan zakat.

Contoh perhitungan:
* Iwan Darsawan adalah seorang karyawan swasta yang berdomisili di kota Bekasi, memiliki seorang istri dan 2 orang anak. Penghasilan bersih perbulan Rp. 1.500.000,-.
* Bila kebutuhan pokok keluarga tersebut kurang lebih Rp. 625.000 per bulan maka kelebihan dari penghasilannya = (1.500.000 - 625.000) = Rp. 975.000 perbulan.
* Apabila saldo rata-rata perbulan 975.000 maka jumlah kekayaan yang dapat dikumpulkan dalam kurun waktu satu tahun adalah Rp. 11.700.000 (lebih dari nishab).
* Dengan demikian Akbar berkewajiban membayar zakat sebesar 2.5% dari saldo.
* Dalam hal ini zakat dapat dibayarkan setiap bulan sebesar 2.5% dari saldo bulanan atau 2.5 % dari saldo tahunan.

Perhitungan Zakat Pendapatan/Profesi
Nisab zakat pendapatan / profesi setara dengan nisab zakat tanaman dan buah-buahan sebesar 5 wasaq atau 652,8 kg gabah setara dengan 520 kg beras, kadar zakatnya sebesar 2,5 %. Waktu untuk mengeluarkan zakat profesi pada setiap kali menerima diqiyaskan dengan waktu pengeluaran zakat tanaman yaitu setiap kali panen. "Dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya ( dengan dikeluar kan zakat nya ). ( QS : Al-An'am : 141 ).

Contoh perhitungan:
* Nisab sebesar 520 kg beras, asumsi harga `eras 2000 jadi nilai nisab sebesar 520 x 2000 = 1.400.000
* Jumlah pendapatan perbulan Rp 2.000.000,-
* Zakat atas pendapatan ( karena telah mencapai nisab ) 2,5 % x 2.000.000,- = 50.000,-

Uang Simpanan

Uang simpanan ( baik tabungan, deposito, dll ) dikenakan zakat dari jumlah terendah bila telah mencapai haul. Besarnya nisab senilai dengan 85 gr emas ( asumsi 1 gr emas Rp 75.000, nisab sebesar Rp 6.375.000 ). Kadarnya zakatnya sebesar 2,5 %.

1. Uang Tabungan
Tanggal Masuk Keluar Saldo
01/03/99 20.000.000 20.000.000
25/03/99 2.000.000 18.000.000
20/05/99 5.000.000 13.000.000
01/06/99 200.000* 13.200.000
12/09/99 1.000.000 12.200.000
11/10/99 2.000.000 14.200.000
31/02/00 1.000.000 15.200.000
* Bagi hasil

Jumlah saldo terakhir dalam tabel di atas adalah 15.200.000 telah melebihi nisab (asumsi 1 gr emas Rp 75.000, nisab sebesar Rp 6.375.000) dan genap satu tahun. Tahun haul menurut contoh di atas 01/03/99 - 31/02/00.. uang bagi hasil ini dikeluarkan terlebih dahulu sebelum perhitungan zakat.

Perhitungan :
* Tahun haul : 01/03/99 - 31/02/00
* Nisab : Rp 6.375.000,-
* Saldo terakhir : Rp 15.200.000,- - Rp 200.000,- = Rp 15.000.000,-
* Besarnya zakat : 2,5 % x Rp 15.000.000,- = Rp 375.000,-

Bila seseorang mempunyai beberapa tabungan maka semua buku dihitung setelah dilihat haul dan saldo terendah dari masing-masing buku.

Perhitungan:
* Haul : 01/03/99 - 31/02/00
* Saldo terakhir:
- Buku 1: 5.000.000- Buku 2: 3.000.000- Buku 3: 2.000.000
* Jumlah total : Rp 10.000.000
* Zakat : 2,5 % x Rp 10.000.000 = Rp 250.000,-

2. Simpanan Deposito
Seseorang mempunyai deposito di awal penyetoran tanggal 01/04/99 sebesar Rp 10.000.000 dengan jumlah bagi hasil 300.000 setahun. Haul wajib zakat adalah tanggal 31/03/00, nisab sebesar 6.375.000. Maka setelah masa haul tiba zakat yang harus dikeluarkan sebesar :

2.5 % x Rp 10.000.000 = Rp 250.000

Bila seseorang mempunyai beberapa simpanan deposito maka seluruh jumlah simpanan deposito dijumlahkan. Bila mencapai nisab dengan masa satu tahun kadar zakatnya sebesar 2,5 % dengan perhitungan seperti di atas.

Zakat Emas/Perak

Seorang muslim yang mempunyai emas dan perak wajib mengeluarkan zakat bila sesuai dengan nisab dan haul. Adapun nisab emas sebesar 85 gr dan nisab perak 595 gr.

1. Emas yang tidak dipakai
Emas yang tidak dipakai adalah perhiasan emas yang tidak digunakan atau sekali pun dipakai hanya sekali setahun. Dengan demikian bila seseorang menyimpan me-nyamai atau melebihi 85 gr maka ia wajib mengeluarkan zakat emas tersebut. Ada pun kadar zakatnya besarnya 2,5 % di hitung dari nilai uang emas tersebut. Misalnya : seseorang mempunyai 90 gr emas. Harga 1 gr emas 70.000. Maka besarnya zakat yang dikeluarkan sebesar : 90 x 70.000 x 2,5 % = 157.500
2. Emas yang dipakai
Emas yang dipakai adalah dalam kondisi wajar dan tidak berlebihan. Jadi bila seorang wanita mempunyai emas 120 gr, dipakai dalam aktivitas sehari-hari sebanyak 15 gr. Maka zakat emas yang wajib dikeluarkan oleh wanita tersebut adalah 120 gr - 15 gr = 105 gr. Bila harga emas 70.000 maka zakat yang harus dikeluarkan sebesar : 105 x 70.000 x 2,5 % = 183.750

Keterangan :
Perhitungan zakat perak mengikuti cara per hitungan di atas.

Zakat Investasi

Zakat investasi adalah zakat yang dikenakan terhadap harta yang diperoleh dari hasil investasi. Diantara bentuk usaha yang masuk investasi adalah bangunan atau kantor yang disewakan, saham, rental mobil, rumah kontrakan, investasi pada ternak atau tambak, dll.

Dilihat dari karakteristik investasi, biasanya modal tidak bergerak dan tidak terpengaruh terhadap hasil produksi maka zakat investasi lebih dekat ke zakat pertanian. Pendapat ini diikuti oleh ulama modern seperti Yusuf Qordhowi, Muhammad Abu Zahrah, Abdul Wahab Khalaf, Abdurahman Hasan, dll.

Dengan demikian zakat investasi dikeluarkan pada saat menghasilkan sedangkan modal tidak dikenai zakat. Kadar zakat yang dikeluarkan sebesar 5 % atau 10 %. 5 % untuk penghasilan kotor dan 10 untuk penghasilan bersih.

Zakat Hadiah dan Sejenisnya

1. Jika hadiah tersebut terkait dengan gaji maka ketentuannya sama dengan zakat profesi/pendapatan. Dikeluarkan pada saat menerima dengan kadar zakat 2,5 %.
2. Jika komisi, terdiri dari 2 bentuk : pertama, jika komisi dari hasil prosentasi keuntungan perusahaan kepada pegawai, maka zakat yang dikeluarkan sebesar 10 % (sama dengan zakat tanaman), kedua, jika komisi dari hasil profesi seperti makelar, dll maka digolongkan dengan zakat profesi. Aturan pembayaran zakat mengikuti zakat profesi.
3. Jika berupa hibah, terdiri dari dua kriteria, pertama, jika sumber hibah tidak di duga-duga sebelumnya, maka zakat yang dikeluarkan sebesar 20 %, kedua, jika sumber hibah sudah diduga dan diharap, hibah tersebut digabung kan dengan kekayaan yang ada dan zakat yang dikeluarkan sebesar 2,5 %.

Zakat Perniagaan-Zakat Perdagangan

"Rasulullah SAW memerintahkan kami agar mengeluarkan zakat dari semua yang kami persiapkan untuk berdagang." ( HR. Abu Dawud )

Ketentuan zakat perdagangan:
1. Berjalan 1 tahun ( haul ), Pendapat Abu Hanifah lebih kuat dan realistis yaitu dengan menggabungkan semua harta perdagangan pada awal dan akhir dalam satu tahun kemudian dikeluarkan zakatnya.
2. Nisab zakat perdagangan sama dengan nisab emas yaitu senilai 85 gr emas
3. Kadarnya zakat sebesar 2,5 %
4. Dapat dibayar dengan uang atau barang
5. Dikenakan pada perdagangan maupun perseroan.

Perhitungan :(Modal diputar + Keuntungan + piutang yang dapat dicairkan) - (hutang + kerugian) x 2,5 %

Contoh :
Harta perniagaan, baik yang bergerak di bidang perdagangan, industri, agroindustri, ataupun jasa, dikelola secara individu maupun badan usaha (seperti PT, CV, Yayasan, Koperasi, Dll) nishabnya adalah 20 dinar (setara dengan 85 gram emas murni). Artinya jika suatu badan usaha pada akhir tahun (tutup buku) memiliki kekayaan (modal kerja dan untung) lebih besar atau setara dengan 85 gram emas (asumsi jika per-gram Rp 75.000,- = Rp 6.375.000,-), maka ia wajib mengeluarkan zakat sebesar 2,5 %

Pada badan usaha yang berbentuk syirkah (kerjasama), maka jika semua anggota syirkah beragama Islam, zakat dikeluarkan lebih dulu sebelum dibagikan kepada pihak-pihak yang bersyirkah. Tetapi jika anggota syirkah terdapat orang yang non muslim, maka zakat hanya dikeluarkan dari anggota syirkah muslim saja (apabila jumlahnya lebih dari nishab)

Cara menghitung zakat :
Kekayaan yang dimiliki badan usaha tidak akan lepas dari salah satu atau lebih dari tiga bentuk di bawah ini :
1. Kekayaan dalam bentuk barang
2. Uang tunai
3. Piutang
Maka yang dimaksud dengan harta perniagaan yang wajib dizakati adalah yang harus dibayar (jatuh tempo) dan pajak.

