Senin

TIPS PUASA ANAK BALITA Cara Memperkenalkan Ibadah Puasa Kepada Anak dan Balita | Berpuasa Sejak Usia Dini

TIPS PUASA ANAK BALITA Cara Memperkenalkan Ibadah Puasa Kepada Anak dan Balita | Berpuasa Sejak Usia Dini. Bagaimana Cara Mudah Memperkenalkan Ibadah Puasa Kepada Anak - Tak lama lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan. Berpuasa di bulan itu, hukumnya adalah wajib. Tak terkecuali anak-anak.
TIPS PUASA ANAK BALITA Cara Memperkenalkan Ibadah Puasa Kepada Anak dan Balita | Berpuasa Sejak Usia Dini

Merujuk ajaran yang memerintahkan orangtua agar menyuruh anak-anaknya shalat mulai usia tujuh tahun, Pakar Pendidikan Anak Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam buku Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam mengatakan, dari perintah shalat, maka dapat disamakan dengan puasa dan haji.

Sebenarnya anak sudah bisa diperkenalkan dengan berbagai kegiatan agama termasuk berpuasa sejak usia batita (bawah tiga tahun). Perkenalan terhadap kegiatan puasa mulai dari kesiapan, pemahaman hingga memahami rutinitas.

Kemudian, ketika menginjak usia empat tahun, anak sudah mulai bisa diajarkan berpuasa dalam arti menahan lapar dan haus untuk waktu beberapa jam. Umumnya, pada anak usia lima tahun sudah mampu berpuasa hingga siang hari.

Hal tersebut bertujuan untuk mengajarkan anak mengenai pemaknaan puasa tahap awal. Sehingga ketika anak menginjak usia sekolah dasar (SD), sudah bisa memperdalam pemaknaan puasa. Mereka juga sudah bisa diharapkan berpuasa sehari penuh.

Pada anak usia SD juga sudah bisa diberi pengertian mengenai makna berpuasa dari aspek sosial. Misalnya, puasa menumbuhkan empati. Agar seseorang mengetahui bagaimana keadaan orang lain yang kurang beruntung tidak dapat makan.

Tips Mengenalkan Berpuasa
  1. Perkenalkan kepada anak kegiatan beragama, termasuk berpuasa sejak usia dini. Usia batita dianggap paling pas membiasakan anak dengan kesiapan, pemahaman sederhana dan rutinintas puasa.
  2. Berikan pemahaman sederhana yang dapat dikonkritkan sementara anak masih berusia balita. Sesuaikan dengan pemikiran anak yang masih sulit mengembangkan sesuatu yang bersifat konseptual.
  3. Jangan memberatkan anak dengan memberlakukan puasa diatas kemampuannya. Jeli dalam melihat kemampuan dan kondisi anak. Jika anak baru mampu berpuasa sekitar 2-3 jam, biarkan untuk beberapa waktu. Secara perlahan, tambah waktu anak berpuasa.
  4. Berikan anak penghargaan ketika dia mampu berpuasa. Penghargaan tidak selalu berbentuk materi, pujian juga dapat memacu anak untuk selalu meningkatkan kemampuannya.
  5. Senantiasa lakukan pendekatan persuasif terhadap anak disertai pemahaman dan kontrol yang disesuaikan dengan usia. Selamat Berpuasa!


Tags: Berpuasa, Tips Puasa, Memperkenalkan Puasa Kepada Anak Balita Batita, Pendidikan Anak, Cara Anak Puasa, Kiat Mengajarkan Anak Berpuasa, Ibadah Puasa Sehat, Kuat Berpuasa Ramadhan 1 Bulan, Persiapan

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2017 Sambut Lebaran 1438H

Loading...