Minggu

SEJARAH SENI KALIGRAFI ISLAM Tren dan Perkembangan Kaligrafi Islam dari Masa ke Masa

KUMPULAN GAMBAR SENI KALIGRAFI ISLAM WALLPAPER Sangat menarik untuk dibaca sejarah seni kaligrafi Islam dan bagaimana tren perkembangannya dari masa ke masa. Benar adanya bahwa seni kaligrafi Islam termasuk seni yang berusia cukup tua ya.

Kaligrafi Islam merupakan seni rohani. “Islamic Calligraphy is a spiritual geometry brought about with material tools”, demikian sang maestro klasik Yaqut Al-Musta’shimi, menggambarkan keagungan seni ini.

Kaligrafi Islam memang bukan sekedar karya seni rupa biasa. Namun, karya ini memiliki pesona spritualitas yang memiliki makna yang dalam bagi yang memahaminya.

Meski kaligrafi identik dengan tulisan Arab, namun kata kaligrafi diyakini berasal dari bahasa Yunani. Yaitu kalios yang berati indah dan graphia yang berarti tulisan. Sementara itu, Bahasa Arab mengistilahkannya dengan istilah khatt (tulisan atau garis) yang ditujukan pada tulisan yang indah. Hal ini seperti yang tercantum dalam al-kitabah al-jamilah atau al-khatt al-jamil.

Ditilik dari sejarahnya, akar kaligrafi Arab sebenarnya adalah tulisan hieroglif Mesir, yang kemudian terpecah menjadi khatt Feniqi, Arami dan Musnad. Yakni kitab yang memuat segala macam hadits. Menurut al-Maqrizi, seorang ahli sejarah abad ke-4, tulisan kaligrafi Arab pertama kali dikembangkan oleh masyarakat Himyar. Yakni suku yang mendiami Semenanjung Arab bagian barat daya (sekitar 115-525 SM). Musnad merupakan kaligrafi Arab kuno yang mula-mula berkembang dari sekian banyak jenis khatt yang dipakai oleh masyarakat Himyar. Dari tulisan tua Musnad yang berkembang di Yaman, lahirlah khatt Kufi.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa khatt Kufi ini terus berkembang dan mencapai puncak kesempurnaannya pada pertengahan abad VIII M. Khatt Kufi menjadi primadona dan dijadikan sebagai tulisan wajib untuk menulis mushaf Alquran. Bahkan, sebagian kelompok fanatik menganggap jenis khat dengan ciri khas kaku ini diyakini bersumber dari malaikat Jibril saat me-nyampaikan wahyu pertama.

D Sirojuddin AR (1989) mengungkapkan, kehadiran Alquran di awal kehadiran Islam sangat berkorelasi positif dengan tumbuh dan berkembangnya seni kaligrafi Arab (Alquran) Teori ini memang tepat untuk menggambarkan sumbangsih dan pengaruh kuat Alquran terhadap dinamika tradisi kaligrafi pada masyarakat Arab, terutama umat Islam pada masa lampau.

Meski orang-orang Arab pada waktu itu dikenal piawai dalam tradisi verbalism, khususnya bidang kesusastraan, namun dalam hal tradisi tulis-menulis (kitabah/ khathth) masih tertinggal jauh dibanding beberapa bangsa lainnya. Seperti Mesir dengan tulisan hieroglif, Jepang dengan aksara Kaminomoji, Indian dengan Azteka, Assiria dengan huruf Paku, ataupun India dengan gaya Devanagari. Dalam rentang inilah kaligrafi Islam lahir sebagai masterpiece yang sangat diagungkan. Di Indonesia, kaligrafi merupakan bentuk seni budaya Islam yang pertama kali ditemukan. Bahkan dia menandai masuknya Islam di Indonesia.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian arkeologi yang dilakukan Prof Dr Hasan Muarif Ambary. Kaligrafi gaya Kufi telah berkembang pada abad ke-11. Datanya ditemukan pada batu nisan makam Fatimah binti Maimun di Gresik (wafat 495 H/ 1082 M) dan beberapa makam lainnya dari abad ke-15. Kebiasaan menulis Alquran telah banyak dirintis para ulama besar di pesantren-pesantren semenjak akhir abad XVI. Dalam perkembangan selanjutnya, kaligrafi tidak hanya dikembangkan sebatas tulisan indah yang berkaidah tetapi juga mulai dikembangkan dalam konteks seni rupa yang terus menginspirasi dan divariasikan secara terus menerus.

Penggelut bisnis kaligrafi dari Afie Etnic Prasetyo mengatakan, saat ini hampir di setiap rumah, dapat dijumpai ada pajangan kaligrafi Islam. Paling tidak ada kaligrafi yang bertuliskan nama Allah dan Nabi Muhammad SAW. Hal ini, menunjukan bahwa seni kaligrafi telah semakin diminati. Tak hanya karena seni ini memiliki nilai estetika yang tinggi. Namun, kaligrafi telah dianggap sebagai salah satu karakter dan simbol jati diri seorang muslim. “Sejak beberapa tahun belakangan, tren kaligrafi memang semakin berkembang. Kalau dulu, kaligrafi hanya sebatas ornamen masjid atau musala, namun sekarang tidak lagi.

Bahkan, sepertinya sudah menjadi keharusan bagi keluarga muslim untuk memajang kaligrafi di dalam rumah,” ujar Prasetyo saat ditemui di galeri pamerannya di Palembang Indah Mal (PIM), kemarin. Menurut Prasetyo, kaligrafi bukan hanya sekedar karya seni rupa biasa. Namun, tulisan kaligrafi bersumber dari ayat-ayat suci Alquran. Sehingga memiliki makna yang dalam bagi yang memahaminya.

Tulisan yang terkandung dalam kaligrafi memiliki filosofi dan pesan dakwah agar umat Islam senantisa selalu membaca ayat-ayat suci Alquran dan ingat kepada Allah SWT. Maka dari itu, banyak yang beranggapan bahwa memajang kaligrafi lebih baik daripada memajang pantung atau gambar makluk hidup seperti manusia dan hewan. Terlebih, saat ini karya seni kaligrafi sudah semakin variatif. Setiap tahun trennya selalu mengalami perubahan dan perkembangan. Tak hanya sebatas seni lukis yang menggunakan media kanvas atau kertas saja. Namun, kini kaligrafi telah banyak dituangkan dalam media logam, kuningan, kaca, kolase ataupun ukiran kayu.

“Dengan tampilannya yang semakin beragam, kini kaligrafi telah menjadi pilihan banyak kalangan muslim sebagai penghias interior atau dekorasi ruangan lainnya,” kata Prasetyo.

Prasetyo mengungkapkan, pada tahun lalu seni kaligrafi dengan media kuningan sempat menjadi tren di kalangan masyarakat. Unsur logam yang dipadu dengan warna keemasan dinilai memberikan kesan mewah pada pajangan ini. Namun, pada tahun ini, masyarakat lebih menyukai kaligrafi ukir yang menggunakan kayu jati atau mahogani. Unsur kayu dengan warna dasar cokelat membuat ukiran ini terkesan lebih natural namun elegan.

Untuk harganya, lanjut dia, seni kaligrafi memang relatif mahal. yakni berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung dengan bahan, bentuk, ukuran, dan tingkat kerumitannya. Sebagai gambaran untuk ukiran kaligrafi “ayat kursi” dari kayu jati berukuran 170 cm x 60 cm dapat dijual dengan harga Rp2 juta. Sedangkan untuk satu pasang kaligrafi bertulisakan “Allah” dan “Muhammad” dengan ukuran 25 cm x 25 cm dapat dijual dengan harga Rp400 ribu.

“Setiap tahun, tren kaligrafi cenderung berubah. Hal ini, pada akhirnya menjadikan kaligrafi memiliki nilai prestisge tersendiri bagi kalangan tertentu,” papar Prasetyo. Perajin kaligrafi lainnya, Mulya Sujana, mengakui permintaan terhadap seni kaligrafi semakin tinggi.

sumber: okezone.com

lukisan kaligrafi, sejarah kaligrafi islam
, seni lukisan kaligrafi islam, kumpulan gambar kaligrafi indah

Selasa

PETA MUDIK 2010 JALUR MUDIK LEBARAN 1431H LENGKAP Kumpulan Peta Mudik Lebaran Tahun 2010

PETA MUDIK LEBARAN 2010 Peta Jalur Mudik Lebaran 2010-1431H. Menjelang mudik lebaran tahun 2010 pasti dibutuhkan info peta mudik 2010 terkini agar bisa pulang kampung di akhir puasa Ramadhan tanpa tersesat di jalan. Selain berita kondisi terbaru jalur pantura jalur selatan dan alternatif di tahun 2010, sahabat Rumah Islami juga membutuhkan peta letak pengisian bahan bakar SPBU dan ATM selama di perjalanan. Jangan sampai mogok kehabisan bensin dan ga punya uang ya.

Masalah navigasi memang bukan perkara sepele. Apalagi bagi mereka yang harus mudik menggunakan kendaraan bermotor pribadi. Saya sendiri sudah mempersiapkan peta mudik 2010 sejak sekarang karena khawatir lupa dibawa saat pulkam. Takut tersesat di jalan.

Pilihan jalur mudik 2010 memang tergantung kita ya. Bila sahabat berangkat dari Jakarta maka dapat mempertimbangkan tiga jalur mudik utama, yaitu jalur pantura atau pantai utara, jalur selatan dan jalur alternatif (lewat tengah ya?). Lengkapilah peta yang sesuai dengan jalur mudik lebaran yang sahabat pilih. Paling bagus bawa aja semua Peta Mudik Lebaran 2010 Jawa Tengah Solo Yogyakarta Semarang, Peta Mudik 1431H Jalur Jawa Barat Cilacap Bandung dan Peta Lebaran Tahun 2010 Jawa Timur Surabaya Malang Pasuruan Madura.

Untuk mereka yang hendak mudik ke pulau Sumatera, sebaiknya juga melengkapi dengan Peta Mudik Lebaran Wilayah Sumatera 2010. Tantangan jalur mudik Sumatera lewat Palembang Padang Bengkulu Jambi Medan memang sudah sangat terkenal dengan kelok sembilannya. Berhati-hatilah ya sahabat selama di perjalanan. Jaga kondisi dan tetap puasa ramadan. Mudah-mudahan kondisi jalan lintas sumatera semakin baik menjelang Lebaran 2010 Idul Fitri 1431 Hijriah.

Saya yakin tidak akan banyak perubahan untuk Peta Lebaran setiap tahunnya. Silahkan menuju kesini untuk mendapatkan atau mendownload secara gratis Peta Mudik Lebaran 2010 1431 h. Klik kanan dan save as di komputer sahabat ya kemudian print. Selesai.

Kumpulan Peta Resmi Jalur Mudik Puasa Lebaran 2010 Pra Bulan Ramadhan 1431H tersebut meliputi:
Peta Lebaran Mudik Gabungan 2010 Untuk Seluruh Indonesia (Jawa)
Peta Jalur Mudik 2010 Lebaran Wilayah Jawa Resmi Gabungan 2010 Untuk Wilayah Indonesia
Peta Jalur Lebaran Mudik 2010 Untuk Jawa Barat
Peta Lebaran Jalur Mudik 2010 1431H Untuk Jawa Tengah
Peta Jalur Mudik Lebaran 2010 Area Cilacap - Peta Mudik Lebaran Lokasi ATM 2010
Peta Resmi Jalur Mudik Lebaran 2019 Untuk Cilacap - Peta Mudik Lebaran Lokasi SPBU 2010
Peta Jalur Lebaran Mudik 2010 Untuk Wilayah Sumatera
Peta Jalur Mudik Lebaran 2010 Untuk Wilayah Sumatera

Peta Jalur Mudik Lebaran 2010 Lintas Sumatera

Peta Jalur Lebaran 2010 Peta Mudik 2010 Jawa Gabungan Wilayah Indonesia

Insya Allah akan selalu diupdate dan terbaru free download kumpulan peta mudik 2010 peta jalur mudik lebaran 1431h tahun 2010 gratis

Jumat

TIPS PUASA SEHAT IBU HAMIL Kiat Sahur dan Buka Puasa Untuk Wanita Hamil/Mengandung

TIPS CARA SEHAT PUASA SAAT HAMIL Inilah tips puasa bagi ibu hamil dan kiat sahur dan buka puasa untuk wanita yang sedang hamil. Silahkan tetap berpuasa tapi harus jaga kondisi kehamilan ya semata-mata demi kebaikan sang calon bayi di kandungan. Silahkan dibaca juga peluang bisnis bulan puasa usaha menjelang lebaran.

Wanita hamil/menyusui yang memutuskan tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan harus sahur. Hakikat sahur adalah sarapan yang berfungsi untuk menghasilkan energi yang akan digunakan sehari nanti.

Berikut ini tip-tip sahur sehat dan berbuka puasa bagi ibu hamil wanita yang mengandung:

* Pilih makanan yang mencukupi 4 sehat 5 sempurna. Komposisi yang seimbang adalah 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 10-20 persen lemak. Makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi, gandum; makanan yang mengandung protein tinggi umpamanya daging, ayam, tahu/tempe.
* Usahakan ada sayuran dan buah dalam menu sahur supaya BAB lancar dan tidak terjadi sembelit. Biasanya menu sahur kurang serat sehingga urusan ke belakang jadi tak lancar. Padahal, BAB yang tidak lancar berpotensi menyebabkan gangguan seperti wasir pada ibu hamil.

* Minum susu sangat disarankan untuk menambah kekuatan. Tetapi, bila kadar gula darah ibu hamil/menyusui tergolong tinggi, sebaiknya minum susu plain atau boleh ditambah pemanis yang aman/disarankan.

* Makanan pedas memang menggugah selera, apalagi untuk sahur. Tapi ingat, makanan yang terlalu pedas tidak disarankan untuk ibu hamil/menyusui. Kalaupun ingin makanan yang pedas, sebaiknya tidak berlebihan.

* Jangan lupa minum suplemen (bila memang ada suplemen yang harus diminum) dan banyak minum air putih.

* Sebaiknya makan sahur tidak dilakukan terburu-buru. Konsekuensinya, ibu harus bangun lebih awal. Apalagi untuk ibu menyusui, pastikan si kecil dalam keadaan kenyang sehingga tidak terbangun/menangis saat ibunya makan sahur.

Segeralah berbuka

Tak heran kalau menjelang buka puasa, berbagai makanan disiapkan karena perut terasa sangat melilit. Apalagi menjalani puasa saat hamil/menyusui, pastilah lebih lapar/haus karena asupan tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga harus dibagi dengan janin/anak yang sedang disusui. Berikut tip-tip buka puasa yang sehat:

* Awali buka puasa dengan makanan yang hangat dan manis. Sebaiknya jangan langsung minum es karena bisa menyebabkan kembung akibat produksi asam lambung yang meningkat. Tetapi, bila wanita hamil/menyusui harus membatasi makanan/minuman manis, sebaiknya pilih pemanis yang aman.

* Jangan langsung makan makanan berat. Sebaiknya berikan jeda dengan shalat maghrib sehingga sistem pencernaan tidak serta-merta "dipaksa" bekerja keras setelah "beristirahat" seharian.

* Disarankan mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti sayur dan buah, saat berbuka puasa. Makanan tinggi serat akan dicerna dalam waktu lama sehingga lambung bisa bersiap secara bertahap.

* Sebaiknya jangan berbuka sampai kekenyangan sebab hanya akan mengundang kantuk.

* Pola makan 3 kali sehari tetap bisa dilakukan dengan makan makanan ringan, seperti roti, puding, atau makanan kecil setelah shalat tarawih atau sekitar pukul 9 malam.

* Perbanyak minum air putih di malam hari.

sumber: kompas.com

tips puasa, tips puasa sehat, tips puasa ibu hamil, cara berpuasa ibu hamil, program kehamilan, tetap sehat segar bugar berpuasa sedang hamil, bolehkah puasa ketika sedang hamil

PELUANG USAHA LEBARAN BISNIS PUASA RAMADHAN Terbaru Busana Muslim Usaha Grosir dan Bisnis Eceran

PELUANG USAHA RAMADHAN DAN BISNIS LEBARAN Menjanjikan Info peluang usaha puasa ramadhan dan bisnis lebaran ini semoga membuka wawasan sahabat Rumah Islami. Memanfaatkan peluang bisnis selama puasa Ramadhan terutama bisnis baju busana muslim Insya Allah akan membawa berkah dan kemudahan. Kenaikan permintaan baju muslim selama periode awal puasa Ramadhan dan menjelang lebaran menjadi peluang usaha busana muslim yang tepat untuk dilirik dan ditekuni. Tentunya diharapkan dapat dijadikan sandaran hidup dalam jangka panjang.

Lebaran ternyata menyimpan peluang bisnis menggiurkan. Jika jeli, Anda bisa meraup untung dari momen ini. Busana muslim, misalnya, pasti banyak dicari orang. Bahkan, perempuan yang biasanya tak berbusana muslim, kali ini membutuhkannya untuk bersilaturahmi.

Sebelum memulai bisnis busana muslim, jilbab, atau mukena saat Lebaran, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Peluang Usaha Lebaran dan Peluang Bisnis Ramadhan Terbaru Bisnis Busana Muslim

Grosir atau eceran
Kalau memiliki modal cukup besar, Anda bisa menjadi penjual grosir. Penjual grosir adalah orang pertama yang membeli barang dari produsen untuk dijual kembali dalam jumlah banyak. Anda bisa mendapatkan harga sangat murah karena langsung membelinya dari penjual.