Contoh :
Sebuah perusahaan meubel pada tutup buku per Januari tahun 1995 dengan keadaan sbb :
* Sofa atau Mebel belum terjual 5 set Rp 10.000.000
* Uang tunai Rp 15.000.000
* Piutang Rp 2.000.000
* Jumlah Rp 27.000.000
* Utang & Pajak Rp 7.000.000
* Saldo Rp 20.000.000
* Besar zakat = 2,5 % x Rp 20.000.000,- = Rp 500.000,-
Pada harta perniagaan, modal investasi yang berupa tanah dan bangunan atau lemari, etalase pada toko, dll, tidak termasuk harta yang wajib dizakati sebab termasuk kedalam kategori barang tetap (tidak berkembang)

Usaha yang bergerak dibidang jasa, seperti perhotelan, penyewaan apartemen, taksi, renal mobil, bus/truk, kapal laut, pesawat udara, dll, kemudian dikeluarkan zakatnya dapat dipilih diantara 2 (dua) cara:
* Pada perhitungan akhir tahun (tutup buku), seluruh harta kekayaan perusahaan dihitung, termasuk barang (harta) penghasil jasa, seperti taksi, kapal, hotel, dll, kemudian keluarkan zakatnya 2,5 %.
* Pada Perhitungan akhir tahun (tutup buku), hanya dihitung dari hasil bersih yang diperoleh usaha tersebut selama satu tahun, kemudian zakatnya dikeluarkan 10%. Hal ini diqiyaskan dengan perhitungan zakat hasil pertanian, dimana perhitungan zakatnya hanya didasarkan pada hasil pertaniannya, tidak dihitung harga tanahnya.

Zakat Perusahaan

Zakat perusahaan hampir sama dengan zakat perdagangan dan investasi. Bedanya dalam zakat perusahaan bersifat kolektif. Dengan kriteria sebagai berikut :
1. Jika perusahaan bergerak dalam bidang usaha perdagangan maka perusahaan tersebut mengeluarkan harta sesuai dengan aturan zakat perdagangan. Kadar zakat yang dikeluarkan sebesar 2,5 %
2. Jika perusahaan tersebut bergerak dalam bidang produksi maka zakat yang dikeluarkan sesuai dengan aturan zakat investasi atau pertanian. Dengan demikian zakat perusahaan dikeluarkan pada saat menghasilkan sedangkan modal tidak dikenai zakat. Kadar zakat yang dikeluarkan sebesar 5 % atau 10 %. 5 % untuk penghasilan kotor dan 10 % untuk pengahasilan bersih.

Catatan :Bila dalam perusahaan tersebut ada penyer taan modal dari pegawai non muslim maka penghitungan zakat setelah dikurangi ke- pemilikan modal atau keuntungan dari pegawai non muslim.

Sumber: http://www.pkpu.or.id/

PANDUAN ZAKAT: Arti Zakat Makna Hikmah ZAKAT Syarat Hukum ZAKAT Wajib Macam Zakat

Arti Zakat Makna Hikmah Zakat Syarat Hukum Zakat Wajib Macam Zakat
Sebelum mengeluarkan zakat guna membersihkan pendapatan yang kita peroleh selama ini, hendaknya sahabat Rumah Islami memahami terlebih dahulu pengertian atau makna zakat, hikmah zakat, syarat wajib zakat, hukum dan macam-maxam zakat atau jenis zakat.

Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini, lengkaplah usaha membersihkan jasmani dan rohani selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Dosa bersih, hati kembali fitri, dan penghasilan pun sudah disisihkan untuk dizakatkan kepada mereka yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat agama. Semoga. Baca juga ya artikel terakhir tentang aneka resep kue kering lebaran.

Pengertian Zakat Dan Perbedaannya Dengan Infaq dan Shadaqah

MAKNA ZAKAT

# Secara Bahasa (lughat), berarti : tumbuh; berkembang dan berkah (HR. At-Tirmidzi) atau dapat pula berarti membersihkan atau mensucikan (QS. At-Taubah : 10). Seorang yang membayar zakat karena keimanannya nicaya akan memperoleh kebaikan yang banyak. Allah SWT berfirman : "Pungutlah zakat dari sebagian kekayaan mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.". (QS : At-Taubah : 103).

Sedangkan menurut terminologi syari'ah (istilah syara'), zakat berarti kewajiban atas harta atau kewajiban atas sejumlah harta tertentu untuk kelompok tertentu dalam waktu tertentu.

Sementara pengertian infaq adalah mengeluarkan harta yang mencakup zakat dan non zakat. Infaq ada yang wajib dan ada yang sunnah. Infaq wajib diantaranya zakat, kafarat, nadzar, dll. Infak sunnah diantara nya, infak kepada fakir miskin sesama muslim, infak bencana alam, infak kemanusiaan, dll. Terkait dengan infak ini Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim ada malaikat yang senantiasa berdo'a setiap pagi dan sore : "Ya Allah SWT berilah orang yang berinfak, gantinya. Dan berkata yang lain : "Ya Allah jadikanlah orang yang menahan infak, kehancuran".http://rumahislami.blogspot.com/

Adapun Shadaqoh dapat bermakna infak, zakat dan kabaikan non materi. Dalam hadits Rasulullah SAW memberi jawaban kepada orang-orang miskin yang cemburu terhadap orang kaya yang banyak bershadaqoh dengan hartanya, beliau bersabda : "Setiap tasbih adalah shadaqoh, setiap takbir shadaqoh, setiap tahmid shadaqoh, setiap tahlil shadaqoh, amar ma'ruf shadaqoh, nahi munkar shadaqoh dan menyalurkan syahwatnya pada istri shadaqoh". Dan shadaqoh adalah ungkapan kejujuran ( shiddiq ) iman seseorang.

Selain itu, ada istilah shadaqah dan infaq, sebagian ulama fiqh, mengatakan bahwa sadaqah wajib dinamakan zakat, sedang sadaqah sunnah dinamakan infaq. Sebagian yang lain mengatakan infaq wajib dinamakan zakat, sedangkan infaq sunnah dinamakan shadaqah.

HIKMAH ZAKAT

1. Menghindari kesenjangan sosial antara aghniya dan dhu'afa.
2. Pilar amal jama'i antara aghniya dengan para mujahid dan da'i yang berjuang dan berda'wah dalam rangka meninggikan kalimat Allah SWT.
3. Membersihkan dan mengikis akhlak yang buruk
4. Alat pembersih harta dan penjagaan dari ketamakan orang jahat.
5. Ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan
6. Untuk pengembangan potensi ummat
7. Dukungan moral kepada orang yang baru masuk Islam
8. Menambah pendapatan negara untuk proyek-proyek yang berguna bagi ummat.

Selain itu juga, zakat merupakan ibadah yang memiliki nilai dimensi ganda, trasendental dan horizontal. Oleh sebab itu zakat memiliki banyak arti dalam kehidupan ummat manusia, terutama Islam. Zakat memiliki banyak hikmah, baik yang berkaitan dengan Allah SWT maupun hubungan sosial kemasyarakatan di antara manusia, antara lain

1. Menolong, membantu, membina dan membangun kaum dhuafa yang lemah papa dengan materi sekedar untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya. Dengan kondisi tersebut mereka akan mampu melaksanakan kewajibannya terhadap Allah SWT
2. Memberantas penyakit iri hati, rasa benci dan dengki dari diri orang-orang di sekitarnya berkehidupan cukup, apalagi mewah. Sedang ia sendiri tak memiliki apa-apa dan tidak ada uluran tangan dari mereka (orang kaya) kepadanya.
3. Menjadi unsur penting dalam mewujudakan keseimbanagn dalam distribusi harta (sosial distribution), dan keseimbangan tanggungjawab individu dalam masyarakat
4. Dapat menunjang terwujudnya sistem kemasyarakatan Islam yang berdiri atas prinsip-prinsip: Ummatn Wahidan (umat yang satu), Musawah (persamaan derajat, dan dan kewajiban), Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Islam) dan Takaful Ijti'ma (tanggung jawab bersama)
5. Dapat mensucikan diri (pribadi) dari kotoran dosa, emurnikan jiwa (menumbuhkan akhlaq mulia menjadi murah hati, peka terhadap rasa kemanusiaan) dan mengikis sifat bakhil (kikir) serta serakah. Dengan begitu akhirnya suasana ketenangan bathin karena terbebas dari tuntutan Allah SWT dan kewajiban kemasyarakatan, akan selalu melingkupi hati.
6. Zakat adalah ibadah maaliyah yang mempunyai dimensi dan fungsi sosial ekonomi atau pemerataan karunia Allah SWT dan juga merupakan perwujudan solidaritas sosial, pernyataan rasa kemanusian dan keadilan, pembuktian persaudaraan Islam, pengikat persatuan ummat dan bangsa, sebagai pengikat bathin antara golongan kaya dengan yang miskin dan sebagai penimbun jurang yang menjadi pemisah antara golongan yang kuat dengan yang lemah
7. Mewujudkan tatanan masyarakat yang sejahtera dimana hubungan seseorang dengan yang lainnya menjadi rukun, damai dan harmonis yang akhirnya dapat menciptakan situasi yang tentram, aman lahir bathin. Dalam masyarakat seperti itu takkan ada lagi kekhawatiran akan hidupnya kembali bahaya komunisme 9atheis) dan paham atau ajaran yang sesat dan menyesatkan. Sebab dengan dimensi dan fungsi ganda zakat, persoalan yang dihadapi kapitalisme dan sosialisme dengan sendirinya sudah terjawab. Akhirnya sesuai dengan janji Allah SWT, akan terciptalah sebuah masyarakat yang baldatun thoyibun wa Rabbun Ghafur.

