Senin

TIPS MEMAKAI JILBAB | Tips Agar Anak Perempuan Mau Menggunakan Jilbab

TIPS MEMAKAI JILBAB | Tips Agar Anak Perempuan Mau Menggunakan Jilbab.

Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu,anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin : " Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun dan Maha penyayang. (Qs. al-Ahzab [33] : 59).

Membiasakan sesuatu yang baik, memang seharusnya dilakukan sedini mungkin, agar tidak sulit dilakukan ketika dewasa nanti. Menyuruh anak perempuan kita untuk memakai jilbab tidak bisa dikatakan mudah, tetapi tidak juga dibilang sulit.

Ada beberapa tips yang mudah-mudahan dapat membantu mempermudah kita sebagai orangtua menyuruh anak perempuan kita memakai jilbab, antara lain :

1. Orang tua atau orang dewasa di rumah memberi teladan dengan menggunakan jilbab terlebih dahulu.
2. Memberi motivasi dan pemahaman mengenai keuntungan menggunakan jilbab. Misalnya terlindung dari terik matahari, meminimalkan godaan laki-laki iseng, dan Insya Allah mendapat pahala dari Allah SWT.
3. Menyediakan fasilitas pendukung, yakni memilihkan jilbab dari bahan yang sejuk,warna dan bentuk dipilih sesuai dengan selera anak dengan ukuran yang sesuai sehingga tidak menghambat gerak anak.
4. Mengajak anak berkreasi dengan membuat pin,boneka panel kecil atau sulam sederhana yang bisa dipakai sebagai bros atau bandana. Selain anak menjadi kreatif dia akan senang karena jilbab kreasinya unik, berbeda dengan yang lainnya.
5. Mendorong anak bergaul dengan teman sebayanya yang sudah mengenakan jilbab sehingga anak merasa tidak sendirian.
6. Melibatkan orang dewasa lain seperti kerabat, guru bahkan khadimat dirumah untuk memberikan pujian dan sugesti positif atas usaha anak mengenakan jilbab.
7. Jangan lupa berikan reward bila anak mengenakan jilbab seperti pelukan hangat, dibuatkan kue kesukaan atau dibelikan buku mengenai kreasi jilbab bila anak sudah remaja.

Mudah-mudahan tips diatas sangat bermanfaat dan selamat mencoba...

tips jilbab, tips memakai jilbab, mengajarkan anak memakai jilbab, perintah menggunakan jilbab bagi anak perempuan, cara mendidik anak

MANFAAT SEKOLAH ALAM Dampak Positif Sekolah Alam

FOTO MANFAAT SEKOLAH ALAM Gambar Dampak Positif Seklah Alam
Mungkin banyak yang bertanya apa saja manfaat sekolah alam atau dampak positif anak yang bersekolah di sekolah alam. Orang tua cenderung mencari alasan yang tepat agar tidak salah langkah dalam memberikan pendidikan terbaik buat sang buah hati.

Belum semua orang tua percaya pada sekolah alam, sehingga tetap bergeming memilihkan sekolah konvensional bagi putra-putrinya. Tapi, bagi sebagian orang tua lain, memilih sekolah alam adalah satu kebutuhan untuk mengubah paradigma pendidikan bagi masa depan anak-anaknya. Kenapa?

Mungkin jawaban dari pengalaman para orang tua berikut ini dapat membuka wawasan tentang alasan positif menyekolahkan anak di sekolah alam. Semoga bermanfaat ya sahabat Rumah Islami.


Nuning (36), orang tua siswa dari Naswa (5) dan Faras (11), mengaku membawa kedua putrinya bersekolah di sekolah alam adalah karena mencari alternatif yang berbeda dari sekolah konvensional untuk memberi pendidikan anak-anaknya. "Paradigmanya sudah berubah buat saya. Selama ini anak belajar penuh keterpaksaan, dikejar target dengan hapalan-hapalan yang sebetulnya tidak tepat untuk periode usia emas mereka, di sini anak belajar sesuai keinginan dan penuh kepraktisan yang memang sudah semestinya," ujar Nuning.

Menurutnya, kemandirian dan skill kepemimpinan kedua anaknya yang duduk di Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di dua sekolah alam yang berbeda itu sangat terbangun. "Keberanian dan rasa percaya dirinya berkembang dengan baik di luar perkiraan saya, karena memang di sekolah ini life skill itu dipentingkan dan diselaraskan dalam semua materi pembelajaran. Anak saya benar-benar mandiri," ujar Nuning.

Sementara itu, menurut orang tua siswa lainnya, Romy (42), memilih sekolah alam buat mendidik anaknya adalah untuk mendapatkan ilmu yang berbeda dari yang pernah Romy dapatkan ketika bersekolah di sekolah konvensional dulu. "Dulu itu murid takut dengan gurunya, di sini malah gurunya yang dipanggil-panggil terus oleh siswanya. Saya lihat, anak-anak bisa enjoy belajar tanpa tekanan apapun, itu yang terpenting," ujar orang tua siswa dari Ruhama Afifah (13), Zahra (9) dan Syamila (4), yang semuanya disekolahkan di Sekolah Alam Indonesia (SAI) ini.

Romy mengatakan, ketimbang anak-anak lain seusia anaknya, perkembangan anaknya jauh lebih cepat dan matang, selain juga lebih mandiri. Romy meyakini, semua itu berkat pembelajaran di sekolahnya. "Saya tahu, di sekolah dia tidak dicetak untuk punya nilai bagus, tapi mampu menjadi pribadi yang mandiri dan berani mengambil keputusan selama mengikuti proses pembelajaran. Saya yakin, kemampuan akademis bisa dikejar, tetapi kemandirian, budi pekerti dan soft skill lainnya itu harus ditempa sejak di usia emasnya," ujar Romy.

Penuturan lain, yang sebetulnya sama, juga dilontarkan oleh Mei (36). Ia menyekolahkan putrinya, Zia (7), di sekolah alam karena menginginkan perubahan pada cara mengedukasi anaknya. "Secara visi dan misi sekolah alam itu sama dengan saya, yaitu menempa kemandirian anak dan leadership-nya. Bukan soal prestasi, tapi bagaimana membuat anak terus memiliki keinginan berpikir ilmiah dan bisa memanfaatkan ilmunya dengan baik," ujar Mei.

Sumber artikel: Kompas.Com Kenapa Sekolah Alam, Inilah Alasan Mereka...

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...