Sabtu

MANFAAT PUASA SAKIT MAAG ASAM LAMBUNG Puasa Dapat Menyembuhkan Penyakit Maag

DAMPAK POSITIF Puasa Manfaat Berpuasa Penderita Sakit Maag atau Asam Lambung Manfaat puasa untuk kesehatan memang banyak sekali ya. Yang cukup mengherankan ternyata puasa berdampak positif bagi penderita asam lambung dan dapat menyembuhkan sakit maag. Silahkan dibaca juga artikel tentang manfaat puasa membantu proses detoksinasi racun tubuh.

Penderita maag kadang penyakitnya kambuh jika telat makan. Kondisi ini kadang membuat penderitanya kesulitan berpuasa karena selama puasa tidak ada makanan dan minuman yang masuk selama 14 jam tersebut.

Baca selengkapnya ya kegunaan puasa sebagai penyembuh sakit maag asam lambung akut.

Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM menulis, penelitian yang dilakukan memang menunjukkan bahwa pada minggu pertama puasa orang normal akan mengalami peningkatan asam lambung setelah siang hari dan kadang-kadang keadaan ini menimbulkan rasa perih.

Tetapi penelitian menunjukkan kondisi ini akan stabil setelah minggu kedua dan naik turun asam lambung akan kembali normal 1 minggu paska puasa Ramadan. Adanya peningkatan asam lambung ini tidak akan merusak dinding lambung.

Oleh karena itu bagi masyarakat yang mamang tidak mempunyai masalah dengan sakit maagnya, puasa Ramadan tidak akan membuat lambungnya menjadi sakit dan sebaliknya secara keseluruhan tubuhnya akan menjadi sehat.

Tapi bagaimana dengan orang yang punya masalah dengan maagnya? "Justru kepada mereka dianjurkan untuk berpuasa karena puasa akan menyembuhkan sakit maagnya
," kata Dr Ari seperti dikutip dalam rilisnya.

Penjelasannya seperti ini. Sebagian besar sakit maag yang ada dimasyarakat adalah sakit maag fungsional yaitu pada pemeriksaan endoskopi tidak ditemukan kelainan yang bermakna pada saluran cerna atas.

Sakit maag fungsional ini terjadi karena makan yang tidak teratur, konsumsi camilan untuk lambung yang tidak sehat seperti makan yang mengandung coklat dan keju serta makanan yang mengandung minyak, konsumsi kopi dan minuman bersoda sepanjang hari, merokok dan hidup dengan stres.

Pada kelompok yang sakit maag organik yaitu adanya luka dalam dikerongkongan, lambung dan usus dua belas jari juga tetap dianjurkan berpuasa tetapi tetap dengan minum obat. Karena tahapan awal dalam mengobati sakit maag adalah keteraturan makan, menghindari camilan dan makanan yang mengandung coklat, keju dan lemak serta menghindari stress melalui pengendalian diri.

"Hal ini bisa terwujud kalau kita menjalani puasa Ramadhan. Selama berpuasa makan kita menjadi teratur pada saat sahur dan berbuka. Hal ini susah kita lakoni jika kita tidak berpuasa karena kesibukan dan juga kemacetan dijalan sehingga waktu kita banyak habis dijalanan sehingga sering akhirnya makan kita menjadi tidak teratur. Kebiasaan camilan yang tidak sehat serta bagi yang merokok pasti akan mengurangi kebiasaan yang tidak sehatnya ini kalau mereka berpuasa," tutur Dr Ari dalam tulisannya.

Untuk menghindari rasa tidak nyaman yang tidak berlebihan penderita maagnya dianjurkan untuk mengkonsumsi obat penekan asam lambung seperti obat antagonis reseptor H2 (ranitidine,famotidine, simetidine,nizatidine) atau penghambat pompa proton (omeprazole,lansoprazole, rabeprazole, esomeprazole,pantoprazole).

Sedang obat-obatan seperti antasida yang saat ini dipromosi secara luas baik melalui media cetak dan media elektronik bukan obat yang mencegah agar tidak terkena sakit maag. Obat antasida hanya untuk menghilangkan gejala saja dan kerjanya hanya 6-8 jam, sehingga sebenarnya penggunaannya tidak bersifat umum hanya untuk menghilangkan gejala gangguan lambung yang timbul.

Namun jika pasien sakit maag yang sedang mengalami perdarahan lambung dengan gejala muntah darah atau buang air besar hitam, muntah berulang dan setiap makan muntah memang tidak diperbolehkan puasa. Bahka mereka harus dirawat di rumah sakit untuk mengatasi gangguan sakit maagnya tersebut. Pasien dengan kanker saluran cerna juga tidak dianjurkan untuk berpuasa.

"Jadi jelas kalau karena takut sakitnya maagnya kambuh kalau berpuasa merupakan alasan-alasan yang dicari-cari agar tidak berpuasa," ungkap dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan,FKUI-RSCM

sumber: detikhealth.com

manfaat puasa, dampak positif puasa untuk kesehatan, bolehkah puasa bila sakit maag, berpuasa sembukan penyakit maag asam lambung, obat manjur penderita sakit maag, puasa ramadhan

KUMPULAN Aneka RESEP KUE LEBARAN Kering Basah Lengkap! Sambut Hari Idul Fitri

KUMPULAN Aneka RESEP KUE LEBARAN Kering Basah Lengkap Sambut Hari Idul Fitri 1435 H
Kumpulan Resep Kue Lebaran Sederhana Sambut Idul Fitri - Berikut ini saya sajikan kumpulan aneka resep kue Lebaran kering dan basah untuk melengkapi aneka menu bubur makanan buka puasa sahur dan resep menu masakan ringan makanan berbuka puasa Ramadhan.

Menyajikan kue kering saat Lebaran memang merupakan suatu tradisi untuk menghormati tamu dan sanak saudara yang berkunjung untuk bersilaturahmi dalam rangka saling maaf-memafaafkan.

Sambil ngobrol dan bersenda gurau menikmati hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa Ramadhan, tangan kiri dan kanan tak henti-hentinya mengambil kue dari topless dan langsung dinikmati bersama dengan minuman ringan. Bahkan sambil lihat kanan kiri tangan mengambil tisu dan setengah isi topless berpindah ke saku celana :)

Mudah-mudahan menyambut Hari Idul Fitri semakin bertambah keceriaan dan kegembiraannya dengan sajian lengkap komplit kumpulan resep kue kering basah untuk Lebaran dari Rumah Islami. 

 
Kumpulan Berbagai Macam Resep Kue Kering Lebaran Hari Idul FitriKue Putri Salju - aneka resep kue lebaran

Bahan:
175 gram margarin
3 kuning telur
100 gram keju edam parut
1/4 sendok teh garam
175 gram tepung terigu, ayak
30 gram tepung maizena

Untuk taburan
350 gram gula bubuk

Cara membuat Kue Putri Salju adalah sebagai berikut

1. Siapkan loyang pipih, olesi dengan margarin, sisihkan
2. Kocok margarin hingga mengembang, masukkan telur dan terus kocok hingga mengembang
3. Masukkan tepung terigu, maizena, aduk rata, tambahkan keju edam dan garam, aduk rata hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk..http://rumahislami.blogspot.com/
4. Ambil satu sendok teh adonan. bentuk bola, taruh di atas loyang, beri jarak
5. Panggang dalam oven dengan temperatur 160 derajat celcius selama 15 menit hingga matang
6. Dinginkan, taburi dan lumuri dengan gula bubuk, hingga seluruh bagian kue tertutup gula, simpan dalam stoples kedap udara.

Untuk 400 gram

Kue Kering Nastar Selai Nanas - kue kering lebaran lengkap komplit

Bahan:
tepung terigu 250 gram
tepung maizena 25 gram
susu bubuk 1 sendok makan
mentega 175 gram
gula halus 50 gram
telur 4 butir, 3 untuk adonan, dan 1 untuk olesan
cengkeh 50 gram, untuk hiasan

Bahan selai nanas:
nanas 1/2 buah, parut
gula pasir 100 gram
garam 1/2 sendok teh

cara membuat kue kering nastar selai nanas adalah sebagai berikut
1. Selai nanas = rebus nanas parut, gula pasir, kayu manis, dan garam hingga agak mengering, aduk hingga berbentuk selai.
2. Nastar = campur tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk lalu ayak. kocok mentega, gula halus, dan kuning telur hingga lembut
3. Campurkan semua adonan, aduk rata menggunakan spatula hingga adonan bisa dibentuk.
4. Ambil adonan, bentuk bulatan yang diisi selai nanas. hiasi atasnya dengan cengkeh lalu olesi dengan kuning telur
5. Letakkan di atas loyang yang sudah diolesi margarin secukupnya, panggang selama 25 menit.

makanan ini cukup untuk 33 buah.

Kue Kering Kenari Untuk Lebaran Idul Fitri
  Hati-hati bagi penderita asam urat ya jangan kebanyakan makan kue kering kenari.

Kue Kering Lidah Kucing - Macam Resep Kue Lebaran Kering Basah

Bahan Kue Kering Lidah Kucing:
250 gram margarin
150 gram gula halus
1/2 sendok teh vanili bubuk
250 gram tepung terigu
5 putih telur kocok hingga kaku
makanan ini cukup untuk 21 buah.

Cara membuatnya:
1. Panaskah oven dengan temperatur 160 derajat celcius dan loyang pipih atau loyang khusus lidah kucing, olesi dengan margarin, sisihkan
2. KOcok margarin bersama gula halus hingga lembut, masukkan vanili bubuk dan tepung terigu, aduk rata.
3. Campur adonan dengan putih telur yang telah dikocok kaku, aduk rata.
4. MAsukkan adonan ke dalam plastik segi tiga, potong ujungnya sedikit dan semprotkan kue ke loyang, panggang selama 15 menit hingga kecokelatan dan matang, angkat.
5. Dinginkan dan simpan dalam stoples kedap udara. http://rumahislami.blogspot.com/

Bidaran Keju Telur Gabus Keju - resep kue lebaran

Resep yang satu ini selalu di jadikan sajian hari raya, maupun sebagai cemilan harian. Rasanya yang asin bikin kita tidak pernah merasa bosan untuk memakan nya.
Oleh karena itu, Doyan Masak [DM ]menyajikan aneka Resep bidaran keju, baik yang berbahan dasar tepung terigu maupun tepung ketan, dan rasanyapun nikmat

Bahan:
-125 gr tepung tapioka
-2 butir telur ayam
-200 gram keju edam parut
-garam secukupnya
-minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
-kocok telur hinggb mengembang.
-masukkan tepung tapioka, aduk rata.
-tambahkan keju dan garam, aduk rata.
-pilin adonan, masukkan dalam minyak goreng dingin.
-panas kan minyak, goreng dg api sedang sambil sesekali di aduk hingga terapung dan kecoklatan.
-angkat, tiriskan.

Kue Bidaran karamel Kue Telur Gabus Karamel Kue Telur Belanak - Sajian kue lebaran

Bahan:
-4 butir telur
-300 gr tepung tapioka
-garam secukupnya
-1 sdm gula halus
-1/2 sdt air kapur sirih
-minyak utk menggoreng
-lapisan: 3 sdm gula pasir, 1 sdt gula merah sisir, 2 sdm air,

Cara Membuat:
-kocok telur hingga mengembang. Masukkan semua bahan, aduk rata.
-pilin adonan, masukkan dalam minyak goreng dingin.
-masak dg api sedang hingga adonan terapung. Angkat, tiriskan.
-campur semua bahan lapisan, masak hingga menidih dan dan benar2 kental.
-masukkan adonan telur gabus, aduk terus hingga adonan terlapisi seluruhnya. Angkat, sajikan.

Kue Bangkit Keju - Resep kue lebaran sederhana simple mudah

Bahan:
-100 gr blue band
-300 gr sagu tani
-50 gr gula halus
-1 butir kuning telur
-2 1/2 gr susu encer
-50 gr keju parut.

Cara membuat:
-kocok blue band dan gula halus.
-tambahkan kuning telur, aduk.
-tambahkan susu encer, aduk.
-tambahkan keju parut, aduk.
-tambahkan sagu tani, aduk.
-cetak, panggang.

Tips: agar lebih menarik, boleh di taburi keju diatasnya.

Kue Bangkit Susu untuk Hari Raya Idul Fitri

Bahan:
-4 gelas sagu
-1 gelas tepung terigu
-1 kaleng susu kental manis putih/coklat
-2 butir kuning telur
-3 sdm mentega
-1/2 sdt soda kue
-2 bungkus vanili

cara membuat:
-susu di kocok sampai cair.
-masukkan telur, mentega, vanili dan soda kue. Aduk rata.
-masukkan sagu dan tepung, aduk rata.
-cetak sesuai selera.
-panggang sampai matang dengan api sedang.

Kue Bawang Renyah - hidangan kue lezat halal Lebaran Idul Fitri

Bahan:
- 1000 gr tepung kanji/sagu
- 250 gr tepung terigu
- 6 batang seledri, iris halus
- 50 gr bawang merah, giling halus
- 100 gr bawang putih, giling halus
- 2 bungkus masako ayam
- 3 butir telur, kocok lepas
- 1 sendok makan garam halus
- 1 sendok teh penyedap rasa (ajinomoto)
- 700 ml air
- 3 sendok makan margarin/mentega

Cara Membuat:
- larutkan terigu dengan air, tambahkan seledri, bawang putih, bawang merah, masako, telur kocok, garam, penyedap rasa, dan margarin, masak pada api sedang hingga adonan mengental.
- pindahkan adonan terigu ke wajan, tambahkan sagu, adon hingga adonan kalis.
- ambil sedikit adonan, bulatkan dengan diameter ± 7 cm.
-giling adonan dengan menggunakan cetakan kue bawang (ampia)dengan ketebalan sesuai selera.
- potong adonan dengan panjang 5 cm.
- giling pada cetakan mie (kwetiau)
- goreng pada minyak panas hingga warna kuning kecoklatan, tiriskan, angkat.
- simpan pada wadah kering dan tertutup rapat (stoples)

tips: agar kue bawang bertambah lezatnya, pada adonan dapat ditambahkan 50 gram wijen yang telah disangrai.

Semoga kumpulan resep kue lebaran kue basah dan kering ini bermanfaat ya sahabat Rumah Islami.
Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...