SYARAT-SYARAT WAJIB ZAKAT

1. Muslim
2. Aqil
3. Baligh
4. Milik Sempurna
5. Cukup Nisab
6. Cukup Haul

# Penyebutan Zakat dan Infaq dalam Al Qur-an dan As Sunnah

1. Zakat (QS. Al Baqarah : 43)
2. Shadaqah (QS. At Taubah : 104)
3. Nafaqah (QS. At Taubah : 35)
4. Haq (QS. Al An'am : 141)
5. Al 'Afuw (QS. Al A'raf : 199)

HUKUM ZAKAT

Zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan menjadi salah satu unsur pokok bagi tegaknya syariat Islam. Oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat termasuk dalam kategori ibadah (seperti shalat, haji, dan puasa) yang telah diatur secara rinci dan paten berdasarkan Al-Qur'an dan As Sunnah, sekaligus merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan ummat manusia.http://rumahislami.blogspot.com/

MACAM-MACAM ZAKAT

1. Zakat Nafs (jiwa), juga disebut zakat fitrah.
2. Zakat Maal (harta).

Sumber: http://www.pkpu.or.id/

Rabu

TIPS PUASA: Adab Aturan Puasa WANITA HAMIL IBU MENYUSUI Anak! Apakah BOLEH TETAP BERPUASA? Tinjauan Agama

Adab Aturan Puasa Wanita Hamil Ibu Menyusui Anak
Adab Aturan Puasa Wanita Hamil Ibu Menyusui Anak. Puasa Ramadhan merupakan kesempatan yang datangnya hanya satu tahun sekali untuk mendapatkan begitu banyak amalan pahala dan berkah serta pensucian hati dan jiwa untuk kembali fitri.

Namun bagaiamana dengan seorang wanita yang saat memasuki bulan puasa dalam keadaan hamil? Atau bagaimana dengan seorang ibu yang sedang menyusui si buah hati sedangkan ia tetap ingin berpuasa.

Tentu saja ada perasaan sedih dan kecewa apabila tidak dapat menjalankan ibadah puasa sebagai suatu kewajiban bagi seorang muslimin dan muslimah. Dan di sisi yang lain, si ibu atau calon ibu tersebut tetap ingin menjaga kondisi kehamilan atau kesehatan sang anak karena hal ini juga merupakan kewajiban seorang wanita terhadap keluarganya.

Artikel berikut ini mengenai tips puasa adab aturan puasa bagi wanita hamil ibu yang sedang menyusui melengkapi posting Rumah Islami sebelumnya tentang Arti Puasa Kewajiban Syarat Sah Rukun Dan Yang Membatalkan Puasa.


“Bila Wanita Hamil Dan Menyusui Tidak Berpuasa Di Bulan Ramadhan” ketegori Muslim.

Bila Wanita Hamil Dan Menyusui Tidak Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Kategori Puasa - Fiqih Puasa

Senin, 18 Oktober 2004 14:17:47 WIB

BILA WANITA HAMIL DAN WANITA MENYUSUI TIDAK BERPUASA DI BULAN RAMADHAN

Oleh
Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Ifta

Pertanyaan
Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Ifta dita : Wanita yg sedang hamil atau menyusui
yg khawatir pada diri atau anak jika berpuasa di bulan Ramadhan, lalu krn itu ia tdk berpuasa, apa yg hrs ia lakukan nantinya. Apakah ia hrs mengqadha serta memberi makan pada orang miskin, atau ia hrs mengqadha saja tanpa perlu memberi makan kpd orang miskin, ataukah cukup bagi untuk memberi makan tanpa perlu mengqadha puasa ? Manakah yg benar diantara ketiga hal itu ? http://rumahislami.blogspot.com/

Jawaban
Jika wanita hamil itu khawatir kpd diri atau anak jika berpuasa di bulan Ramadhan, maka hendak ia tidak berpuasa dan wajib bagi untuk mengqadha puasa saja. Status saat itu ialah seperti orang yg tdk kuat untuk berpuasa atau takut akan timbul bahaya pada dirinya, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Arti : Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajib bagi berpuasa), sebanyak hari yg ditinggalkan itu, pada hari-hari yg lain” [ Al-Baqarah : 185]

Begitu juga hal wanita yg menyusui, jika ia khawatir pada diri bila menyusui anak sambil berpuasa di bulan Ramadhan, atau khawatir pada anak jika ia berpuasa lalu tdk dpt menyusui, maka boleh bagi berbuka, dan wajib bagi mengqadha saja. Rumah Islami

Sumber: [Majalah Al-Buhuts Al-Islamiyah, edisi 14, halaman 109-110]

TIDAK BERPUASA DI BULAN RAMADHAN KARENA HAMIL KEMUDIAN BERPUASA SEBULAN PENUH SEBAGAI PENGGANTINYA DAN BERSEDEKAH PULA

Oleh
Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Ifta

Pertanyaan
Al-Lajnah Ad-Da’imah Lil Ifta dita : Saya hamil di bulan Ramadhan maka saya tdk berpuasa, dan sebagai penganti saya berpuasa sebulan penuh dan bersedekah, kemudian saya hamil kedua kali di bulan Ramadhan maka saya tdk berpuasa dan sebagai ganti saya berpuasa sebulan sehari demi sehari selama dua bulan dan saya tdk bersedekah, apakah dalam hal ini diwajibkan bagi saya untuk bersedekah .?

Jawaban
Jika seorang wanita hamil khawatir pada diri atau khawatir pada kondisi janin jika berpuasa lalu ia berbuka, maka yg wajib baginya adalah mengqadha puasa, keadaan saat itu ialah seperti orang sakit yg tdk kuat berpuasa atau seperti orang yg khawatir diri akan mendpt bahaya jika berpuasa, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.http://rumahislami.blogspot.com/

“Arti : Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah bagi berpusa), sebanyak hari yg ditinggalkan itu, pada hari-hari yag lain” [Al-Baqarah : 185]

[Disalin dari buku Al-Fatawa Al-Jami’ah Lil Mar’atil Muslimah, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang Wanita 1, penyusun Amin bin Yahya Al-Wazan, terbitan Darul Haq, penerjemah Amir Hamzah Fakhruddin]

Sumber : http://almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=1113&bagian=0

Sumber utama : Bila Wanita Hamil Dan Menyusui Tidak Berpuasa Di Bulan Ramadhan : http://alsofwah.or.id

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan: Membantu Proses Detoksinasi Atau Pembuangan Racun Dalam Tubuh! Nikmatnya Berpuasa Ramadhan 2009!

Manfaat Puasa Detoksinasi Buang Racun Tubuh
Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Detoksinasi Racun Tubuh. Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan memang memiliki suatu kenikmatan tersendiri.

Biasanya setelah sarapan pagi, tangan dan mulut masih terasa "gatal" untuk mengunyah sesuatu dalam rangka memenuhi nafsu perut yang seakan tidak pernah kenyang.

Saat menjalankan puasa, tubuh otomatis diatur sedemikian rupa dan diberi kesempatan untuk tidak bekerja terlalu keras, terutama berkaitan dengan proses mencerna makananan, sehingga organ-organ tubuh seperti usus dan lambung mempunyai waktu cukup untuk beristirahat.

Yang cukup menarik adalah bila puasa dilakukan dengan benar ternyata tidak hanya dosa yang dihapuskan, namun racun yang berada di dalam tubuh dapat terdektosinasi pula alias dibuang secara maksimal.

Coba sahabat Rumah Islami baca artikel berikut ini mengenai manfaat berpuasa guna membantu proses detoksinasi atau pembuangan racun dalam tubuh agar sehat fit. Mudah-mudahan bermanfaat ya dan tambah semangat puasanya. Jangan lupa siapkan sedari dini ya kartu ucapan Lebaran Selamat Idul Fitri 1430H.

Proses Pembuangan Racun Selama Puasa

Puasa ramadan sering diartikan waktunya istirahat buat tubuh karena organ-organ tubuh bekerja lebih ringan. Jika puasa dilakukan dengan benar proses pembuangan racun dalam tubuh atau detoksifikasi tubuh akan berjalan sempurna.

Detoksifikasi adalah upaya untuk membersihkan racun-racun yang mengendap dalam tubuh. Sebenarnya setiap hari tubuh sudah melakukan detoksifikasi seperti buang air kecil, buang air besar atau melalui keringat.

"Upaya detoksifikasi selama puasa sebenarnya bukan dari makanan yang di makan tapi proses untuk mengisitirahatkan tubuh sejenak dari beban-beban yang berat di luar bulan puasa," kata Dr Kasim Rasjidi, SpPD-KKV, DTM&H, MCTM, MHA, SpJP, FIHA ketika dihubungi detikHealth, Selasa (25/8/2009).

