Kamis

KUMPULAN FOTO ADAB BERPAKAIAN MUSLIM Cara Berpakaian Muslim Perempuan dan Laki Laki Dalam Islam

KUMPULAN FOTO ADAB BERPAKAIAN MUSLIM Cara Berpakaian Muslim Perempuan dan Laki Laki Dalam Islam

1.       Pengertian Adab Dalam Berpakaian
Jika diperhatikan cara berpakaian seperti  saat ini, terutama dikalangan para remaja puteri tampaknya sudah jauh dari tuntunan Islam.  Mereka sudah  tidak malu-malu lagi mempertontonkan auratnya, bahkan menjadi suatu kebanggaan bagi mereka.  Alasannya, jika tidak berpakaian seperti itu dianggap tidak mengikuti perkembangan mode.  Kita boleh saja mengikuti perkembangan mode tetapi jangan sampai mejgobral aurat.  Jika demikian, bagaimana berpakaian menurut islam ?
http://busanarumahislami.blogspot.com/2014/04/gamis-busana-muslim-trend-2014-terbaru.html
Menurut ajaran Islam, berpakaian adalah  mengenakan pakaian untuk menutupi aurat, dan sekaligus perhiasan  untuk memperindah jasmani seseorang. Sebagaimana ditegaskan Allah SWT, dalam firman-ya:

يبَنِيْ~ ادَمَ قَدْاَنْزَلْنَاعَلَيْكُمْ لِبَاثًايُوَارِيْ سَوْاتِكُمْ وَرِيْشًاوَلِبَاسُ التَّقْوى
ذلِكَ خَيْرٌ طْذلِكَ مِنْاايتِ الله لَعَلَّهُمْ يَذَّكَُّرُوْنَ ﴿ الأءاف : ٢٦﴾
                Artinya:
“Wahai anak Adam! Susungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagaimu tetpi takwa itulah yang lebih baik.  Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalui ingat.” (Q.S. Al-A’raf:26)
Ayat tersebut memberi acuan cara berpakaian sebagaimana dituntut oleh sifat takwa, yaitu untuk menutup aurat dan berpakaian rapi, sehingga tampak simpati dan berwibawa serta anggun dipandangnya, bukan menggiurkan dibuatnya.

Islam sangat menganjurkan kepada umatnya untuk selalu tanpil rapi dan bersih dalam kehidupan sehari-hari.  Karena kerapian dan kebersihan ini, Rasulullah SAW.  Menyatakan bahwa  kebersihan adalah  sebagian dari iman.  Artinya, orang beriman akan selalu menjaga kerapian dan kebersihan kapan dan di mana dia berada.  Semakin tinggi imam seseorang maka dia akan  semakin  menjaga  kebersihan dan  kerapian tersebut.  Sabda  Rasulullah  SAW. dari riwayat Abu Darda :
اَلنَّضأَ فَةُ مِنَ اْلاِيْمَانِ
Artinya :
“Kebersihan merupakan bagian dari iman”
Pakaiana yang kita kenakan  harus sesuai dengan  tuntutan Islam dan  sebaliknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi.  Pada saat menghadiri pesta, kita menggunakan pakaian yang cocok  untuk  berpesta, misalnya kemeja, baju batik,  pada saat tidur, kita cukup menggunakan  piyama; dan  begitu seterusnya.  Disamping itu, pemilihan model dan warna pakaian  juga harus disesuaikan dengan badan kita, sehingga menjadi serasi dan tidak menjadi bahan tertawaan orang lain.

2.       Contoh adab dalam berpakaian
Didalam ajaran Isalam, berpakaian tidak hanya sekedar kain penutup badan, tidak hanya sekedar  mode atau trend yang mengikuti perkembangan zaman.  Islam  mengajarkan tata cara atau adab berpakaian yang sesuai dengan ajaran agama, baik secara moral, indah dipandang dan  nyaman digunakan. Diantara adab berpakaian  dalam  pandangan Islam yaitu sebagai berikut:

a)      Harus  memperhatikan  syarat-syarat  pakaian yang  islami,  yaitu yang dapat  menutupi aurat, terutama wanita
b)      Pakailah  pakaian yang bersih dan rapi, sehingga tidak  terkesan  kumal dan dekil, yang akan berpengaruh terhadap pergaulan dengan sesame
c)       Hendaklah  mendahulukan  anggota  badan  yang  sebelah  kanan, baru kemudian sebelah kiri
d)      Tidak menyerupai pakaian wanita bagi laki-laki, atau pakaian laki-laki bagi wanita
e)      Tidak meyerupai pakaian Pendeta Yahudi atau Nasrani, dan atau melambangkan pakaian kebesaran agama lain
f)       Tidak terlalu ketat dan transparan, sehingga terkesan ingin memperlihatkan lekuk tubuhnya atau mempertontonkan kelembutan kulitnya
g)      Tidak  terlalu berlebihan atau sengaja melebihkan lebar kainnya, sehingga terkesan berat dan  rikuh menggunakannya, disamping bisa mengurangi nilai kepantasan dan keindahan pemakainya
h)      Sebelum  memakai  pakaian, hendaklah berdoa terlebih dahulu, yaitu :

اَلْحَمْدُللهِ الَذِ يْ كَسَانِيْ هذَاالثَّوْبَ وَرَزَقَنِيْ مِنْ غَيْرِحَوْلٍــ
مِنِّيْ وَلاَقُوَّةٍ
Artinya :
“Segala puji bagi Allah yang telah memberi pakaian dan rezeki kepadaku tanpa jerih payahku dan kekuatanku”

 3.       Mempraktikkan adab berpakaian dalam kehidupan sehari-hari

Sebagiana muslim yang beriman, hendaknya  kamu berpakaian sesuai  dengan ajaran Islam.  Bagi wanita, pakaiannya harus menutupi seluruh aurat. Artinya, seluruh tubuhnya harus tertutup oleh pakaian (busana),  kecuali muka dan kedua telapak tangan.  Selain itu, seorang muslim juga harus menggunakan  pakaian yang pantas dan menarik untuk dipandang, sesuai dengan ukuran  tubuhnya.  Begitu pula bagi seorang muslim, pakaiannya harus menutupi aurat dan tidak berlebihan.

Bagi remaja  mesjid, hendaknya kamu yang mulai membiasakan diri berpakaian secara islami sesuai adab berpakaian  dalam Islam. Bagi  yang  sudah  melakukannya, pertahankan sampai akhir  hayatmu, bagi  yang  belum, mulailah dari sekarang berpakaian secara Islam. tidak ada kata terlambat untuk berbuat kebaikan . Kamu tidask perlu merasa malu untuk mempraktekkan adab pakaian secara islami, bahkan sebaliknya harus merasa bangga dan percaya diri terhadap apa yang kamu lakukan.

Untuk membiasakan diri mempraktikkan adab berpakaian secara Islami, hendaklah terlebih dahulu untuk perhatikan hal berikut ini :
a)      Tanamkan keimanan yang kuat dalam hati, agar niat niat yang baik tidak tergoyahkan
b)      Yakinkan dalam hati bahwa menutup aurat bagi seorang muslim dan muslimah adalah wajib hukumnya, sehingga akan mendapat dosa bagi yang meninggalkannya
c)       Tanamkan  keyakinan bahwa Islam tidak bermaksud memberatkan umatnya dalam berpakaian, bahkan  sebaliknya  memberikan  kebebasan dan perlindungan bagi harkat dan martabat umatnya.
d)      Tanamkan rasa bangga telah berpakaian sesuai ajaran Islam, sebagai perwujudan keimanan yang kuat dri diri seorang muslim/muslimah

Adab berpakain menurut islam yaitu :

1.      Menutup aurat

Aurat lelaki menurut ahli hukum ialah dari  pada  pusar hingga ke lutut, aurat wanita pula ialah seluruh anggota badannya, kecuali wajah, telapak  tangan dan tapak kakinya. Rosululloh bersabda: “paha itu dalah aurat “(Bukhari)

2.      T idak menampakkan tubuh

Pakain muslimah yang jarang sehingga menampakkan aurat wanita muslim tidak memenuhi syarat menutup aurat, berpakain jarang.
Rosululloh bersabda” dua golongan ahli neraka yang belum pernah aku lihat ialah,satu golongan memegang cemeti seperti ekor lembu yang digunakan bagi memukul manusia dan satu golongan lagi wanita yanag memakai pakaian tetapi telanjang dan meliuk liukkan, mereka tidak masuk surga dan  tidak dapat mencium baunya, walaupun bau surga itu dapat dicium dari pada jarak yang jauh. (muslim)

3.      Pakain tidak ketat

Tujuannya adalah supaya tidak kelihatan bentuk tubuh badan wanita muslim.

4.      Tidak menimbulkan riak

Rasullah SAW bersabda” siapa yang melabuhkan pakiannya karena perasaan sombong, ALLAH SWT tidak akan memaandangnya pada hari kiamat”

Dalam hadist lain Rasullah SAW bersabda “ siapa yanag memakai pakain yang berlebih –lebihan maka ALLAH akan memberikan pakaian kehinaan pada hari kiamat nanti”
(ahmad abu daud, an-nasa’iy dan ibnu majah)

5.      Lelaki, wanita berbeda

Maksudnya pakain yang khusus untuk lelaki tidak boleh dipakai oleh wanita begitu juga sebaliknya. Rosululloh SAW mengigatkan hal ini dengan tegas menerusi sabdanya
Yang bermaksud” Allah mengutuk wanita yang meniru pakaian dan sikap lelaki dan lelaki yang meniru pakaian dan sikap perempuan (bukahri daan muslim)


CONTOH ADAB BERPAKAIAN MUSLIM BAGI PEREMPUAN





CONTOH BERPAKAIAN TIDAK BAIK BAGI PEREMPUAN








CONTOH ADAB BERPAKAIAN UNTUK LAKI-LAKI




CONTOH BERPAKAIAN LAKI LAKI YANG KURANG BAIK


KUMPULAN FOTO ADAB BERPAKAIAN MUSLIM Cara Berpakaian Muslim Perempuan dan Laki Laki Dalam Islam

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails