Minggu

Tips Aman Mudik Lebaran 2009: Untuk Ibu Hamil Atau Wanita Hamil

Tips Aman Mudik Lebaran Ibu Hamil Baju Busana Muslim Murah
Tips aman mudik lebaran untuk ibu atau wanita hamil perlu diketahui agar tidak terjadi apa-apa saat melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum.

Mudik Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan seremoni tahunan yang boleh dikatakan wajib dilaksanakan setelah setahun penuh mencari nafkah di kota besar seperti Jakarta dan kesempatan untuk saling bersilaturahmi dan momen untuk menghapus segala dendam saling bermaaf-maafan.

Namun untuk ibu yang sedang memasuki proses kehamilan, perlu lebih waspada dan berhati-hati sebelum melakukan perjalanan

Mudah-mudahan tips berikut ini bermanfat ya. Jangan lupa baca persiapan menyambut Ramadhan di artikel sebelumnya :)

Tips aman mudik lebaran 2009 untuk ibu hamil wanita hamil

Mudik lebaran dengan pesawat terbang dengan aman


Perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang termasuk aman jika dilakukan pada usia kehamilan trimester pertama dan kedua, asalkan tidak ada komplikasi dengan kehamilannya. Trimester kedua kemungkinan merupakan waktu yang terbaik untuk melakukan perjalanan, karena perempuan sudah tidak terganggu dengan adanya morning sickness dan tidak akan menderita dengan perasaan tidak nyaman saat memasuki trimester ketiga.

Perjalanan dengan menggunakan pesawat yang kecil tidak akan bisa seaman dibandingkan dengan menggunakan pesawat besar. Beberapa maskapai penerbangan juga ada yang melarang perempuan yang sedang hamil untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang, karena takut ada kemungkinan melahirkan sebelum waktunya.

Setiap maskapai penerbangan memiliki peraturan tersendiri. Ada yang boleh melakukan perjalanan sampai usia kandungan 34 minggu untuk perjalanan domestik dan 32 minggu untuk perjalanan internasional, tapi ada juga maskapai yang mengharuskan penumpamg perempuan yang sedang hamil memiliki sertifikat dokter ketika usia kandungan 28-35 minggu, untuk perjalanan domestik maupun internasional.

Sebelum melakukan perjalanan mudik hari raya, sebaiknya memeriksakan kesehatan ibu dan kandungannya serta berkonsultasi dengan dokter kandungan apakah ada komplikasi dengan kandungannya atau tidak.

Perjalanan mudik aman dengan menggunakan mobil lebaran

Perjalanan panjang mudik saat hamil dengan menggunakan mobil termasuk aman. Tapi hal yang perlu diingat bahwa kehamilan bukan alasan untuk tidak memakai sabuk pengaman. Sabuk pengaman penting untuk menghindari ibu dan bayinya dari tabrakan dengan dashboard, airbags juga aman tapi sebaiknya memundurkan bangku agak jauh dari dashboard.

Duduk untuk waktu yang lama bisa membuat mata kaki dan kaki perempuan menjadi bengkak dan membuat kaki kram. Jadi, jika berpergian jauh menggunakan mobil sebaiknya sering-seringlah mengambil istirahat untuk merengangkan otot dan berjalan-jalan sebentar.

Jika menggunakan pesawat terbang, gerak-gerakkanlah badan untuk melakukan peregangan otot, bisa dengan menggerakkan kaki untuk meregangkan otot betis, memutarkan mata kaki searah jarum jam ataupun berlawanan dan mengayunkan tumit kaki.

Trombosis atau darah yang membeku adalah risiko yang paling sering dijumpai saat sedang bepergian. Menggunakan stocking akan membantu meningkatkan sirkulasi dan akan mencegah urat menjadi bengkak. (sumber utama dan diolah dari: detik.com)

1 komentar:

  1. Mantap... selamat mudik bagi yang mudik :)
    Salam dari Karawang dan Pantura :)

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails