Jumat

SAMBUT Hari Idul Adha 2009 Haji Akbar 1430H

Menyambut Haji Akbar Hari Idul Adha 2009 Artikel Haji dan Inklusivisme Islam
Menyambut Hari Raya Idul Adha 1430H Haji Akbar 2009.

Artikel tentang haji berikut ini sangat menarik untuk disimak oleh sahabat Rumah Islami dalam rangka menyambut hari raya kurban yang sebentar lagi akan tiba.

Makna ibadah haji dan keikhlasan qurban memang tidak dapat dipisahkan. Keduanya mengusung nilai universal dan rasa kebersamaan dalam menjalankan ibadah sebagai umat yang taat kepada Sang Pencipta Allah SWT.

Khusus untuk Haji, sesungguhnya terselip begitu banyak makna kehidupan yang terangkum dalam setiap gerak langkah dan ritual ibadah yang merupakan perintah pemuncak Rukun Islam ini.

Mudah-mudahan artikel mengenai ibadah Haji ini bermanfaat ya. Mari kita sambut Hari Raya Idul Adha 2009 1430H.

Haji dan Inklusivisme Islam

SEORANG muslimah pejuang keadilan gender berkesempatan pergi haji. Banyak pengalaman yang mengesankan dan menarik diceritakan.

Salah satunya adalah dia kaget melihat suasana yang egaliter dan membaur antara laki-laki dan perempuan di MasjidHaram, Mekkah. Maklum, gambaran yang berkembang, terutama di Barat, Islam itu mengungkung wanita dan itu ada benarnya jika melihat realitas sosial di lingkungan Arab Saudi.

Namun dia menjadi kaget dan termenung, bukankah Masjid Haram merupakan pusat Islam? Bukankah di sini, di sekitar Kakbah ini, nilai-nilai dasar Islam dipraktikkan? Dia mengamati hal-hal yang tampaknya sepele, tetapi baginya sangat mendasar. Ketika di masjid, posisi laki-laki dan perempuan sama untuk mengakses ke Kakbah. Posisi depan dan belakang menjadi hilang karena formasinya melingkar.

Ketika tawaf, laki-laki dan perempuan juga berbaur. Ini kontradiksi dengan tradisi sebagian kawan kita yang memisahkan laki-laki dan perempuan ketika menghadiri pesta perkawinan. Di masjid Mekkah saja boleh, apa alasannya kalau suami-istri mesti dipisahkan ketika menghadiri resepsi? Coba saja perhatikan ketika mereka tengah tawaf atau ingin mencium hajar aswad dan mendekat pada dinding Kakbah, semua memiliki hak yang sama.

Semakin dekat dengan Kakbah yang merupakan pengikat dan simbol tauhid, umat Islam, entah laki-laki atau perempuan, terlepas dari mazhab, partai politik, dan kebangsaan mereka, semuanya rukun dan memiliki hak yang sama untuk mendekati Tuhan. Ibarat roda, Kakbah adalah poros pusat yang mempertemukan jeruji. Semakin ke pusat, semakin dekat ruji-ruji itu.

Namun semakin bergerak ke luar, jarak ruji-ruji semakin jauh. Begitulah kondisi psikologis umat Islam.Ketika mereka berada di Masjid Haram mendekat ke Kakbah, perbedaan dan permusuhan lenyap. Artinya, semakin seseorang mendekat pada Allah, semakin kuat imannya, mestinya semakin solid dan kokoh persaudaraannya. Siapa pun yang pernah berhaji tahu dan mengalami, sekalipun jumlah jamaah mencapai sejuta lebih, petugas keamanannya sangat sedikit dibandingkan pertemuan dunia lain, misalnya olimpiade.

Mengapa? Karena mereka lebih takut kepada Allah ketimbang kepada petugas keamanan kalau membuat onar, pertengkaran, dan lebih-lebih perkelahian. Allah berfirman, siapa yang bertengkar dan berbuat dosa, maka hajinya batal. Hanya satu baris firman Allah sudah mampu mengendalikan perilaku sejuta lebih jamaah haji. Saya membayangkan, andaikan ketaatan kepada Allah yang terjadi sewaktu haji juga dibawa pulang ke Tanah Air, betapa maju dan damainya Indonesia ini.

Tak akan ada korupsi dan perkelahian karena keduanya dimurkai Allah. Itulah yang dimaksud dengan menggapai maqam Ibrahim dari ibadah haji, yaitu tekad dan ketundukan total kepada Allah yang dilambangkan dengan kesediaan menyembelih putra kandungnya. Suatu ujian yang amat sangat berat, tetapi Ibrahim lulus.

Beda dari suasana Madinah yang lebih melambangkan peradaban Islam dengan kemegahan Masjid Nabawi dan sejarah perjuangan para sahabat, di Mekkah yang menonjol adalah individu lebur dalam gelombang kemanusiaan, aku hilang ke dalam kami dan kita. Semua mengenakan pakaian ihram sehingga keakuan bermetamorfosis menjadi kekitaan.

Lebih dari itu, pusat Mekkah adalah Kakbah yang tidak tertutup atap sehingga langsung menyambung dengan langit. Ini juga mengondisikan seseorang merasakan kesatuan dengan semesta yang setiap saat juga bertawaf, berputar mengikuti garis edarnya yang telah digariskan Tuhan. Masjid Haram di Mekkah selama 24 jam terbuka dan selama itu pula ritual tawaf tak pernah berhenti.

Asma Allah dan Rasul Muhammad senantiasa terucap dan memasuki orbit semesta. Olah karenanya tak ada sosok sejarah yang namanya paling banyak disebut dan didoakan kecuali Muhammad. Tak ada bandingannya dalam sejarah manusia. Bangunan Kakbah yang berbentuk kubus sangat sederhana, di dalamnya tidak ada apa-apa, tetapi di dalam kesederhanaannya itulah terdapat keagungan dan kemuliaan.

Orang akan kecewa kalau ingin melihat kemegahan bangunan Kakbah karena kemegahan dan keagungan letaknya bukan di sana, melainkan dalam hati dan pribadi setiap muslim yang berziarah ke baitullah itu. Dalam kekosongan itulah yang diharapkan mengisi hanyalah tauhid, kerinduan dan kecintaan kepada Allah.

Sayang sekali, kesederhanaan, keagungan, dan suasana spiritual di sekeliling Kakbah yang berada di dalam Masjid Haram itu terganggu oleh hotel-hotel megah di sekitarnya yang tingginya jauh melebihi bangunan masjid. Bahkan nama-nama hotel itu juga terkesan sangat berbau Barat sehingga menimbulkan interupsi kultural psikologis. Ketika jumlah penduduk muslim di dunia semakin meningkat, peminat untuk berhaji juga ikut meningkat.

Namun sangat disayangkan pembangunan sarana serta pengaturan bagi tamu-tamu Allah tidak seimbang sehingga setiap tahun mesti muncul problem dan keluhan dari jamaah haji. Bagi Pemerintah Indonesia, ini akan menimbulkan masalah tersendiri mengingat jumlah haji Indonesia paling banyak, sementara masyarakat kita pemakan nasi, bukan roti, sehingga cukup merepotkan.

Sampai kapan pun kalau Pemerintah Arab Saudi tidak melakukan perbaikan manajemen dan sarana haji secara rasional dan memadai, persoalan penyelenggaraan haji akan selalu muncul, siapa pun yang menjadi menteri agama. Kembali pada judul di atas, mestinya suasana persaudaraan, toleransi, kelapangan, kesucian, dan kesederhanaan yang diraih di Mekkah dibawa pulang ke Tanah Air mengingat pesan dan adegan haji itu secara substansial pada hakikatnya adalah dalam kehidupan sehari-hari di Tanah Air. Entah itu pesan tawaf, wuquf, sa'i, melempar jumrah, kesemuanya itu yang paling berat bukannya dilakukan di tanah Arab, melainkan di Tanah Air.

Penulis: PROF DR KOMARUDDIN HIDAYAT - Rektor UIN Syarif Hidayatullah

Kamis

Bahaya MINUM SUSU Dapat MERUSAK GIGI Anak Bayi Balita | Malam Hari Sebaiknya Minum Susu Sebelum Tidur Dan Gosok Gigi Dulu Ya Sesudahnya

Foto Gambar Anak bayi Minum Susu Rusak Gigi Anak Balita Malam Hari Sebaiknya Minum Susu Sebelum Tidur Dan Gosok Gigi
Bahaya minum susu di malam hari ternyata dapat merusak gigi anak bayi dan balita. Sebaiknya minum susu sebelum tidur dan gosok gigi terlebih dahulu.

Gigi perlu dirawat sejak dini agar anak tidak mengalami gangguan tumbuh kembang gigi selain juga mempertahankan keadaan gigi yang normal. Cairan-cairan yang diminum bayi dan balita sangat mungkin mencetuskan kerusakan gigi.

Penyebab terbesar kerusakan gigi anak balita adalah kebiasaan minum susu atau cairan manis dalam botol dot menjelang tidur. Hal ini karena umumnya susu mengandung gula, dan gula yang menempel semalaman akan menyebabkan gigi keropos.

"Minum susu itu baik, tapi sebaiknya tidak dilakukan di malam hari sebelum tidur. Genangan susu di rongga mulut bisa merusak gigi di bagian depan atau disebut juga dengan baby bottle syndrome," kata drg Armasastra Bahar dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia di sela-sela kampanye Sikat Gigi Pagi dan Malam yang digagas Pepsodent di Jakarta.

Dibaca ya artikelnya sampai selesai untuk mengetahui mengapa minum susu di malam hari berbahaya dapat merusak gigi bayi anak balita.

Susu Merusak Gigi Anak?

Agar kebiasaan minum susu tidak membawa masalah pada gigi anak, dokter Arma menyarankan agar orangtua membiasakan anak untuk membersihkan gigi setelah minum susu di malam hari.

"Bisa dimulai dengan yang sederhana, yakni berkumur dengan air setelah minum susu," katanya.

Dengan bertambahnya usia, anak bisa mulai diajarkan untuk menyikat giginya di malam hari.

Perawatan gigi anak juga berlaku untuk bayi yang belum mengalami pertumbuhan gigi susu. "Bersihkan bagian gusi anak dengan kain kasa yang dibasahi air agar tidak ada sisa susu yang mengendap," sarannya.

Sejak anak berusia satu tahun atau mulai mengonsumsi makanan padat, orangtua perlu memerhatikan pola makan seimbang pada anak. Pemberian susu tetap diteruskan karena mengandung banyak nutrisi yang penting untuk pertumbuhan.

Namun, menginjak usia dua tahun, pemberian susu boleh dibatasi dua kali sehari. Kecukupan gizi anak bisa didapatkan dari variasi makanan dan buah yang diberikan.

Sumber: kompas.com

Rabu

TIPS CARA Meningkatkan Imunitas Anak Balita Sehat | Tingkatkan Kekebalan Tubuh Si Kecil

Cara Meningkatkan Imunitas Anak Balita Sehat Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak Cara merawat anak sakit
Tips cara meningkatkan imunitas anak dan balita ini sangat penting karena saat cuaca di tanah air susah sekali untuk diprediksi.

Seharusnya saat ini sudah memasuki musim hujan namun anehnya jarang sekali turun hujan. Udara di siang dan malam hari terasa sangat panas seperti di musim kemarau. Namun demikian, cuaca dapat berubah secara mendadak dan tidak terduga. Tiba-tiba saja turun hujan yang sangat deras dan bahkan mengakibatkan banjir.

Dengan kondisi yang demikian, diharapkan para orang tua lebih waspada dan fokus dalam menjaga kesehatan anak karena jangan sampai si buah hati jatuh sakit. Harus diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kekebalan tubuh mereka sehingga dapat melakukan tindakan preventif sebelum terlambat. Umumnya penyakit yang diderita adalah flu, batuk dan demam tinggi ya.

Agar anak tetap sehat di segala musim dan cuaca, yuk dibaca tips cara sehat meningkatkan imunitas kekebalan tubuh anak balita berikut ini. Demi keceriaan si kecil lho :)

Meningkatkan Imunitas Si Kecil

Demam dan flu sepertinya sudah menjadi penyakit langganan pada anak. Para ahli pediatrik mengatakan, anak yang mengalami demam, flu, infeksi telinga atau batuk antara 6-8 kali setahun, masih dapat dikatakan normal. Maklum saja, hampir setiap hari si kecil terpapar dengan berbagai macam bakteri dan virus.

Apalagi setiap anak tidak lahir ke bumi dengan sistem imunitas tubuh yang sudah ‘terlatih’. Melainkan dengan sistem kekebalan tubuh yang justru baru mulai dilatih ketika tubuh harus berhadapan dan bertempur dengan serangkaian bakteri, kuman dan virus.

Meski demikian, sebenarnya ada cara yang bisa diupayakan oleh orangtua untuk membangun imunitas tubuh si kecil, seperti berikut ini:

1. Berikan lebih banyak buah dan sayuran
Buah-buahan seperti stroberi, pepaya, jambu klutuk, anggur, dan jeruk adalah jenis makanan yang sangat baik dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Demikian juga dengan sayur-sayuran seperti wortel, brokoli, tomat, kentang manis, tahu dan tempe. Pada makanan tersebut terdapat phytonutrient seperti vitamin C dan carotenoid. Phtytonutrient dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan interferon, anti bodi yang berfungsi melapisi permukaan sel sehingga dapat menahan virus. Beberapa studi menyebutkan, asupan makanan yang kaya akan phytonutrient bahkan dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit hati saat dewasa. Selain itu, spesialis anak, William Sears MD mengatakan, sayuran dan buah banyak mengandung antioksidan yang mengalir melalui aliran darah dan melindungi jaringan dari kerusakan. Semakin sedikit kerusakan yang terjadi pada tubuh, maka semakin tahan pula tubuh terhadap infeksi. Karena itu, berikan lima porsi makanan dan sayuran pada si kecil agar imunitas tubuhnya meningkat.

2. Cukup tidur
Studi yang dilakukan terhadap orang dewasa menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi rentan terhadap penyakit karena dapat mengurangi sistem imunitas yang berfungsi untuk menyerang mikroba dan sel kanker. Hal ini berlaku juga untuk anak. Bayi yang baru lahir, butuh tidur hingga 18 jam sehari sedangkan batita 12-13 jam sehari. Sementara itu, anak pra sekolah memerlukan sekitar 10 jam waktu tidur dalam sehari. Untuk mencukupi jumlah waktu tidurnya dalam sehari, upayakanlah agar si kecil tidur siang. Namun jika si kecil sulit untuk tidur siang, Anda dapat mencoba untuk membuatnya tertidur lebih awal di malam hari.

3. Berikan ASI
ASI mengandung zat-zat penting yang sangat baik untuk meningkatkan antibodi dan sel-sel darah putih. Memberi ASI juga memberikan si kecil perlindungan terhadap berbagai penyakit seperti infeksi telinga, alergi, diare, pneumonia, meningitis dan sindroma kematian bayi mendadak (SIDS). Studi juga menunjukkan bahwa ASI dapat mengoptimalkan perkembangan otak juga melindungi anak terhadap kemungkinan mengalami beberapa jenis penyait kanker. Kolostrum, cairan kekuningan yang terkandung dalam ASI yang baru pertama kali keluar (beberapa hari setelah melahirkan) sangat baik bagi si kecil karena kaya akan antibodi yang membantu si kecil bertahan terhadap berbagai serangan penyakit. Upayakanlah untuk memberikan hanya ASI saja kepada bayi selama 6 bulan, baru kemudian memberikan makanan tambahan dengan terus memberikan ASI hingga si kecil berusia 2 tahun.

4. Aktif bergerak
Tak hanya pada orang dewasa, olahraga dan aktivitas fisik terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak karena dapat meningkatkan kemampuan sel darah putih memerangi infeksi. Agar si kecil aktif bergerak, jadilah contoh yang baik untuknya. Daripada menyuruh si kecil untuk bermain di halaman sementara Anda asyik menonton TV, lebih baik Anda dan si kecil bersama-sama bermain yang melibatkan aktivitas fisik. Anda dapat bersepeda dan jalan pagi bersama atau bermain bola dengannya. Jika dibiasakan sejak kecil, hal ini bisa menjadi kebiasaan baik yang akan tetap dipertahankan oleh anak hingga ia dewasa.

5. Cegah penyebaran kuman
Biasakan si kecil untuk selalu mencuci tangannya dengan air dan sabun setiap kali mau makan, sehabis dari toilet, memegang hewan peliharaan, selesai bermain, atau sehabis keluar rumah. Agar saat bersih-bersih terasa lebih menyenangkan untuknya, cobalah untuk menyediakan sabun warna-warni dengan bentuk yang lucu agar ia lebih bersemangat mencuci tangan. Begitu juga saat berpergian di luar rumah, pastikan Anda menyediakan tisu basah atau cairan pembersih yang mengandung antibakteri yang dapat digunakan ketika air dan sabun sulit didapat. Jika si kecil sakit, buanglah segera sikat giginya. Membuang sikat giginya tak hanya akan melindungi si kecil, tetapi anggota keluarga lainnya. Virus yang sama memang tidak bisa menyerang si kecil, tetapi virus tersebut dapat berpindah dari satu sikat gigi ke sikat gigi lainnya dan menginfeksi anggota keluarga lainnya. Jika penyebab sakit si kecil sakit adalah bakteri, bakteri yang sama dapat menyerang si kecil untuk kedua kalinya.

6. Cegah si kecil menjadi perokok pasif
Jika ada anggota keluarga yang merokok, berhati-hatilah. Karena rokok mengandung kurang lebih 4000 racun yang dapat membahayakan perokok pasif seperti si kecil. Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak lebih rentan terhadap bahaya rokok karena detoksifikasi alamiah si kecil belum berkembang dengan baik. Menjadi perokok pasif juga meningkatkan risiko si kecil mengalami sindroma kematian mendadak, bronkitis, infeksi telinga dan asma. Selain itu, asap rokok juga dapat mempengaruhi kecerdasan serta perkembangan syaraf si kecil. Menjauhkan si kecil dari perokok, berarti menurunkan risiko si kecil mengalami berbagai macam penyakit.

7. Jangan paksa dokter Anda
Ketika mengunjungi dokter, seringkali terjadi orangtua memaksa atau meminta dokter untuk menuliskan resep untuk anaknya. Padahal, tidak semua penyakit memerlukan obat seperti antibiotik. Antibiotik hanya digunakan untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri, sementara kebanyakan penyakit yang diderita oleh anak seperti flu, batuk disebabkan oleh virus. Karena itu, ketika dokter meresepkan antibiotik, yakinkan bahwa tindakannya tersebut tidak dilakukan karena ia pikir Anda yang menginginkannya. Tak ada salahnya Anda bertanya,”Apakah anak saya benar-benar butuh antibiotik?”

8. Kurangi gula
Menurut Sears, konsumsi gula dan makanan yang manis, terbukti dapat mengurangi kemampuan sel darah putih untuk “bertempur”. Studi menyebutkan bahwa konsumsi 2,5 kaleng soda dapat menurunkan kemampuan sel darah putih hingga 40 persen. Meski disukai si kecil, tampaknya Anda harus berupaya untuk mengurangi ‘yang manis-manis’ pada kudapan si kecil.

9.Gemuk tak selalu berarti sehat.
Hati-hati jika si kecil kelebihan berat badan, apalagi overweight. Sears mengatakan, obesitas dapat mengurangi kemampuan sistem imunitas dengan cara mempengaruhi kemampuan sel darah putih untuk memproduksi antibodi. Riset menunjukkan bayi yang kelebihan berat badan mengalami infeksi 2 kali lebih banyak dibandingkan bayi yang langsing.

Meliana Simarmata

Sumber: Majalah Inspire Kids

Jumat

IDUL ADHA 2009 LEBARAN HAJI 1430H | Tata Cara Qurban Sunnah Waktu Hukum Hikmah Dan Keutamaannya | MENYAMBUT Hari Raya Idul Adha 2009 1430 HIJRIAH

Foto Gambar Idul Adha Tata Cara Qurban Kurban Sunnah Kurban Waktu Korban Hukum Kurban Hikmah Qorban Dan Keutamaannya Menyambut Hari Raya Idul Adha 2009 1430H Ied Adha 2009
Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 2009 1430H, berikut ini artikel singkat seputar Idul Adha, tata cara Qurban, sunnah berkurban, waktu qurban, hukum kurban, hikmah berqurban dan keutamaannya.

Makna kurban secara pribadi sangatlah berarti bagi saya dan keluarga, karena dibutuhkan kerelaan hati dan keikhlasan dalam menjalankannya.

Sebenarnya banyak hal yang terkait dengan kata kurban atau qurban dalam ibadah utama lainnya yang kita jalankan sehari-hari. Misalnya saja sedekah. Butuh keikhlasan dalam menjalankannya karena kita harus "mengorbankan" sedikit rejeki yang kita punyai dan diserahkan kepada pihak yang membutuhkan. Ibadah lainnya adalah shalat. Betapa diperlukannya kerelaan untuk meninggalkan bermain facebook barang sejenak dan berkurban waktu untuk melaksanakan ibadah wajib ini.

Namun rasa untuk berkorban yang cukup tinggi menurut saya adalah saat menunaikan ibadah haji. Uang, waktu, kesehatan, tenaga, hati dan pikiran merupakan hal yang menjadi bagian dalam pengorbanan dan harus diperjuangkan serta diikhlaskan sehingga perintah terahhir rukun Islam dapat diwujudkan.

Mudah-mudahan tulisan mengenai Ied Adha, tata cara kurban, sunnah berqurban, waktu kurban, hukum qurban, hikmah berkurban dan keutamaan berkorban dalam rangka menyambut Hari Idul Adha 1430 Hijriah Lebaran Haji tahun 2009 ini bermanfaat ya sahabat.

Berikut ini adalah kumpulan artikel berkaitan dengan hukum seputar bulan Dzulhijjah, Idul Adha, dan berkurban dari majalah AsySyariah Online bulan Dzulhijjah. Semoga bermanfaat.

1. Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Penulis : Al-Ustadz Saifuddin Zuhri, Lc.
Kategori : Khutbah
Di dalam perjalanan hidup di dunia ini, kita akan menjumpai hari-hari yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan keutamaan di dalamnya. Yaitu dengan dilipatgandakannya balasan amalan dengan pahala yang berlipat, tidak seperti hari-hari biasanya. Di antara hari-hari tersebut adalah sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah….

2. Takutkah Anda Berkorban? Maukah Anda Berjuang?

Penulis : Al-Ustadz Abu Usamah Abdurrahman bin Rawiyah
Kategori : Akidah
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memerhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Hasyr: 18)

3. Sunnah yang Terabaikan Bagi Seseorang yang Mau Berqurban

Penulis : Al-Ustadz Abu Ubaidah Syafruddin
Kategori : Hadits
Dari Ummu Salamah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabada: ”Apabila telah masuk sepuluh (hari pertama bulan Dzulhijjah), salah seorang di antara kalian ingin berqurban, maka janganlah sedikit pun ia menyentuh (memotong) rambut (bulu)nya dan mengupas kulitnya.”

4. Berqurban Sebagai Tanda Pengorbanan

Penulis : Al-Ustadz Abu Karimah Askari bin Jamal Al-Bugisi
Kategori : Tafsir
“… Dan Kami panggillah dia: ‘Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu,’ Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian, (yaitu) ‘Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim’.” (Ash-Shaffat: 100-109)

5. Tatacara Menyembelih Hewan Qurban

Penulis : Al-Ustadz Abu Abdillah Muhammad Afifuddin
Kategori : Kajian Utama
Membaca basmalah tatkala hendak menyembelih hewan. Dan ini merupakan syarat yang tidak bisa gugur baik karena sengaja, lupa, ataupun jahil (tidak tahu). Bila dia sengaja atau lupa atau tidak tahu sehingga tidak membaca basmalah ketika menyembelih, maka dianggap tidak sah dan hewan tersebut haram dimakan. Ini adalah pendapat yang rajih dari perbedaan pendapat yang ada.

6. Tempat Menyembelih Hewan Qurban

Penulis : Al-Ustadz Abu Abdillah Muhammad Afifuddin
Kategori : Kajian Utama
Yang masyhur dari perbuatan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya adalah mereka menyembelih hewan qurban di tempat domisili mereka. Inilah sunnah beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hal tempat penyembelihan. Bahkan beliau punya kebiasaan menyembelih hewan qurban di tanah lapang tempat shalat Ied…

7. Waktu Penyembelihan Hewan Qurban

Penulis : Al-Ustadz Abu Abdillah Muhammad Afifuddin
Kategori : Kajian Utama
Awal waktu menyembelih hewan qurban adalah setelah shalat Ied secara langsung, tidak dipersyaratkan menunggu hingga selesai khutbah. Bila di sebuah tempat tidak terdapat pelaksanaan shalat Ied, maka waktunya diperkirakan dengan ukuran shalat Ied. Dan barangsiapa yang menyembelih sebelum waktunya maka diqadha pada waktunya bila qurbannya wajib karena nadzar….

8. Memilih Hewan Qurban

Penulis : Al-Ustadz Abu Abdillah Muhammad Afifuddin
Kategori : Kajian Utama
Perlu dipahami bahwa berqurban tidaklah sah kecuali dengan hewan ternak yaitu unta, sapi, atau kambing. Dalilnya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala: ِ“Supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rizki yang telah Allah berikan kepada mereka berupa binatang ternak.” (Al-Hajj: 28)….

9. Qurban, Keutamaan dan Hukumnya

Penulis : Al-Ustadz Abu Abdillah Muhammad Afifuddin
Kategori : Kajian Utama
“Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta.” (Al-Hajj: 36)

10. Mendulang Mutiara Hikmah dari Perjalanan Hidup Nabi Ibrahim ‘alaihissalam

Penulis : Al-Ustadz Ruwaifi’ bin Sulaimi
Kategori : Manhaji
Kisah-kisah agung dari Nabi Ibrahim ‘alaihissalam adalah peneguhan nyata akan tauhid. Ketaatan dan keimanan yang luar biasa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala mewujud pada tindakan yang niscaya akan teramat berat ditunaikan manusia pada umumnya. Sebuah keteladanan yang mesti kita tangkap dan nyalakan dalam kehidupan kita.

Silahkan kunjungi Asysyariah.com untuk melihat artikel selengkapnya sesuai dengan judul artikel di atas ya.

Sumber tulisan: mumtaz-anas.com

Selasa

AYAT Al QUR'AN Tertulis Di Kulit Seorang Bayi Di Rusia

Foto Ayat Al Quran Tertulis Di Gambar Kulit Bayi Rusia SUBHANALLAH
Ayat Al Qur'an Tertulis Di Kulit Bayi Rusia. Seorang bayi menimbulkan gelombang spekulasi di Rusia setelah frase-frase yang diduga sebagai ayat Alquran muncul di kulit tubuhnya. Ayat-ayat ini dikatakan tampak di punggung, lengan, kaki, dan perut bayi berusia sembilan bulan bernama Ali Yakubov sebelum kemudian hilang dan diganti dengan ayat-ayat baru.

Para dokter Rusia bingung atas kasus ini. Awalnya, ayat-ayat itu muncul di dagu si bayi beberapa minggu setelah lahir. Para dokter menyangkal bahwa tanda-tanda di kulit bayi itu ditulis seseorang.

Sang ibu, Madina, mengatakan bahwa dia dan suaminya bukan merupakan orang yang taat beragama sampai tulisan-tulisan itu muncul. Madina mengatakan, mereka awalnya tidak memperlihatkan kepada siapa pun mengenai tulisan-tulisan yang tidak bisa dijelaskan itu sampai akhirnya mengungkapkan hal tersebut ke dokter dan imam di desa mereka, Oktober Merah, yang merupakan kawasan dengan pengaruh Muslim yang kuat.

Berikut ini berita yang lebih lengkap mengenai ayat suci Al Qur'an yang tertulis di tubuh seorang bayi laki-laki di Rusia.

Ayat-ayat Al Quran Tampak pada Kulit Bayi di Rusia?

Saat ini, si bayi menjadi fokus perhatian orang-orang Muslim di kawasan tempat tinggalnya di Provinsi Dagestan yang berdekatan dengan daerah konflik Chechnya di selatan Rusia. Seorang anggota parlemen lokal, Akhmedpasha Amiralaev, mengatakan bahwa "Bayi laki-laki ini merupakan tanda dari Allah. Allah menggirimkannya ke Dagestan untuk menghentikan pemberontakan dan ketegangan di republik kita."

Ibu si bayi mengatakan, "Biasanya tanda-tanda itu muncul dua kali seminggu, pada hari Senin dan pada malam antara Kamis dan Jumat. Ali selalu merasa kesakitan ketika itu muncul. Dia menangis dan suhu tubuhnya tinggi. Tidak mungkin menggendongnya ketika itu terjadi. Badannya aktif bergerak, maka kami menempatkan dia di ayunannya. Sedih rasanya ketika melihat dia menderita." Frase-frase itu, kata Madina, secara teratur bergantian muncul di kulit si bayi.

Seorang imam lokal, Abdulla, mengatakan kepada penduduk bahwa dalam Al Quran dikatakan, sebelum akhir zaman datang, akan muncul orang-orang dengan ayat-ayat kitab suci di tubuh mereka. Dia mengatakan, salah satu tanda yang terbaca berbunyi, "Jangan sembunyikan tanda-tanda ini dari orang-orang." Kisah bayi dari Dagestan ini juga telah menarik perhatian media Rusia.

Sumber: Kompas

Jumat

INFO KESEHATAN: Manfaat TENGKURAP Untuk ANAK BAYI! Latih Sensor Motorik Bikin Tidur Lebih Pulas!

Foto Manfaat Tengkurap Untuk Bayi Gambar Bayi Tengkurap Latih Sensor Motorik Bikin Tidur Lebih Pulas
Ternyata banyak sekali manfaat tengkurap untuk bayi. Disamping melatih perkembangan sensor motorik, bayi yang rajin tengkurap biasanya tidur lebih pulas dan nyenyak.

Memang ada kekhawatiran terjadinya Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau sindrom kematian mendadak pada bayi sehingga orangtua cenderung ragu menidurkan anak bayinya dalam posisi tengkurap. Namun demikian, SIDS tak akan terjadi jika kondisi bayi selalu terpantau dan diawasi setiap saat ya.

Mudah-mudahan artikel berikut ini tentang manfaat tengkurap bagi anak bayi bermanfaat untuk sahabat semua.

Sejuta Manfaat Tengkurap Untuk Anak Bayi

Kekhawatiran akan terjadinya Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau sindrom kematian mendadak pada bayi membuat orangtua ragu menidurkan bayi kecilnya dalam posisi tengkurap. Sebenarnya, SIDS tak akan terjadi jika kondisi bayi selalu terpantau. Jadi, jangan takut menengkurapkan bayi sekalipun usianya belum sebulan.