Banyak manfaat yang bisa diambil dengan berpuasa yaitu proses detoksifikasi tubuh dari segala racun, mengurangi berat badan, memurnikan kerja otak, terlihat lebih muda, dan bisa melatih kesabaran seseorang.

Dr Kasim menceritakan bagaimana proses detoksifikasi yang terjadi selama puasa
:

1. Ketika buka puasa, makanlah kurma atau buah, bukan kolak karena proses penyerapan kolak sulit dicerna tubuh. Sementara kurma dan buah mengandung jenis gula yang sederhana, gampang diserap, mengandung elektrolit dan mineral lain.

Jika berbuka puasa dengan kurma atau buah lalu dilanjutkan dengan minum air putih beban pencernaan akan berkurang. Proses detoksifikasi mulai berjalan karena kita tidak memberikan beban yang berat ke pencernaan ketika berbuka puasa.

2. Ketika berpuasa orang akan memperbanyak ibadahnya, sebaliknya keinginan makan justru agak direm karena kesibukan beribadah. Tradisi makan besar yang biasanya dilakukan di luar bulan puasa akan berubah saat puasa. Kondisi ini tentunya akan membuat sistem pencernaan mendapat diskon dari beban kerja yang berat.

"Kalau ada yang buka puasa dan makan seperti hari biasa kemudian dia salat Isya tiba-tiba bersendawa malah mengucapkan Alhamdulillah sebenarnya dia melakukan pola makan yang keliru. Pola makan yang tidak berlebihan tidak akan membuat orang bersendawa berlebihan hingga mengeluarkan bunyi yang keras," kata Dr Kasim yang merupakan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di RS Asri Jakarta.http://rumahislami.blogspot.com/

Begitu juga ketika sahur dengan porsi makan yang lebih sedikit dan gerak tubuh selama beribadah yang lebih banyak akan membuat tubuh lebih ringan.

Keinginan makan yang lebih sedikit, terlebih bisa mengurangi makan-makanan manis yang tidak alami selama puasa akan direspons positif oleh tubuh.

Racun yang dibuang akan lebih sedikit sehingga ginjal, liver dan sistem pencernaan tidak mendapat beban kerja yang berat. Sementara aktivitas jantung juga akan santai karena ibadah yang dilakukan membuat ketenangan.Rumah Islami

"Jadi kalau puasa dikerjakan dengan benar denyut jantung akan bagus, proses pelepasan insulin berjalan baik dan gula darah akan lebih terkontrol, itu sebenarnya proses detoksifikasi yang terjadi," imbuh Dr Kasim.

Dia juga mengingatkan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran karena kandungan buah sama seperti kandungan tubuh yang 70-80 persennya berupa air.

Jadi detoksifikasi tubuh selama puasa adalah mengurangi beban kerja organ tubuh dengan pola makan yang tidak berlebihan. Jangan sampai bulan puasa malah dijadikan kesempatan untuk konsumtif dengan belanja makanan-makanan enak.

Sumber: detik.com

Senin

Kumpulan Kartu Lebaran 1430 H Ucapan Selamat Idul Fitri 1430 Hijriah! Gambar Lucu Unik Indah Ramadhan 2009!

kumpulan kartu lebaran 1430 Hijriah ucapan lebaran 2009 selamat idul fitri 1430H
Inilah kumpulan Kartu Lebaran ucapan Selamat Idul Fitri 1430H. Artikel ini melengkapi posting sebelumnya mengenai kumpulan aneka sms lebaran tahun 2009.

Saat ini memang harus diakui bahwa pengiriman kartu lebaran lewat pos sudah mulai ditinggalkan. Saya yakin banyak sahabat Rumah Islami yang memilih cara praktis, yaitu mengirimkan ucapan Selamat Lebaran 1430 Hijriah lewat email atau surat elektronik.

Nah berikut ini saya sajikan kumpulan aneka karu ucapan Lebaran 1430H Selamat Idul Fitri. Mudah-mudahan bermanfaat ya dalam kegiatan merangkai tali silaturahmi dengan teman, sahabat, keluarga dan kerabat dekat.

Indahnya Ramadhan di tahun 2009 ini semakin lengkap dengan rangkaian kata indah SMS Lebaran dan desain Kartu Lebaran nan cantik lucu dan menarik hati. Semoga.

Kumpulan Kartu Ucapan Lebaran 1430H Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriah 2009 Gambar Lucu Unik Cantik Kartu Ucapan Selamat Lebaran

kartu lebaran 1430H terbaru, masjid Pictures, Images and Photo

kartu ucapan lebaran Pictures, Images and Photos


Kumpulan Kartu Selamat Lebaran Idul Fitri Gambar 1430H
Kumpulan Kartu Lebaran 1430H Selamat Idul Fitri Gambar
Kumpulan Gambar Kartu Lebaran 1430H Selamat Idul Fitri
Gambar Kartu Ucapan Lebaran 1430H Selamat Idul Fitri 2009
Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1430H Lebaran 2009
Koleksi Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri 1430H Kartu Lebaran 2009
Aneka Kartu Lebaran 2009 Selamat Idul Fitri 1430H
Kartu Lebaran 1430 Hijriah
Selamat Idul Fitri 1430 Hijriah

kartu lebaran 1430H, masjid Pictures, Images and Photos


Sumber: Google (Bila ada copyright mohon disampaikan di kotak komentar ya sobat agar linknya saya tambahkan)

Minggu

ANEKA Menu BUBUR Makanan BUKA Dan SAHUR PUASA Ramadhan 1430H! Nikmatnya BERPUASA Di Tahun 2009!

Aneka Menu Bubur Buka Puasa Sahur Puasa Ramadhan
Berikut ini aneka menu masakan bubur buat sahur dan buka puasa yang lumayan lengkap dan komplit.

Rangkaian menu serba bubur ini melengkapi posting sebelumnya, yaitu kumpulan aneka resep menu ringan makanan Berbuka Puasa.

Bubur merupakan makanan yang sehat dan lezat, cocok sebagai makanan pembuka untuk buka puasa atau memancing nafsu makan saat sahur di bulan suci Ramadhan. Cara membuatnya pun sangat sederhana dan merupakan makanan yang cepat saji.

Bila sudah bosan dengan makanan yang berat dan bikin perut terasa penuh, yuk dicoba kumpulan aneka menu bubur resep makanan buka puasa dan sahur puasa Ramadhan 2009 berikut ini. Selamat menikmati :)



Aneka Resep Bubur Menu Makanan Masakan Sahur dan Buka Puasa Komplit 1430H

Bubur Sagu Rangi Untuk - Menu Berbuka Puasa Ramadhan Rumah Islami

Bahan:

* 300 gram sagu ambon, rendam dalam air dingin, haluskan.
* 2 sdm kenari, kupas, potong kecil.
* 150 gram gula merah, rebus dalam air.
* Seruas jari jahe, memarkan.
* 600 cc santan.
* 2 lembar daun pandan.
* 2 sdt garam.
* 1 sdt vanili.

Cara membuat:

1. Rebus sagu dengan air secukupnya hingga kental.
2. Masukkan kenari, gula merah, dan jahe. Aduk rata, angkat.
3. Kuah: rebus santan, daun pandan, garam, dan vanili hingga mendidih.
4. Sajikan bubur sagu rangi dengan santan.


Bubur Kacang Hijau - Santapan Sahur Lezat

Bahan:

* 200 gram kacang hijau, kupas, rendam 1 jam
* 2 potong gula merah (± 100 gram)
* 100 gram gula pasir http://rumahislami.blogspot.com/
* 1 Liter air
* 3 lembar daun pandan
* 50 gram sagu tani + 50 ml air, aduk rata

Bahan Saus Santan:

* 200 ml santan Kara
* 300 ml air
* 3 lembar daun pandan
* garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Rebus kacang hijau hingga matang, angkat dan tiriskan
2. Masak air, gula merah, gula pasir dan daun pandan hingga mendidih.
3. Masukkan kacang hijau kupas yang sudah matang, aduk sebentar.
4. Masukkan campuran sagu tani dan air ke dalam bubur kacang hijau tadi, aduk rata sampai kental (dengan api kecil). Angkat.
5. Saus: masak semua bahan saus santan hingga mendidih.
6. Sajikan bubur bersama saus santan.

Resep Bubur Asyura - Resep Makanan Buka Puasa

Bahan:

* 100 gram beras, cuci bersih
* 400 cc santan cair/encer
* 200 cc santan kental
* 1 sdt garam
* 2 lembar daun salam

Pelengkap:

* Opor ayam
* Abon daging sapi
* Serundeng
* Sambal goreng kering tempe
* Dadar telur, dipotong tipis
* Bawang goreng
* Cabai, potong halus, digoreng
* Kacang kedelai goreng
* Daun kemangi http://rumahislami.blogspot.com/
* Biji delima atau jeruk bali

Cara Membuat:

1. Rebus santan cair, masukkan beras, garam dan daun salam. Masak hingga beras lunak.
2. Masukkan santan kental, masak terus hingga menjadi bubur.
3. Sajikan bubur selagi hangat dengan bahan pelengkap.

Bubur Pallu Butung - Menu Sehat Buka dan Sahur Puasa

Bahan:

* 10 buah pisang raja, kukus 10 menit, potong serong.
* 800 cc santan.
* 2 sdt garam.
* 2 lembar daun pandan.
* 50 gram tepung beras, cairkan dalam 100 cc air.
* 2 sdt vanili.
* 100 cc sirop mawar (siap pakai).
* Es serut.

Cara membuat:

1. Rebus santan, daun pandan, dan garam, sambil diaduk hingga tidak pecah.
2. Tuang air tepung beras perlahan-lahan, aduk terus hingga mendidih dan mengental.
3. Angkat, masukkan vanili, aduk rata.
4. Sajikan dalam mangkuk bubur besar, tambah dengan potongan pisang, dan siram dengan sirop mawar.Rumah Islami
5. Sajikan hangat atau dingin dengan menambahkan es serut secukupnya.

Bubur Talas Ketan - Resep Masakan Bubur Puasa

Bahan:

* 250 gram talas, kukus, haluskan dalam keadaan panas.
* 3 sdm gula halus.
* 7 sdm tepung tapioka.
* 1 sdm minyak goreng.
* 8 sdm air hangat.
* 2 tetes pewarna merah.
* 2 tetes pewarna hijau.
* 2 tetes pewarna kuning.
* 1 pisang tanduk, rebus, potong balok (panjang 4 cm, lebar dan tinggi 1 cm).

Kuah:

* 400 santan sedang.
* 1 sdt vanili.
* 150 gram gula pasir.
* 2 sdt garam.Rumah Islami
* 50 gram kelapa muda, potong dadu.
* 5 nangka mengkal, potong dadu kecil.

Cara membuat:

1. Campur talas, gula halus, tepung tapioka, dan minyak.
2. Aduk rata, tambahkan air sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis.
3. Bagi adonan menjadi tiga.
4. Masing-masing adonan diberi pewarna merah, hijau, dan kuning.
5. Bentuk bulat-bulat, pipihkan.
6. Rebus air hingga mendidih, masak bulatan-bulatan talas hingga matang. Angkat dan siram dengan air dingin.
7. Kuah: masak semua bahan kecuali nangka, aduk terus hingga tidak pecah. Angkat dan masukkan nangka.
8. Sajikan bubur talas dengan sausnya.

Bubur Procot - Masakan Berbuka Puasa 2009

Bahan:

* 10 pisang raja, kukus, potong serong.
* 1250 cc santan.
* 1 sdt garam.
* 2 lembar daun pandan.
* 300 gram gula merah, sisir.
* 350 gram tepung beras.
* Daun pisang secukupnya, buat takir atau sudi.

Cara membuat:

1. Masak setengah santan dengan garam, daun pandan, dan gula. Aduk agar tidak pecah hingga mendidih.
2. Campur tepung beras dan setengah sisa santan. Aduk hingga tercampur rata.
3. Masukkan campuran tepung beras ke dalam santan mendidih, aduk terus hingga matang.
4. Masukkan pisang raja, masak sebentar, Angkat.
5. Sajikan bubur procot dalam takir atau sudi dari daun pisang.

Jangan lupa kunjungi sumber artikel dan foto: http://citarasa.wordpress.com/, http://bukuresep.ardifa.com/, http://rumahislami.blogspot.com/

KUMPULAN Aneka SMS Lebaran Ucapan Selamat Idul Fitri 1430H! Rangkaian Kata Indah Untuk Sahabat RUMAH ISLAMI

Kumpulan SMS Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1430H
Berikut ini saya persembahkan buat sahabat Rumah Islami kumpulan SMS ucapan Lebaran Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H

Walaupun Lebaran masih beberapa hari lagi namun apa salahnya sms mulai diketik di handphone atau ponsel atau mungkin di draft email sahabat
rangkaian kata nan indah ucapan selamat Lebaran yang menyejukkan hati dan keluar dari sanubari yang paling dalam dan tulus. Kirimkan saat mendekati hari H ya. Boleh juga sih kalau mau diketik saat mudik Lebaran 2009 dan dikirimkan saat perjalanan pulang kampung :)

Mudah-mudahan koleksi sms Lebaran dan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430H ini bermanfaat, sebagaimana artikel mengenai informasi terkini mudik Lebaran puasa 2009 lewat jalur lewat selatan.

Koleksi Super Lengkap SMS Ucapan Selamat Idul Fitri (Lebaran)

Kata telah terucap, tangan telah tergerak, prasangka telah terungkap,
Tiada kata, Kecuali “saling maaf” jalin ukhuwah & kasih sayang raih
indahnya kemenangan hakiki, Selamat Hari Raya Iedul Fitri

Selamat Hari …… ,
Marilah Kita saling mengasihi n memaafkan…
Ku tau kau telah banyak berbuat salah Dan dosa kepadaku, sering meminjam
duit n Ga ngembaliin, pake motor Ga pernah isi bensin, tapi tak usah
risau… Ku t`lah memaafkanmu. ..

” Sepuluh jari tersusun rapi.. Bunga melati pengharum hati .. SMS dikirim
pengganti diri… Memohon maaf setulus hati … Mohon Maaf Lahir Dan Batin
.. Met Idul Fitri …

Sejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun ini
Kemenangan akan kita gapai
Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa
Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
Kami sekeluarga menghaturkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
Taqobalallahu minna wa minkum
Mohon maaf lahir dan bathin

Andai jemari tak smpt berjabat,andai raga tak dpt b’tatap
Seiring beduk yg mgema,sruan takbir yg berkumandang
Kuhaturkan salam menyambut Hari raya idul fitri,jk Ada kata serta khilafku
membekas lara mhn maaf lahir batin.
SELAMAT IDUL FITRI

Kumpulan ucapan minta maaf Lebaran Rumah Islami lewat sms

Mawar berseri dipagi Hari
Pancaran putihnya menyapa nurani
Sms dikirim pengganti diri
SELAMAT IDUL FITRI
MOHON MAAF LAHIR BATHIN

تقبل الله منا ومنك
Selamat hari raya idul fitri 1429H.
Mohon maaf lahir dan bathin ya..

Sebelum Ramadhan pergi
Sebelum Idul fitri datang
Sebelum operator sibuk
Sebelum sms pending mulu
Sebelum pulsa habis
Dari hati ngucapin MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Aneka sms ucapan selamat Lebaran Rumah Islami

Jika HATI sejernih AIR, jangan biarkan IA keruh,
Jika HATI seputih AWAN, jangan biarkan dia mendung,
Jika HATI seindah BULAN, hiasi IA dengan IMAN.
Mohon Maaf lahir Dan batin

Menyambung kasih, merajut cinta, beralas ikhlas, beratap DOA.
Semasa hidup bersimbah khilaf & dosa, berharap dibasuh maaf.
Selamat Idul Fitri

Mata kadang salah melihat. Mulut kadang salah berucap. Hati kadang salah menduga. Maafkan segala kekhilafan. Mohon maaf lahir dan bathin. Selamat hari raya Idul Fitri 1430H. Maafin ya.

Melati semerbak harum mewangi,
Sebagai penghias di Hari fitri,
SMS ini hadir pengganti diri,
Ulurkan tangan silaturahmi.
Selamat Idul Fitri

Sebelas bulan Kita kejar dunia,
Kita umbar napsu angkara.
Sebulan penuh Kita gelar puasa,
Kita bakar segala dosa.
Sebelas bulan Kita sebar dengki Dan prasangka,
Sebulan penuh Kita tebar kasih sayang sesama.
Dua belas bulan Kita berinteraksi penuh salah Dan khilaf,
Di Hari suci nan fitri ini, Kita cuci hati, Kita buka pintu maaf.
Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir Dan batin

SMS Selamat Idul Fitri 1430 Hijriah indah http://rumahislami.blogspot.com/

Andai jemari tak sempat berjabat.
Jika raga tak bisa bersua.
Bila Ada kata membekas luka.
Semoga pintu maaf masih terbuka.
Selamat Idul Fitri

Ucapan Lebaran Bahasa Inggris Mohon Maaf Lahir Batin Selamat Idul Fitri

Faith makes all things possible.
Hope makes all things work.
Love makes all things beautiful.
May you have all of the three.
Happy Iedul Fitri.”

Walopun operator sibuk n’ sms pending terus,
Kami sekeluarga tetap kekeuh mengucapkan
Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir Dan batin

Bila kata merangkai dusta..
Bila langkah membekas lara…
Bila hati penuh prasangka…
Dan bila Ada langkah yang menoreh luka.
Mohon bukakan pintu maaf…
Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin

Fitrah sejati adalah meng-Akbarkan Allah..
Dan Syariat-Nya di alam jiwa..
Di dunia nyata, dalam segala gerak..
Di sepanjang nafas Dan langkah..
Semoga seperti itulah diri Kita di Hari kemenangan ini..
Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin

Kumpulan SMS Lebaran 1430H

Waktu mengalir bagaikan air
Ramadhan suci akan berakhir
Tuk salah yg pernah Ada
Tuk khilaf yg sempat terucap
Pintu maaf selalu kuharap
Met Idul Fitri

Walaupun Hati gak sebening XL Dan secerah MENTARI.
Banyak khilaf yang buat FREN kecewa,
Kuminta SIMPATI-mu untuk BEBAS kan dari ROAMING dosa
Dan Kita semua hanya bisa mengangkat JEMPOL kepadaNya
Yang selalu membuat Kita HOKI dalam mencari kartu AS
Selama Kita hidup karena Kita harus FLEXIbel
Untuk menerima semua pemberianNYA Dan menjalani
MATRIX kehidupan ini…Dan semoga amal Kita tidak ESIA-ESIA…
Mohon Maaf Lahir Bathin.

Rangkaian indah SMS Lebaran kata-kata ucapan selamat idul fitri

Satukan tangan,satukan hati
Itulah indahnya silaturahmi
Di Hari kemenangan Kita padukan
Keikhlasan untuk saling memaafkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir Batin

MTV bilang kalo MO minta maap g ush nunggu lebaran
Org bijak blg kerennya kalo mnt maap duluan
Ust. Jefri blg org cakep mnt maap gk prl disuruh
Kyai blg org jujur Ga perlu malu utk minta maap
Jd krn Mrs anak nongkrong yg jujur, keren cakep Dan baek
Ya gw ngucapin minal aidzin wal faizin , mohon maaf lahir Dan batin ..

Dia Pergi dengan bersahaja. Meninggalkan berkah & penampunan. Meninngalkan jejak pahala. Membawa mimpi surga ! SELAMAT IDUL FITRI, mohon maaf lahir & batin

Satu yang pasti dalam hidup: kita akan kembali kepada-Nya. Mumpung masih hidup Ayo sirahturahmi di hari yang fitri. SELAMAT IDUL FITRI, mohon maaf lahir & batin.

Ucapan Lebaran lewat SMS Selamat Idul Fitri Rumah Islami

Masa aktif Hidup anda hampir berakhir, saldo dosa anda makin meningkat, di hari yang fitri ini raih kesempatan untuk meningkatkan saldo Iman. Isi ulang dengan sirahturahmi. SELAMAT IDUL FITRI, mohon maaf lahir & batin

Terselip khilaf dalam candaku. Tergores luka dalam tawaku, terbelit pilu dalam tingkahku, tersinggung rasa dalam bicaraku. Hari kemenangan telah tiba, moga segala dosa & kesalahan kita terampuni. Mari bersama kita bersihkan dihari yang fitri. SELAMAT IDUL FITRI, mohon maaf lahir & batin

Takbir, tahmid, tahlil tlah berkumandang. Memecah keheningan malam, mengantar rasa syukur padaNya. Esok pagi menyambut hari yang fitri, selamat hari lebaran 1430 H taqaballahu mina wa minkum, mohon maaf lahir dan batin

Menjelang Lebaran, Sebelum Sinyal Hilang, Sebelum Operator Sibuk, Sebelum SMS pending mulu, Saya mo ngucapin . Met Idul Fitri, Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Tiada gembira yang menggelora, tiada senang yang mengangkasa, selain kita telah kembali pada fitrah dan ampunanNya. Taqaballahu mina wa minkum, selamat Idul Fitri 1430H, minal aidzin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin

Ucapan Lebaran Bahasa Daerah

Cangkem iki sering nggedabrus, utek iki sering mikir sing elek. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir batin.

Beningkan hati dg dzikir
Cerahkan jiwa dg cinta
Lalui hr dg senyum
Tetapkan langkah dg syukur
Sucikan hati dg permohonan maaf
mEt hArI RaYa IduL fiTrI
TaqobbaLallaHu minNa wA MinKuM
Minal AidziN WaL FaidziN
Mhn MaaF LahiR n BaTiN “;)

Andai jemari tak sempat berjabat, andai raga tak dapat bertatap, seiring bedug yang menggema, seruan takbir yang berkumandang, kuhaturkan salam menyambut hari raya idul fitri, jika ada kata serta khilafku membekas lara, mohon maaf lahir dan batin.http://rumahislami.blogspot.com/

Kumpuan Terlengkap SMS Ucapan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1430H Rumah Islami


Informasi Mudik Lebaran 2009: Kondisi Terkini Jalur Selatan Hindari Macet Pulang Kampung

Info Jalur Selatan Mudik Lebaran Kondisi 2009
Membaca informasi jalur lintas selatan mudik Lebaran tahun 2009 ini jauh lebih menenangkan hati bila dibandingkan kondisi jalur mudik pantura atau mudik lewat jalur alternatif 2009.

Walaupun seperti halnya jalur mudik Lebaran yang lain dimana pekerjaan memperbaiki dan menata jalan di wilayah selatan jawa ini dimulai mepet-mepet hari H, namun dari berita terakhit didapat bahwa pulang kampung lewat Jawa Tengah (Jateng) siap dipakai.

Sekedar menyarankan kepada sahabat Rumah Islami agar senantiasa membaca koran, mendengar dan menonton kondisi terkini dan terupdate seputar jalur mudik wilayah seluruh Jawa Indonesia agar tidak terjebak dalam kemacetan dan sampai di tujuan dengan hati yang nyaman dan ibadah puasa Ramadhan tetap dijalankan dengan sempurna.

Mudah-mudahan info jalur mudik Lebaran lewat selatan Jawa 2009 ini bermanfaat ya, sebagaimana kondisi jalur alternatif 2009 mudik Lebaran Ramadhan sebelumnya.

Jalur Selatan Jateng Siap Dipakai Mudik

Jalur lintas selatan Jawa Tengah siap digunakan untuk menghadapi musim mudik Lebaran 2009 ini. Sejumlah ruas yang selama ini menjadi simpul kemacetan mulai diperbaiki dan diperlebar, Kamis (13/8). Namun demikian, sebagian besar jalur ini m asih berupa dua lajur.

Penambalan jalan di jalur selatan mulai dilakukan sejak dua bulan lalu. Keseluruhan perbaikan ditargetkan tuntas sebelum masa mudik Lebaran mulai.

Simpul kemacetan utama di jalur selatan selama adalah di sejumlah lintas rel kereta api. Di jalur yang melalui Cilacap-Kebumen ada dua perlintas KA sebidang yang paling rawan macet, yakni Perlintasan Sumpiuh dan Karanganyar.

Khusus untuk perlintasan KA Sumpiuh, Dinas Bina Marga Jateng telah melebarkan jalur tersebut menjadi 10 meter dari semula delapan meter. Pelebaran jalur tersebut sepanjang 100 meter.http://rumahislami.blogspot.com/

Kepala Perwakilan Bina Marga Jateng wilayah Cilacap, Priyono mengatakan, pelebaran jalan di dekat perlintasan KA Sumpiuh sangat penting untuk mengurai kemacetan di jalur selatan. Pada masa Lebaran, perlintasan ini akan sering dilewati KA, sementara di jal an raya padat dengan kendaraan bermotor. Akibatnya, pada saat KA lewat kerap terjadi antrian kendaraan yang sangat panjang sehingga menciptakan kemacetan. "Jalannya sekarang sudah lebih lebar sehingga lebih lega," ujar Priyono.

Arus mudik dari wilayah barat melalui jalur selatan Jateng umumnya berasal dari dua arah, yakni dari arah Brebes-Banyumas, dan dari arah Ciamis-Cilacap. Karena itu, perbaikan jalan pun dilakukan di dua jalur tersebut.

Saat ini, perbaikan jalur alternatif dari arah Banyumas-Cilacap sudah selesai, khususnya lewat Ajibarang-Wangon. Jalur ini sangat penting untuk memecah arus lalu lintas dari arah Brebes yang melalui jalur utama lewat Purwokerto-Rawalo, atau Purwokerto-Sokaraja.

Namun demikian, lebar jalur rata-rata masih belum bertambah. Hampir semua jalan di jalur selatan lebarnya hanya enam meter sehingga hanya terdiri atas dua lajur. Kondisi jalan tersebut selain hanya mampu menampung sedikit kendaraan, juga mengundang kerawa nan kecelakaan lalu lintas. Pengendara sepeda motor sangat rawan terserempet karena harus berbagi dengan kendaraan roda empat, truk, dan bus.

Jalan di jalur selatan ini memang relatif sempit kalau dibanding di jalur utara. Mungkin karena di sini lebih sepi. Tapi seharusnya pemerintah juga memikirkan ke depannya. Kan nanti pasti ramai, mengapa tak dilebarkan saja sekarang, ujar Slamet Suntoro (49), salah seorang pengusaha armada truk di Wangon, Cilacap.Rumah Islami

Kalau jalan di jalur selatan makin baik, tambah, Slamet, kepadatan di jalur utara pun bisa dikurangi. Selain itu, perningkatan kualitas jalan akan mendorong pembangunan di wilayah selatan. Jangan hanya pas mau Lebaran jalan baru diperbaiki, tandas dia.

Sumber: Kompas

INFO UPDATE: Kondisi Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2009

Info Kondisi Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2009
Info update mengenai jalur alternatif mudik lebaran 2009 ini berkaitan dengan kondisi terakhir jalur yang menghubungkan Surabaya ke Pasuruan atau Malang, Jawa Timur, yang ternyata belum siap dipakai untuk jalur mudik Lebaran nanti.

Hal ini memang sudah diduga sebelumnya ya sahabat Rumah Islami. Pemerintah lebih senang melaksanakan pekerjaan perbaikan jalan saat puncak arus mudik Lebaran semakin dekat daripada mencicilnya 4-5 bulan sebelum hari H September 2009.

Sampai sekarang masih belum mengerti mengapa tidak pernah dipetik pelajaran bahwa kemacetan "wisata tahunan pulang kampung bersama" sebenarnya lebih banyak disebabkan oleh molornya pekerjaan menata dan "mempercantik" jalan yang tak kunjung selesai karena selalu dilakukan mendadak mendekati akhir bulan Ramadhan. Yang selalu disalahkan adalah pengendara motor yang tidak tahu aturan atau jumlah kendaraan yang semakin meningkat.

Mudah-mudahan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini tidak hanya hati dan jiwa yang ditata ya namun juga niat dan kesungguhan para pemimpin dalam membangun negeri tercinta ini dengan cara yang bijak dan demi kepentingan bersama. Amin.

Ini dia info terakhir kondisi jalur mudik alternatif Lebaran 2009 untuk sahabat semua, melengkapi info terkini mudik Lebaran lewat jalur pantura 2009 di artikel sebelumnya.

Jalur Alternatif Belum Sepenuhnya Siap

Jalur alternatif yang menghubungkan Surabaya ke Pasuruan atau Malang, Jawa Timur, belum sepenuhnya siap dipakai untuk jalur mudik Lebaran nanti.

Sebagian jalan alternatif itu rusak berlubang dan sebagian lagi lebar jalannya belum layak dilalui kendaraan roda empat. Padahal, Jalan Raya Porong di Sidoarjo tidak layak dilintasi untuk jalur mudik karena kerap terjadi kemacetan.

Jalur alternatif tersebut, antara lain, adalah dari Kecamatan Tanggulangin (Sidoarjo), menuju Kecamatan Gempol (Pasuruan), yang melalui Desa Kali Tengah. Di jalan sepanjang 7 kilometer tersebut, pada beberapa titik jalan terdapat banyak lubang. Selain itu, lebar jalan tidak sampai empat meter sehingga bila dilalui kendaraan roda empat secara berlawanan akan macet.Rumah Islami

Menurut Kepala Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Achmad Zulkarnain, tahun ini tidak ada perbaikan berupa peninggian dan pelebaran Jalan Raya Porong di Sidoarjo. Sejak ditinggikan 1,2 meter pada September 2008, kini jalan tersebut ambles sedalam 80 sentimeter. Untuk menghindari Jalan Raya Porong, BPLS telah menyiapkan jalur alternatif yang menghubungkan Sidoarjo ke Pasuruan atau Mojokerto.

”Kami sudah melebarkan jalan alternatif dari Kecamatan Tulangan di Sidoarjo sepanjang delapan kilometer hingga Kecamatan Mojosari di Mojokerto. Jalan dilebarkan menjadi tujuh meter yang sebelumnya hanya 3,5 meter. Kini, jalan itu sudah bisa dilalui untuk arus mudik Lebaran nanti walaupun masih menyisakan 300 meter lagi yang belum dilebarkan,” kata Zulkarnain.

Zulkarnain menambahkan, sebenarnya jalan itu direncanakan bisa dimanfaatkan pada arus mudik Lebaran 2008. Namun, karena terkendala pembebasan lahan, hingga kini jalan alternatif itu belum sepenuhnya selesai. Masih ada sekitar 300 meter dari delapan kilometer yang dilebarkan dan diharapkan sebelum mudik dimulai sudah selesai pengerjaannya.http://rumahislami.blogspot.com/

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Sidoarjo Ajun Komisaris Iwan Saktiadi mengungkapkan, Jalan Raya Porong belum layak dilalui untuk arus mudik Lebaran tahun ini. Sebab, selain jalan sepanjang 1,2 kilometer itu selalu macet di pagi hingga sore, di beberapa titik jalan itu berlubang. Jalan alternatif pun sebagian tidak layak pakai karena rusak dan sempit.

Penyebab lain kemacetan di Jalan Raya Porong adalah keberadaan empat titik jalur penyeberangan kendaraan di sepanjang jalan itu. Akibatnya, saat kendaraan roda dua/empat menyeberang, kemacetan akan semakin panjang.

Sumber: Kompas

Sabtu

INFO TERKINI: Kondisi JALUR PANTURA Mudik Lebaran 2009 1430 Hijriah

Info Jalur Pantura Mudik Lebaran 2009
Info Terkini Jalur Pantura Mudik Lebaran 2009. Semakin dekatnya hari Lebaran1430 H saya yakin semua sahabat Rumah Islami mulai memantau seluruh jalur mudik Lebaran, khususnya bagi mereka yang memilih pulang kampung dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Salah satu hal yang harus terus diikuti perkembangannya adalah bagaimana kondisi jalan yang nantinya hendak dilewati. Jangan sampai pada saat H-7 atau H-3 September 2009 dan segala persiapan mudik saat puasa telah dilakukan eh ternyata ruas jalan tersebut sedang dalam tahap perbaikan, sedangkan jalur alternatif lainnya belum pernah dilalui dan tidak dikenal dengan baik. Gagal deh makan ketupat buatan emak :)

Walaupun saya yakin saat ini telah banyak informasi mengenai kondisi jalan di wilayah pantai utara
, mudah-mudahan info terkini terupdate mudik lewat jalur pantura (pantai utara) untuk mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2009 ini bermanfaat bagi sahabat semua.

H-10 Lebaran Perbaikan Jalur Pantura Harus Selesai

Perbaikan seluruh jalur pantai utara Jawa (pantura) harus selesai pada H-10 Lebaran 2009. Saat itu seluruh jalan siap digunakan untuk arus mudik dan balik.

Hal tersebut dikatakan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto seusai melakukan tanam pohon di kawasan Tol Kanci-Pejagan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (dua minggu lalu). Menurutnya, berdasarkan hasil pantauannya, perbaikan jalan yang belum selesai terdapat di Kabupaten Cirebon hingga Brebes, Jawa Tengah. Di ruas sepanjang daerah tersebut masih banyak jalan yang belum selesai diperbaiki. http://rumahislami.blogspot.com/

Namun, lanjut Djoko, pihaknya menargetkan seluruh perbaikan jalan selesai pada H-10 Lebaran. Sehingga pemudik tidak terganggu oleh pengerjaan perbaikan jalan. "Pada hari tersebut harus tidak ada lagi pekerja di jalan," katanya.

Khusus Tol Kanci-Pejagan sepanjang 35 kilometer (km), katanya, saat ini pengerjaannya sudah selesai 76%. "Memang tidak akan selesai saat Lebaran. Tetapi tol itu bisa digunakan sebagai jalur alternatif Lebaran mendatang," katanya. Alasannya, separuh jalan sudah selesai dibangun.

Karena hanya merupakan jalur mudik alternatif, seluruh kendaraan roda dua maupun empat bisa masuk ke jalan tersebut. Namun, menurut Djoko, faktor-faktor keselamatan, seperti rambu-rambu pun harus diperhatikan. "Juga gratis," katanya.

Untuk di jalur selatan, lanjut Djoko, khususnya di daerah Nagreg, kabupaten Bandung, Jawa Barat, akan dibuat terowongan sepanjang 800 meter. Rumah Islami

Sumber: Media Indonesia

Rumah Islami Mengucapkan: MARHABAN YA RAMADHAN! SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA DI BULAN PENUH BERKAH!


Marhaban Ya Ramadhan!

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa buat seluruh Sahabat Rumah Islami .

Semoga amal dan ibadah kita lebih ditingkatkan di bulan yang penuh rahmat, ampunan dan berokah ini. Amin Ya Rabbal 'Alamin.

اَللّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَب وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا شَهْرَ رَمَضَانَ، واَعِنَّا عَلَى الصِّيَامِ وَالْقِيَامِ وَحِفْظِ اللِّسَانِ وَغَضِّ الْبَصَرِ، وَلاَ تَجْعَلْ حَظَّنَا مِنْهُ الْجُوعَ وَالْعَطَش

"ALLOHUMMA BARIKLANA FI RAJABA WA SYA'BAN WA BALLIGHNA RAMADHAN"
Ya Alloh, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan. Bantulah kami untuk melaksanakan puasa, melakukan shalat malam, menjaga lisan dan memelihara pandangan; dan jangan jadikan puasa kami hanya sekedar lapar dan dahaga. (Kitab Mafatihul Jinan)

Mohon Maaf Lahir Dan Batin.


Minggu

Tips Sambut Ramadhan: Arti Puasa Kewajiban Syarat Sah Puasa Rukun Dan Yang Membatalkan Puasa

Arti Puasa Kewajiban Syarat Sah Puasa Rukun Batal Puasa
Tips sanmbut Ramadhan. Semakin mendekati Ramadhan semakin bertambah keinginan untuk memperdalam pengetahuan mengenai puasa.

Secara jujur yang tampak dari kegiatan puasa dan seakan menjadi fokus utama adalah perubahan dalam hal aktivitas fisik, yaitu menahan haus dan lapar. Makanya persiapan berpuasa bila dilihat dari statistik pengunjung Rumah Islami ternyata didominasi keinginan untuk mengetahui aneka kumpulan resep buka puasa. Pemantapan secara rohani kalah jauh :)

Mudah-mudahan dengan membaca artikel berikut ini tentang pengertian puasa, kewajiban dan syarat sah puasa, serta rukun dan yang membatalkan puasa akan terbentuk keseimbangan dan terjadi penyempurnaan atas ibadah puasa yang kita laksanakan. Hari Lebaran pun Insha Allah menjadi hari yang fitri dan kembali suci seperti bayi yang baru dilahirkan. AMIN Ya Rabbal 'Alamin.

Pengertian Puasa Kewajiban Syarat Sah Puasa Rukun Fardhu Dan Yang Membatalkan Puasa

Pengertian Puasa

Puasa dalam bahasa Arab disebut Ash-shiyam yang berarti Al-Imsak yang artinya Menahan Diri.

Dalam istilah syari'at Islam Ash-shiyam/Ash-shaum adalah suatu bentuk ibadah berupa menahan diri dari makan, minum, hubungan seks dan hal-hal lain yang membatalkan puasa, dari sejak terbit fajar sampai waktu maghrib dengan niat mencari Ridha Allah SWT.

Hal-hal yang menyebabkan wajibnya puasa Ramadhan

1) Dengan melihat bulan bagi yang melihatnya sendiri.

2) Menyempurnakan bulan Sya'ban 30 hari.

Rasulullah SAW bersabda:

صُوْمُوْا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلاَثِيْنَ. (رواه البخاري و مسلم)

Berpuasalah kamu sewaktu melihat bulan (di bulan Ramadhan), dan berbukalah kamu sewaktu melihat bulan (di bulan Syawal), maka jika ada yang menghalangi sehingga bulan tidak kelihatan, hendaklah kamu sempurnakan bulan Sya'ban tiga puluh hari.

3) Dengan adanya melihat (ru'yat) yang dipersaksikan oleh seorang yang adil di muka hakim.

عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: تَرَاءَى النَّاسُ الْهِلاَلَ فَأَخْبَرْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنِّي رَأَيْتُهُ فَصَامَهُ وَأَمَرَ النَّاسَ بِصِيَامِهِ. رواه ابو داود)

Dari Ibnu Umar berkata: orang-orang telah melihat Hilal, maka aku kabarkan kepada Rasulullah SAW: "Sesungguhnya aku telah melihat Hilal". Maka Rasulullah SAW berpuasa dan memerintahkan orang banyak untuk berpuasa.

4) Dengan kabar Mutawattir, yaitu kabar orang banyak, sehingga mustahil mereka akan dapat sepakat berdusta atau sekata atas kabar yang dusta.

5) Percaya kepada orang yang melihat.

6) Tanda-tanda yang biasa dilakukan di kota-kota besar untuk memberitahukan kepada orang banyak (umum) seperti Televisi, radio, dan sebagainya.

7) Dengan ilmu hisab atau kabar dari ahli hisab (ilmu bintang).

Syarat wajib Puasa

1) Baligh, anak-anak tidak wajib puasa.

Sabda Rasulullah SAW:

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلاَثٍ: عَنِ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ وَعَنْ الْمَجْنُونِ حَتَّى يَفِيقَ وَعَنْ الصَّبِيِّ حَتَّى يَبْلُغَ.

Tiga orang terbebas dari hukum: orang yang sedang tidur sehingga ia bangun, orang gila sampai ia sembuh, kanak-kanak sampai ia baligh.

2) Berakal sehat. Orang gila tidak wajib berpuasa.

3) Kuat berpuasa. Orang yang tidak kuat karena sudah tua atau sakit, tidak wajib atasnya puasa, tetapi wajib mengqadhanya di waktu yang lain. http://rumahislami.blogspot.com/

Syarat Sah puasa

1) Islam. Orang yang bukan Islam tidak sah puasa.

2) Mumayyiz (dapat membedakan yang baik dengan yang tidak baik).

3) Suci dari darah haidh dan nifas (darah beranak). Orang yang haidh dan nifas, tidak sah berpuasa, tetapi keduanya wajib mengqadha (membayar) puasa yang tertinggal itu.

عَنْ عَائِشَة: كُنَّا نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلاَ نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ. (رواه البخاري و مسلم)

Dari "Aisyah RA, katanya: kami disuruh oleh Rasulullah SAW mengqadha puasa, dan tidak disuruhnya untuk mengqadha shalat.

4) Dalam waktu yang diperbolehkan puasa. Terlarang puasa pada dua hari raya (Idul Fithri dan Idul Adha) dan hari Tasyriq (tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah).

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: نَهَى عَنْ صَوْمِ خَمْسَةِ أَيَّامٍ فِى السَّنَةِ يَوْمِ الْفِطْرِ وَيَوْمِ النَّحْرِ وَثَلاَثَةِ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ. (رواه الدارقطني)

Dari Anas: Nabi SAW telah melarang berpuasa lima hari dalam satu tahun: Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha dan tiga hari tasyriq.

Rukun / Fardhu Puasa

1) Niat dalam hati pada malam harinya dan wajib menjelaskan niat dalam puasa Fardhu seperti puasa Ramadhan. Sedangkan sempurnanya niat puasa Ramadhan yaitu jika seseorang mengucapkan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَ.

NAWAITU SHAUMA GHOODIN AN ADAA-I FARDHI SYAHRI RAMADHAN HAADZIHISSANATI LILLAHI TA'AALA.

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu bulan Ramadhan tahun ini karena Allah SWT".

2) Menahan dari segala yang membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai terbenam matahari.

Hal-hal yang membatalkan puasa

1) Masuknya benda kedalam lubang (mulut, telinga, hidung, qubul dan dubur) dengan sengaja.

2) Muntah dengan sengaja.

3) Bersetubuh dengan sengaja.

4) Keluar air Mani (sperma) sebab bersentuhan. Tidak membatalkan puasa bila keluar air mani sebab mimpi.

5) Haidh

6) Nifas

7) Gila

8) Murtad

Sumber: http://www.nurulqulub.org/

Jumat

Info Hal Atau Barang Yang Paling Dicari Menjelang Puasa Ramadhan 2009 dan Sambut Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriah

Daftar Hal Atau Barang Yang Paling Dicari Menjelang Puasa Ramadhan 2009 dan Sambut Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriah
Dengan semakin dekatnya bulan suci Ramadhan, persiapan secara fisik dan mental mulai dilakukan oleh para sahabat Rumah Islami.

Sebagimana di tahun-tahun sebelumnya, momentum yang hanya datang setahun sekali ini membutuhkan atensi khusus, sehingga diharapkan ibadah dapat berjalan dengan baik dan sempurna.

Saat ini saya menerima lebih dari 220809 email (ehm…mumpung belum puasa) yang menanyakan mengenai apa yang paling dicari menjelang atau saat berpuasa di bulan Ramadhan dan Lebaran di tahun 2009 1430 H.

Supaya tidak capek menjawab satu persatu, karena baru saja masuk 190909 email baru, maka berikut ini hal barang baju muslim murah tiket kereta api tiket pesawat promo tiket bis mukena koko yang paling banyak dicari menjelang berpuasa Ramadhan dan saat Lebaran 2009 1430 Hijriah.

Daftar Hal Atau Barang Yang Paling Dicari Menjelang Puasa Ramadhan 2009 dan Sambut Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriah

Cara doa niat berpuasa dan lafadz doa buka puasa. Baru 1458 sobat yang akses (bukankah ini cukup penting ya untuk diketahui sedari awal?).

Peta jalur mudik lebaran 2009. Diakses lebih dari 794 hadirin sehari.

Tips kiat sehat berpuasa. Tak kurang dari 679 penunjung.

Tips persiapan menyambut bulan Ramadhan. Dari statistic blog ini, pencarinya sudah mencapai lebih dari 1246 blogger per hari.

Peluang usaha atau bisnis di bulan puasa Ramadhan. Sampai hari ini sudah diakses 807 orang.

Aneka resep menu makanan dan masakan untuk berbuka puasa. Sementara baru mencapai 1943 netter yang mampir.

Jadwal puasa dan imsakiyah Ramadhan 1430 H. Sekarang sudah mencapai 6721 tamu yang mendownload.

Baju busana muslim murah harga grosir jilbab cantik muslimah mukena anak dan dewasa murah berkualitas. 2108 sahabat berkenan melihat dan memesan produk Rumah Islami.

Selain itu yang cukup banyak dicari lainnya dan Insha Allah tersedia di disini dan di tempat sahabat adalah: penjualan tiket kereta api murah 2009, tiket pesawat promo 2009, tiket diskon Lebaran, jual tiket bis langsung tanpa calo, grosir mukena anak murah, tren baju muslim 2009, aneka baju gamis grosir, resep kue Lebaran lezat dan halal, baju kaos manohara, jilbab jihan muslimah, jilbab gelombang cinta, mukena Mbah Surip, baju koko SBY trendi, info harga tiket bis dan kapal 2009, jalur mudik lewat pantura, jalur selatan mudik lebaran 2009, info penjualan harga tiket terupdate 2009.

Foto: http://mahardianto.wordpress.com/
Data: Google Analytics

Kamis

Tips Adab Berpuasa Ramadhan: Cara Niat Lafadz BerPuasa Ramadhan Dan Doa Buka Puasa Di Bulan Suci Ramadhan

Bagaimanakah cara niat atau doa berpuasa di bulan Ramadhan dan apakah lafadz doa buka puasa? Sejujurnya pertanyaan ini berasal dari dalam diri saya sendiri.

Bulan suci Ramadhan telah menghiasi sanubari dan setiap muslim dan muslimah. Hampir semua sahabat mulai mencari jadwal puasa 2009, tips kiat sehat berpuasa dan berbuka puasa, bahkan peta mudik lebaran 2009 pun sudah banyak yang searching di internet. Wah sudah tidak sabar ya :)

Banyak hal telah dilakukan sebagai persiapan menyambut puasa namun jangan lupakan lafadz doa niat berpuasa dan buka puasa ya agar semakin sempurna ibadahnya. Silahkan dibaca di waktu sahur atau sebelum tidur.

Do'a Niat Puasa dan Do'a Buka Puasa

Do'a Niat Puasa :
Nawaitu shauma godhin 'an adaai fardli syahri ramadlaani haadzihis sanati lillahi ta'aalaa

Do'a Buka Puasa :
1. Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa 'alaa rizqika afthartu birahmatika ya arhamarrohimin
2. Dzahabazh zhaama-u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah

Sumber: Blog Endhoot

Mudah-mudahan doa atau lafaz berniat puasa bulan Ramadhan dan niat doa berbuka di atas bermanfaat ya. Bila ternyata ada kesalahan atau ingin menambahkan, sudi kiranya sahabat tuangkan di dalam kotak komentar.

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...