Tetapi tentunya ada aturan yang harus diperhatikan. Jika ingin barang cepat laku dan habis, sebaiknya Anda tidak menjualnya dengan harga terlalu tinggi. Keuntungan pun hanya sekitar 10-15 persen. Namun jika modal yang Anda miliki jumlahnya terbatas, jadilah penjual eceran. Anda bisa membeli langsung barang dalam jumlah kodian (1 kodi, 20 potong). Selain hitungan per satuannya lebih murah, Anda juga dapat mengambil keuntungan sekitar 30-100 persen, tergantung pada kualitas barang yang Anda jual.

Pembeli
Menentukan pembeli dan harga juga merupakan hal yang harus dipikirkan. Apakah Anda hanya fokus menjual mukena, jilbab, baju muslim dewasa, atau termasuk baju muslim anak-anak? Lalu apakah hanya untuk perempuan atau juga laki-laki? Jangan sampai melewatkan hal-hal ini karena akan berpengaruh pada modal dan juga waktu Anda yang sangat terbatas.

Tren mode
Sebagai pembeli dan penjual, Anda harus jeli memahami tren. Bukalah mata dan perhatikan apa yang sedang dibicarakan orang-orang di sekeliling Anda, apalagi kalau sudah menyangkut pakaian. Pakaian merupakan produk yang desainnya selalu berubah. Jangan sampai barang yang Anda jual sudah ketinggalan zaman.

Kulakan dan sentra
Sebagai penjual, Anda harus tahu tempat mendapatkan barang berkualitas dengan harga murah. Anda bisa langsung datang ke sentra pakaian murah dan terkenal sebagai sentra busana muslim
. Jika mau mencoba peluang usaha ini, cobalah berkunjung ke tempat-tempat tersebut untuk memilih model dan harga sesuai kebutuhan.

Tempat belanja
Bila ingin membeli produk-produk terbaru dan modern busana muslim (gamis, jilbab, mukena, koko), kunjungi Busana Rumah Islami yang menjual barang-barang itu dengan harga miring. Selamat Berbisnis!

sumber: kompas.com



peluang usaha, peluang bisnis ramadhan, peluang usaha lebaran dan puasa, peluang bisnis lebaran terbaru, peluang-peluang usaha terbaru, usaha dan bisnis menjelang lebaran

Kamis

KEINDAHAN ARSITEKTUR ISLAM DESAIN INTERIOR Masjid Biru Turki Yang Menawan

FOTO KEINDAHAN ARSITEKTUR ISLAM GAMBAR DESAIN INTERIOR ISLAM - Masjid Biru Turki Yang Menawan Keindahan Arsitektur Islam Desain Interior Masjid Modern.

Breathtaking! Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan keindahan interior Masjid Sultan Ahmed. Masjid ini terletak di Istanbul, Turki. Asha Gill, pembawa acara Lonely Planet Six Degree di Discovery Channel berkomentar spontan "This is insanely beautiful!" dalam salah satu episode acara itu, ketika ia berkunjung ke dalam masjid tersebut.

Interior masjid dihiasi lebih dari 20.000 handmade keramik dengan lebih dari 50 desain yang berbeda. Keramik ini berasal dari Iznik, daerah penghasil keramik kelas satu di Turki. Keramik ini didominasi warna biru, sehingga masjid ini mendapat julukan Blue Mosque.

Terdapat pilar-pilar marmer dan lebih dari 200 jendela kaca patri dengan berbagai desain yang memancarkan cahaya dari luar dengan dibantu chandeliers. Dalam chandeliers diletakkan telur burung unta untuk mencegah laba-laba membuat sarang di situ. Dekorasi lainnya adalah kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an yang sebagian besar dibuat oleh Seyyid Kasim Gubari, salah satu kaligrafer terbaik pada masa itu.

Elemen penting dalam masjid ini adalah mihrab yang terbuat dari marmer yang dipahat dengan hiasan stalaktit dan panel incritive dobel di atasnya. Tembok di sekitarnya dipenuhi dengan keramik. Masjid ini di desain agar dalam kondisi yang paling penuh sekalipun, semua yang ada di masjid tetap dapat melihat dan mendengar Imam.

Masjid Sultan Ahmed dibangun pada tahun 1609 sampai 1616, pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I pada masa kerajaaan Ottoman. Perancang masjid ini adalah arsitek kerajaan Sedefhar Mehmet Aga yang merupakan murid dari arsitek terkenal Sinan. Orang Turki menyebut masjid ini sebagai Sultan Amed Camii (baca jamii, sebutan untuk masjid besar).

Bagian luar masjid terbentang halaman luas yang dikelilingi tembok serta bangunan kecil berbentuk lingkaran beserta beberapa pancuran, tempat berwudhu. Sayangnya tak ada pemisah antara tempat wudhu pria dan wanita. Semua dipersilakan berwudhu di bangunan kecil yang cantik tersebut.

Masjid ini adalah satu dari dua buah masjid di Turki yang mempunyai enam menara, yang satu lagi berada di Adana. Kabarnya, akibat jumlah menara yang sama dengan Masjidil Haram di Mekah saat itu, Sultan Ahmad mendapat kritikan tajam sehingga akhirnya beliau menyumbangkan biaya pembuatan menara ketujuh untuk masjidil Haram.

Yang menarik, sebuah rantai besi yang berat dipasang di atas pintu gerbang masjid sebelah barat. Di masa lalu, hanya Sultan yang boleh memasuki halaman masjid dengan mengendarai kuda, dan rantai ini dipasang agar Sultan menundukkan kepalanya saat melintas masuk agar tidak terantuk rantai tersebut. Ini dimaksudkan sebagai simbol kerendahan hati penguasa di hadapan kekuasaan Ilahi.

Selain pemandangan yang indah, Istanbul memang dipenuhi bangunan cantik bersejarah. Tidak jauh dari masjid biru, terdapat museum Aya Sofia. Selain terkenal dengan keindahan arsitekturnya, Aya Sofia sangat unik karena sejarahnya, yaitu pertama dibangun sebagai katedral (pada masa Konstantinopel), lalu diubah menjadi masjid selama 500 tahun dan sejak pemerintahan sekuler Republik Turki menjadi museum sampai saat ini. Belum lagi istana Topkapi yang menyimpan beberapa peninggalan Rasulullah. Insya Allah kita akan 'berkunjung' ke tempat-tempat tersebut dalam edisi berikutnya.

Tips berkunjung ke Masjid Biru, Turki


Untuk ke Turki, perhatikan syarat untuk mengambil visa, yaitu paspor dengan validasi minimal 1 tahun. Khusus bagi pemakai paspor Indonesia, jangan lupa mengurus formulir khusus di kedutaan Turki. Formulir juga bisa diperoleh di http://www.mfa.gov.tr/NR/rdonlyres/2B2FAC38-GCEA-4B5C-B4E1-0615B2C9D4FD/0/visaform.com

Usahakan untuk mengunjungi masjid di pagi hari, saat belum banyak orang yang datang sehingga tidak perlu menunggu dalam antrian untuk masuk masjid. Masjid akan ditutup untuk umum pada saat-saat waktu sholat, lima kali sehari, masing-masing sepanjang 90 menit.

Berpakaian sopan dan tertutup. Meski begitu, bagi yang berpakaian terbuka disediakan penutup oleh pengurus masjid.

Membawa tas/plastik untuk membawa alas kaki yang harus dibuka ketika memasuki masjid (pengurus masjid juga menyediakan tas plastik).

Hotel

Jika singgah ke Turki, dan ingin menyambangi Masijd Biru, boleh juga memilih sejumlah hotel yang terletak tak jauh dari lokasi wisata tersebut. Berikut ini ALiF memilihkan yang family friendly:
1. Armagrandi Spina Hotel
2. Best Western Acropol Hotel
3. Uyan Hotel
4. Megara Boutique Hotel
5. 7 Hills Hotel

sumber: detik.com

Rabu

SISTEM KALENDER HIJRIAH MASEHI Penanggalan Kalender Bulan Vs Matahari

PERBANDINGAN SISTEM KALENDER HIJRIAH dan MASEHI Penanggalan Kalender Bulan Vs Matahari Berikut artikel yang mengupas tentang perbandingan antara sistem kalender hijriah dan masehi serta penjelasan ilmiah penanggalan (kalender) bulan dan matahari. Hal terkait dengan penentuan 1 Ramadhan menyambut awal puasa ramadan. Jangan lupa dibaca juga ya sahabat Rumah Islami artikel kesehatan tentang manfaat puasa bagi penderita maag.

Dari tahun ke tahun, awal bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri selalu maju rata-rata 11 hari dari tahun sebelumnya. Tahun 2009, awal Ramadhan jatuh tanggal 22 Agustus dan Ramadhan tahun ini dimulai 11 Agustus. Tahun depan, 1 Ramadhan diperkirakan bertepatan dengan tanggal 1 Agustus.

Sistem penanggalan pada kalender Hijriah didasarkan pada perubahan fase Bulan, dari bulan penampakan hilal atau bulan sabit tipis ke hilal berikutnya. Satu periode hilal sama dengan satu periode sinodis Bulan, lamanya 29,5306 hari.

Berbeda dari kalender Masehi yang digunakan di seluruh dunia untuk kepentingan administrasi, kalender Bulan umumnya digunakan untuk keperluan ritual agama dan tradisi. Kedua kalender, satu tahun sama-sama terdiri dari 12 bulan. Satu tahun Hijriah memiliki 12 periode sinodis Bulan atau 354,366 hari. Dibulatkan jadi 354 hari atau 355 hari untuk tahun kabisat.

Kalender Masehi didasarkan atas peredaran Bumi mengelilingi Matahari dari satu titik tertentu yang disebut solstis atau equinox kembali ke titik itu. Lama perjalanan Bumi mengelilingi Matahari 365,2422 hari—disebut satu tahun tropis, dibulatkan menjadi 365 hari atau 366 hari untuk tahun kabisat.

Perbedaan jumlah hari dalam satu tahun Hijriah dan Masehi
menyebabkan pelaksanaan ibadah Ramadhan, perayaan Idul Fitri, dan Idul Adha selalu maju 10-12 hari dari tahun sebelumnya. Selisih 10 hari lebih maju terjadi jika tahun kalender Hijriah adalah tahun kabisat dan tahun Masehi-nya adalah tahun biasa atau tahun basit (pendek). Sedangkan selisih maju 12 hari terjadi jika tahun Hijriah-nya tahun biasa dan tahun Masehi-nya termasuk tahun kabisat.

Sederhana

Menurut peneliti Observatorium Bosscha dan pengajar Sistem Kalender pada Program Pascasarjana Astronomi Institut Teknologi Bandung, Moedji Raharto, saat dihubungi dari Jakarta, sistem penanggalan Bulan banyak dipakai karena konsisten dan teratur. Fase Bulan terjadi berulang: bulan baru-bulan sabit muda-bulan separuh awal-bulan purnama-bulan separuh akhir-bulan sabit tua-bulan mati dan kembali ke bulan baru secara periodik. ”Perubahan wajah Bulan secara teratur di langit malam itu dicatat nenek moyang kita dan terciptalah penanggalan Bulan,” katanya.

Sistem penanggalan memakai Bulan sebagai acuan disebut penanggalan Bulan (lunar/qamariyah). Kalender Jepang juga menggunakan periodisitas penampakan Bulan.

Penanggalan yang menggunakan Matahari sebagai patokan, yaitu kalender Masehi atau kalender Kristiani atau penanggalan Matahari (Solar/Syamsiyah). Sedangkan kalender China dan Yahudi memadukan sistem penanggalan Matahari dan Bulan secara bersama-sama atau menggunakan sistem penanggalan Matahari-Bulan (Luni-Solar).

Kalender Bulan lebih sederhana dibandingkan kalender Matahari. Sebelum ditetapkan sebagai kalender Hijriah, masyarakat Arab dan umat Islam di masa Nabi Muhammad telah menggunakan sistem ini, tetapi belum dibakukan.

Baru pada masa Khalifah Umar bin Khattab, sistem penanggalan itu dibakukan. Titik awal yang dipakai adalah masa hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah, bertepatan dengan tahun 622 Masehi. Karena itu, tahun kalender Islam disebut tahun Hijriah.

Kalender Masehi

Kalender Masehi dikembangkan dari sistem kalender Julian pada masa Julius Caesar—tahun 45 sebelum Masehi. Dalam kalender ini, satu tahun tepat 365,25 hari, dibulatkan menjadi 365 hari. Empat tahun sekali jumlah hari menjadi 366 hari—disebut tahun kabisat.

Maju satu hari

Namun, panjang satu tahun tropis sebenarnya adalah 365,2422 hari. Akibatnya, setiap 128 tahun kalender Julian maju satu hari dari seharusnya. Hal itu berakibat pada mundurnya waktu Paskah. Sesuai ketentuan, Paskah jatuh hari Minggu pertama setelah bulan purnama pertama sesudah Matahari ada di titik vernal equinox—titik musim semi—pada 21 Maret.

Untuk mengatasi itu, titik musim semi harus dikembalikan agar tepat pada 21 Maret. Maka, perlu dilakukan pengurangan hari pada kalender Masehi. Pada 1582 dilakukanlah koreksi. Dengan mengacu ke Konsili Nicaea yang menetapkan titik musim semi pada 21 Maret 325, maka untuk mengembalikan 21 Maret 1582 tepat pada titik musim semi, jumlah hari pada tahun itu harus dipangkas 10 hari. Akibatnya, sesudah tanggal 4 Oktober 1582 langsung melompat ke tanggal 15 Oktober 1582. Artinya, tanggal 5-14 Oktober 1582 tidak pernah ada.

Koreksi juga dilakukan terhadap panjang satu tahun tropis kalender Julian. Perbaikan itu diajukan ahli fisika asal Naples, Aloysius Lilius, dengan menggunakan panjang satu periode tahun tropis adalah 365,2425 hari.

Perbaikan juga dilakukan pada tahun kabisat, yaitu tahun yang habis dibagi empat dan tahun yang habis dibagi 400. Tetapi, tahun yang habis dibagi 100 tidak disebut tahun kabisat.

Sistem ini diadopsi Paus Gregorius XIII. Karena itulah sistem penanggalan itu disebut sebagai sistem kalender Gregorian—yang kini paling banyak digunakan untuk kepentingan administrasi publik di seluruh dunia hingga kini.

Bisa disatukan

Guru Besar Riset Bidang Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, yang juga anggota Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama, Thomas Djamaluddin mengatakan, sebuah sistem kalender akan bisa diterima publik jika memenuhi tiga faktor, yaitu kriteria yang digunakan dalam penanggalan, wilayah keberlakuan kalender, serta ada otoritas yang menetapkan kalender tersebut.

Di Indonesia, faktor wilayah sudah disepakati dan pihak yang berwenang adalah Kementerian Agama. Namun, kriteria awal bulan masih berbeda antara pendapat Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan pemerintah.

Muhammadiyah memakai kriteria wujudul hilal, NU menggunakan kriteria tinggi hilal minimal dua derajat di atas ufuk, sedangkan Kementerian Agama menggunakan kriteria MABIMS, yaitu ketinggian hilal minimal 2 derajat, jarak Matahari dan Bulan minimal 3 derajat, dan umur hilal minimal 8 jam.

”Metode hisab dan rukyat sebenarnya bisa digabungkan,” tegasnya. Dia mengusulkan Kriteria hisab-rukyat Indonesia, yaitu hilal dapat teramati jika ketinggian minimum hilal 4 derajat dan jarak minimal Bulan dari Matahari adalah 6,4 derajat.

Kriteria itu didapat berdasar data hisab dan rukyat Indonesia dan internasional yang dipadukan dengan pengamatan astronomi—selama ini hilal sulit diamati jika di bawah 4 derajat dan jaraknya terlalu dekat dengan Matahari. Kriteria usulan itu sudah memasukkan kemungkinan cahaya hilal yang redup yang bisa kalah oleh hamburan sinar matahari di atmosfer bumi.

oleh: Oleh M Zaid Wahyudi (kompas.com)

Sistem Penanggalan Bulan (Hijriah) dan Kalender Matahari (Masehi)

Selasa

SAMBUT RAMADHAN 1431H TAHUN 2010 Hikmah dan Berkah Ramadhan Dalam Kehidupan Manusia

MARHABAN YA RAMADHAN Menyambut Puasa 2010 Berpuasa Ramadhan 1431H Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1431 Hijriah berpuasa di tahun 2010 ini saya sajikan artikel menarik dan menyentuh seputar hikmah Ramadhan dan kisi-kisi kehidupan yang mewarnai bulan suci yang penuh berkah dan ampunan ini. Betapa berpuasa penuh dengan manfaat dan hikmah, salah satunya adalah puasa sebagai penyembuh sakit maag dan tentu saja berbagai macam penyakit lainnya ya.

Semoga Allah SWT memberikan kesehatan, kekuatan dan niat yang teguh kepada kita agar dapat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, sehingga kesempatan langka satu tahun sekali ini dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai ladang pahala dan penghapus dosa.

Marhaban Ya Ramadhan.

Aneka Cara Menyapa Ramadhan

Dalam hitungan hari, kita segera memasuki pelataran universitas Ramadhan. Suka atau tidak, sebagai hamba-Nya yang beriman, kita akan masuk dan mengikuti semua proses pendidikan di dalamnya. Sebuah unit pendidikan Rabbani yang akan melahirkan para wisudawan terbaik dengan gelar al-Muttaqin (bertakwa). "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa." (QS Albaqarah [2]: 183).

Abdullah bin Ash-Shamit meriwayatkan bahwa ketika Ramadhan datang, Rasulullah SAW mengingatkan, "Jika Ramadhan telah tiba maka terbukalah pintu-pintu surga, tertutup pintu-pintu neraka. Bulan penuh berkah itu telah datang kepadamu. Pada bulan itu, Allah melimpahkan (karunia-Nya) kepadamu. Dia menurunkan rahmat, menghapuskan kesalahan-kesalahan dan mengabulkan doa. Allah akan melipatgandakan semua kebaikanmu di bulan itu dan akan membanggakanmu di hadapan para malaikat. Maka tampilkanlah dari diri kamu yang baik-baik. Karena orang yang malang adalah orang yang tidak mendapatkan rahmat Allah pada bulan itu." (HR Ath-Thabrani).

Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Kita bisa lihat, para insan media--baik cetak maupun elektronik--terguyur keberkahan Ramadhan, dengan pariwara komersialnya. Penggiat entertainment kebanjiran manggung dan peran. Para ustaz banyak menerima panggilan ceramah.

Pekerja, karyawan, dan buruh, akan mendapatkan bonus, THR, dan lain sebagainya. Jika berkaca dari hadis ini, Ramadhan ingin menaburkan keberkahan bagi para penyambutnya.

Ramadhan berarti pembakaran dan peleburan. Yang biasa dibakar adalah sesuatu yang kotor, misalnya sampah. Sampah yang berserak, bertumpuk, dan mengeluarkan aroma tak sedap. Jika sampah dibakar, pelataran rumah kita, insya Allah akan kembali bersih.

Namun, ada juga yang biasa kita bakar dan bukan sesuatu yang kotor, seperti besi. Besi ketika dibakar, oleh seorang pandai besi, akan sangat mudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Ia bisa dijadikan bahan untuk sepeda, motor, mobil, atau pesawat.

Karena itu, Ramadhan yang akan kita jelang, semoga bisa menjadi alat untuk membakar dan meleburkan segala kotoran dosa dan maksiat, agar pekarangan hati kita menjadi bersih. Kemudian, kita bentuk agar hati itu menjadi semakin dekat dengan Allah SWT.

Ingatlah, ketika detik-detik Ramadhan tahun lalu akan berakhir, para malaikat bersedih dan meminta supaya satu tahun semua bulannya adalah Ramadhan. Kini, ketika Ramadhan kembali menyapa, tentu mereka, para malaikat dan semesta alam akan merasa haru dan bahagia menyambutnya. Maka itu, bersama gerak alam dan semesta yang berzikir, kita bentangkan tangan seraya menyiapkan diri dan menata hati untuk menyambut kehadirannya. Marhaban ya Ramadhan.

Oleh Muhammad Arifin Ilham (republika.co.di)

Jumat

RESEP MENU MAKANAN SAHUR - BUKA PUASA Masakan Berbuka Resep Daging Sapi Cabai Hijau

ANEKA MENU MAKANAN SAHUR BUKA PUASA Masakan Berbuka Resep Sapi Cabai Hijau Belum puas dengan resep makanan buka puasa dan aneka menu masakan ringan untuk sahur dan berbuka di bulan ramadhan yang sebelumnya sudah disajikan Rumah Islami? Bila jawabannya iya, maka berikut ini saya tambahkan resep baru dalam menu hidangan puasa Ramadhan terbaru buat sahabat semua. Sangat enak disajikan saat buka puasa dan waktu sahur ramadan.

Resep ini cukup menggugah selera karena ada rasa pedasnya. Kalau disantap saat sahur bisa bikin mata melek dan kalau dimakan sewaktu berbuka bawaannya pingin tambah nasi melulu :)

Nah silahkan dicoba ya dan semoga dapat menambah daftar resep menu masakan dan hidangan untuk sahur dan buka puasa sahabat.

Resep Makanan Berbuka dan Menu Masakan Buka Sahur Ramadhan - Daging Sapi Cabai Hijau

DAGING sapi, selalu menarik dibuat menjadi beragam masakan. Salah satunya, daging sapi cabai hijau.

Bahan:

Daging sapi has/lulur 300 gr, iris tipis
Cabai hijau 2 buah, iris tipis
Bawang bombay 50 gr, iris tipis
Bawang merah 1 buah, iris
Daun bawang 1 buah, iris
Tepung terigu 2 sdm

Bumbu:

Bawang putih 1 siung, memarkan
Kecap jamur 1 sdm
Kecap asin ½ sdm
Kecap ikan 1 sdm
Saus Tomat 1 sdm
Gula pasir ½ sdt
Garam dan lada secukupnya

Pelengkap:

Larutkan tepung sagu ½ gelas (tepung sagu ½ sdm+air ½ gelas)
Daun ketumbar 2 helai, bersihkan

Cara membuat:

1. Bubuhi irisan daging sapi dengan garam dan lada, taburi tepung terigu. Rebus sebentar, tiriskan.
2. Tumis sisa bahan bersama bumbu, aduk sebentar. Tuangkan larutan sagu.
3. Hidangkan bersama daun ketumbar.

(Resep disarikan dari Chinese Food Populer oleh Henky Runtuwene)

sumber artikel: okezone.com

Kumpulan Aneka Resep Menu Makanan Ringan Buka Puasa.

kumpulan resep menu masakan buka sahur puasa, aneka resep menu makanan buka dan sahur puasa ramadhan terbaru

Rabu

RAMADHAN 2010 Jadwal Puasa Ramadhan 2010 1431H Pedoman Waktu Berpuasa dan Sahur

Bulan Ramadhan 2010 Jadwal Puasa 1431H Ramadhan Tahu 2010 Menyambut Ramadhan 2010 pasti diperlukan Jadwal Puasa Ramadhan 1431H sebagai pedoman waktu berpuasa dan sahur tahun 2010. Walapun penetapan kapan tanggal awal puasa 1 syawal 1431 Hijriah versi pemerintah belum diketahui namun kemungkinan besar tidak berbeda dengan jadwal puasa 2010 berdasarkan kalender.

Bagi sahabat ada yang belum punya jadwal puasa 2010 ramadhan 1431 H untuk wilayah Jakarta Bandung Surabaya Medan Palembang Samarinda Jogja dan Seluruh Kota Indonesia, file free downloadnya sebelumnya sudah pernah saya posting ya. Gratis lho! Kalau tidak salah format unduh Jadwal Puasa Ramadhan 2010 tersebut dalam format pdf atau xls. Mohon dicek aja ya.

Saya sempat mampir di blog atau website sahabat lainnya yang memberikan info Ramadan 2010 beserta jadwal puasa imsyakiyah yang bisa diunduh gratis. Ternyata beberapa di antaranya juga memberikan jadwal puasa-ramadan yang cukup lengkap lho! Jadi bila ada daerah yang belum tersedia waktu dan jam puasa secara komplit di Rumah Islami, baik untuk Sumatera Kalimantan Jawa Tengah Jawa Timur Jawa Barat Sulawesi Ambon Nusa Tenggara dan Papua, silahkan dikunjungi ya. Jangan sampai waktu sahur dan berpuasa tahun 2010 merujuk ke jadual yang salah :)

Sekedar mengingatkan, di bulan suci Ramadhan banyak sekali rintangan dan tantangan puasa, baik secara fisik maupun mental. Oleh karena itu yuk kita benahi diri dan lebih fokus dalam melakukan persiapan menyambut puasa ramadhan agar saat berpuasa badan bugar dan prima serta jiwa tetap kukuh berniat menjalankan kewajiban agama.

Insya Allah kedepannya saya akan informasikan lebih lengkap dan komplit info Puasa Bulan Ramadhan 2010 dan Jadwal Puasa Imsakiyah 1431H.

Senin

RINTANGAN PUASA RAMADHAN Tantangan Berpuasa Di Udara Panas Padang Pasir

Selamat Puasa Ramadhan 2010 1431H Mohon Maaf Lahir dan Batin Busana Muslim Rumah Islami Setelah membaca artikel ini pastilah sahabat akan merasa betapa rintangan dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan di tanah air tidaklah sebanding dengan tantangan dan hambatan dalam berpuasa di cuaca panas padang pasir. Terbayang rasa haus yang luar biasa ya!

Memang yang namanya cobaan berpuasa tidak hanya udara panas saja ya. Yang jelas, apapun kondisinya Insya Allah nilai ibadah puasanya akan semakin bertambah, dengan syarat kita mampu menahan segala godaan dan kembali kepada niat untuk menjalankan kewajiban sebagai umat muslim yang taat dan patuh pada perintah agama.

Marhaban Ya Ramadhan!

Berpuasa di Gurun Pasir

Menjalankan ibadah Ramadhan di negara Timur Tengah tak jauh berbeda dengan berpuasa di Indonesia. Meskipun keadaan di sana lebih mendukung bagi orang-orang Muslim untuk berpuasa, tetapi ternyata banyak juga rintangan yang dihadapi.

Hal itulah yang dirasakan Giftan Febrian Pribadi, pria berusia 24 tahun yang kini bekerja di Arab Saudi. ''Saya benar-benar merasakan bahwa berpuasa di Saudi itu berat,'' kata alumnus UPN V Yogyakarta jurusan Teknik Perminyakan itu.

Cuaca, menurut dia, merupakan rintangan paling utama di sana. Dalam dua tahun terakhir tinggal di negara kaya minyak itu, bulan Ramadhan selalu jatuh pada musim panas. Kondisi ini tentu lebih berat mengingat musim panas tidak pernah dijumpai di Indonesia.

Tradisi atau kegiatan-kegiatan, seperti takjilan menjelang berbuka di masjid-masjid di Arab Saudi juga tidak ditemukan. ''Kegiatannya tidak semeriah di Indonesia, di sini hanya ada semacam kegiatan singkat (halaqah),'' ujar pria yang bermukim di Kota Al-Khobar, Arab Saudi.

Tantangan lainnya, menurut dia, berkaitan dengan aktivitas pekerjaannya di Arab Saudi. Giftan yang bekerja di perusahaan Schlumberger, hampir sepanjang tahun menghabiskan waktu di gurun. Di sini, selain cuaca lebih panas, ia juga tidak bisa menjalankan shalat Tarawih di masjid, seperti layaknya orang yang tinggal di kota-kota.

Namun demikian, ia bersyukur karena dari pengalaman yang sudah-sudah, ia bisa khusyuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, meskipun banyak tantangan. ''Di Saudi, tidak ada hiburan seperti ngabuburit atau cuci mata sebelum berbuka puasa. Televisi di sini juga tidak menayangkan sinetron ataupun musik-musik yang mengumbar syahwat.''

Kekhusyukan berpuasa, lanjut dia, akan semakin terjaga karena kita sama sekali tidak menemukan orang non-Muslim yang tinggal di Arab Saudi makan sembarangan. Di negara ini, meski tidak berpuasa, tidak boleh makan di tempat umum. ''Kalau melanggar mereka akan ditangkap. Begitu juga pasangan bukan muhrim yang berjalan beriringan, bisa-bisa mereka dijebloskan ke penjara,'' tutur pemuda asal Yogyakarta itu.

Pengalaman serupa juga dialami oleh Kiki Sungkono. Wanita asal Jakarta yang bekerja sebagai pelayan restoran di Hotel Kempinski di Dubai, Uni Emirat Arab. Ia mengaku sulit bergaul dengan para penduduk lokal di Dubai karena mereka suka menjaga jarak dengan komunitas pendatang. Hal itulah yang membuatnya sangat jarang keluar ke masjid untuk menjalankan shalat Tarawih.

Kiki tinggal di sebuah flat di Kota Jabal Ali. Ia sekamar dengan para pelayan restoran lain dari berbagai negara, seperti Vietnam, Myanmar, dan Filipina. Bersyukur di flat ini tersedia mushala. ''Di tempat inilah biasanya kami melaksanakan Tarawih,'' ujarnya.

Menurut dia, orang-orang arab di Dubai kurang bersahabat meskipun dalam suasana bulan suci Ramadhan
. Mereka suka berbicara kepada para pendatang dengan suara keras.

Namun demikian, satu hal positif bergaul dengan warga setempat, yakni suka mengingatkan orang lain dalam hal menjalankan ibadah. Setiap adzan tiba, semua kegiatan harus dihentikan. Jika ada suara musik, harus dimatikan.

sumber: republika.co.id

rintangan berpuasa tantangan dan hambatan selama puasa ramadhan
Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...