Dengan sering ditengkurapkan, bayi belajar mengembangkan kekuatan leher, punggung, dan otot-otot bagian atas lainnya. Kurang lebih di usia 4 bulan, kebanyakan bayi telah mampu menopang kepala dan lehernya menghadap depan.

Jika sudah menguasai kemampuan tersebut dengan baik, tidak lama dari itu mengangkat tubuh ini meningkat, dia mulai bisa membalikkan badan, menggeser dan akhirnya mampu menggulingkan badan dari posisi tengkurap, telentang, lalu tengkurap lagi dan seterusnya.

Pentingnya latihan tengkurap telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Misalnya yang dilakukan oleh Klinik Wichita di Newton, Amerika Serikat, yang kemudian dipublikasikan di Archieves of Pediatric and Adolescent Medicine.

Penelitian membuktikan, bayi yang lebih banyak tidur telentang jauh lebih kecil kemungkinannya untuk bisa berguling di usia 4 bulan daripada bayi yang biasa ditidurkan tengkurap.

Hal yang sama diakui oelh Glenn Doman (ahli terapi otak). Menurutnya, untuk mempermudah bayi bergerak, maka bayi harus diletakkan di lantai, tentu saja yang bersih dan aman, dengan posisi tengkurap agar dia bisa menghabiskan waktunya sebanyak mungkin menggerakkan tangan dan kakinya untuk bergeser maju.

Sebaliknya, Doman mengatakan, bayi dalam posisi telentang ibarat kura-kura dalam posisi terbalik. Ia sulit menggunakan leher dan anggota tubuhnya untuk belajar menopang tubuh dan bergerak maju atau munjur.

Selain baik bagi perkembangan sensor motorik (kemampuan indra dan gerak), tengkurap juga membuat tidur bayi jadi lebih pulas. Refleks moro (refleks pada bayi baru lahir yang terlihat seperti gerak terkejut) seringkali membuat bayi terjaga dan menangis.

Efek refleks kejut yang tak terkontrol itu dapat dikurangi dengan tidur tengkurap. Alasannya, dada dan tangan bayi bersentuhan dengan permukaan tempat tidurnya sehingga menimbulkan rasa aman. Manfaat lain, tidur tengkurap mencegah terjadinya kepala gepeng atau peyang.

Selanjutnya, bayi yang telah mampu tengkurap sendiri akan lebih mudah meraih kemampuan motorik kasar yang lebih kompleks, yaitu berguling, merangkak, berdiri, hingga berjalan.

Bayi sebaiknya diberi kesempatan untuk tengkurap sekitar 30 menit dalam sehari. Bagilah dalam beberapa kali kesempatan. Kalau pun bayi sudah merasa tak nyaman dengan posisi tengkurap, bantu ia mengubah posisinya menjadi telentang atau gendonglah.

Hanya, untuk bayi prematur, posisi tidur tengkurap tidak disarankan karena fungsi organ tubuhnya yang belum matang. Tentunya saja bayi kecil yang ditengkurapkan harus selalu dalam pengawasan.

Sumber: Media Kompas

Selasa

KACANG KENARI Efektif Cegah KANKER PAYUDARA: Mengandung Omega 3 Tertinggi!

Foto Kacang Kenari Cegah Kanker Gambar Kanker Payudara Mengandung Omega 3 Tertinggi
Ternyata mengkonsumsi kacang kenari efektif dalam mencegah kanker payudara.

Dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan yang lain, kacang kenari memang sangatlah unik. Sekedar informasi, kenarilah merupakan satu-satunya kacang yang paling banyak mengandung asam alpha-linolenic, salah satu tipe asam lemak omega 3 yang merupakan komponen bioaktif yang bisa menghambat pembentukan kanker jenis MDA-MB 231 atau kanker payudara.

Mudah-mudahan artikel tentang manfaat memakan kacang kenari untuk mencegah perkembangan kanker payudara berikut ini bermanfaat untuk sahabat Rumah Islami ya. Jangan lupa membaca tips cara tidur sehat ibu hamil.

Kacang Kenari Bisa Cegah Kanker Payudara

Para peneliti dari Marshall University School of Medicine pun mencoba mencari tahu kandungan apa yang terdapat pada kacang kenari.

Kacang kenari memang tidak terlalu populer dibanding sekian jenis makanan lainnya yang disebut-sebut sebagai makanan anti kanker seperti kedelai, tomat dan lainnya. Namun studi menunjukkan bahwa konsumsi kacang kenari secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol sehat (HDL) dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kenari juga diketahui sangat baik untuk mencegah dan memperlambat perkembangan kanker payudara. Kenari sangat unik dibanding kacang-kacangan lainnya karena hanya kenarilah satu-satunya kacang yang mengandung asam alpha-linolenic, salah satu tipe asam lemak omega 3 dengan kandungan yang paling banyak, seperti dikutip dari Health, Selasa (6/10/2009).

Sumber alpha-linolenic lainnya yaitu kedelai, biji rami, ikan laut dan beberapa sayuran hijau, namun kandungannya hanya sedikit dan tidak ada yang melebihi kenari.

Dalam studinya, peneliti ingin mengetahui pengaruh konsumsi kenari terhadap perkembangan kanker payudara pada tikus percobaan. Komponen yang terdapat dalam kenari seperti phytosterols, polyphenols, carotenoids, melatonin dan asam lemak omega 3 adalah komponen bioaktif yang bisa menghambat pembentukan kanker jenis MDA-MB 231 atau kanker payudara.

Untuk mengetahui keefektifannya, sebuah sel tumor disuntikkan pada dua grup tikus sebagai cikal bakal kanker payudara. Satu grup diberi makan kacang kenari dan grup satunya tidak. Setelah 10 hari, sel tumor yang terdapat pada tikus yang tidak diberi kenari semakin membesar, berbeda dengan tikus yang makan kenari yang justru mengalami penyusutan sel tumor.

Dari situ peneliti dari Department of Biochemistry and Microbiology mengetahui bahwa kenari memang bisa mengahambat pertumbuhan sel-sel kanker, terutama kanker payudara. Peneliti juga menemukan kandungan eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA) pada hati tikus percobaan yang diberi kenari lebih tinggi dibanding tikus yang tidak diberi kenari.

EPA dan DHA diketahui banyak terdapat pada ikan-ikan laut seperti salmon, sarden dan lainnya. Namun ternyata kandungannya pada kenari pun tidak kalah banyaknya. Selain diketahui manfaatnya dalam mencegah dan mengahmbat pertumbuhan kanker, EPA dan DHA juga sangat baik untuk perkembangan dan meningkatkan kemampuan otak.

Jadi lain kali Anda melihat kacang kenari di supermarket, tidak ada salahnya membelinya.

sumber: detikhealth

Jumat

TIPS SEHAT CARA TIDUR Ibu Hamil Pulas Nyenyak Di Masa Kehamilan: Untuk Kesehatan Perkembangan Janin Bayi

Photo Tips Cara Tidur Foto Ibu Hamil Sehat Pulas Untuk Kesehatan Gambar Perkembangan Janin Bayi Di Masa Kehamilan
Tips cara tidur sehat untuk ibu hamil agar nyenyak pulas untuk kesehatan dan perkembangan janin bayi di masa kehamilan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memerlukan informasi mengenai posisi tidur yang benar untuk wanita hamil.

Secara umum tidaklah mudah bagi seorang calon bunda untuk tidur dengan nyenyak di saat hamil
karena perubahan hormon di dalam tubuh dan fisik yang juga bertambah bobotnya yang mengakibatkan tulang pungung menjadi sakit. Belum lagi pergelangan dan tapak kaki yang sering terasa kram karena seharian menopang badan yang semakin berat.

Mudah-mudahan tips sederhana cara tidur pulas nyenyak untuk ibu hamil atau wanita di masa kehamilan ini bermanfaat dan tidak mengganggu perkembangan kesehatan janin bayi. Ibu sehat Insha Allah anak pun sehat ya. Amin.

Tidur Nyenyak untuk Ibu Hamil

Saat perempuan sedang hamil, kadang tidak bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan posisi yang nyaman karena semakin besarnya janin yang berkembang dalam perut. Tapi bukan berarti ibu hamil tidak bisa tidur nyenyak, ada beberapa hal yang dapat membantu ibu hamil tidur dengan nyenyak.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seorang ibu hamil tidak bisa tidur dengan nyenyak seperti meningkatnya frekuensi urine saat hamil, meningkatnya detak jantung karena harus memompa darah lebih banyak, nafas yang lebih pendek seiring dengan meningkatnya usia kehamilan, kaki kram dan sakit pada tulang punggung akibat bertambahnya berat badan selama hamil serta mengalami sembelit akibat menurunnya kerja sistem pencernaan.

Selain itu stres juga memberikan pengaruh yang besar dalam mengganggu waktu tidur. Stres ini biasanya timbul karena perasaan khawatir mengenai kesehatan bayi, perasaan takut mengenai ketidaksiapan menjadi orangtua atau gugup akan saat kelahiran itu sendiri. Sebenarnya perasaan tersebut normal, tapi bisa membuat ibu hamil terbangun di malam hari dan tidak bisa mendapat istirahat yang cukup.

Ibu hamil juga khawatir mengenai posisi tidur yang benar agar tidak membahayakan bayi yang dikandungnya. Untuk usia awal usia kehamilan, cobalah untuk berbaring dengan lutut ditekuk. Ini merupakan posisi yang paling nyaman untuk ibu hamil dan juga mempermudah kerja jantung.

Seperti dikutip dari Kidshealth, Rabu (30/9/2009) beberapa dokter merekomendasikan untuk ibu hamil agar tidur dengan posisi miring ke kiri, karena membantu menjaga rahim dari organ besar yang ada di tubuh. Tidur dengan posisi ke kiri juga meningkatkan peredaran darah ke jantung dan aliran darah yang baik ke janin, rahim dan ginjal.

Pergeseran posisi saat tidur merupakan bagian yang alami. Jika sudah memasuki usia kehamilan trimester ketiga, pergeseran posisi kadang bisa membangunkan tidur dan membuat rasa tidak nyaman. Beberapa ibu kadang menempatkan bantal di bawah perut, diantara kaki atau dibelakang punggung untuk menjaga posisi dan meringankan tekanan pada perut.

Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, ibu hamil juga sebaiknya menghindari konsumsi kafein, menghindari konsumsi air putih yang terlalu banyak beberapa jam sebelum tidur. Sebaiknya melakukan rileksasi sebelum tidur bisa dengan minum susu yang dicampur madu atau minum teh herbal serta biasakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Sumber: detikhealth

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...