Minggu

CARA TEPAT STIMULASI OTAK JANIN DAN BAYI

Stimulasi otak janin yang tepat saat kehamilan dan masa balita menjadikan si bayi kecil tumbuh cerdas. Bagaimana caranya?

Benarkah hanya musik mozart, satu-satunya stimulasi paling baik untuk kecerdasan janin/bayi? Bagaimana dengan stimulasi lain? Seperti apa sebenarnya perkembangan otak janin dan bayi, sehingga dirasa perlu untuk merangsang kecerdasan di masa ini?

Stimulasi Afektif dan Kognitif

Janin dan bayi adalah makhluk yang rentan. Kecil, lemah dan tak berdaya tanpa bantuan orang lain (ibu-ayah). Namun dibalik itu semua sebenarnya mereka adalah makhluk yang sangat luar biasa. Janin bahkan telah memiliki kapabilitas untuk belajar. Itu tak lain karena adanya otak. Meski sejak janin hingga lahir pembentukannya belum sempurna, otaklah satu-satunya yang telah siap bekerja dibanding organ lainnya.

PRENTAL

  • Berkomunikasi. Komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti berbicara atau menyanyi. Saat bicara, gunakan suara lembut, kosakata yang luas, dan berbagai ekspresi. Suara Anda merupakan bunyi yang disukai bayi.
  • Menjaga Suasana Hati
    . Janin bisa merasakan kebahagiaan dan kesedihan ibunya. Nahh..pastikan janin mengetahui Anda bangga memilikinya dan menyayanginya dengan sepenuh hati. Hindari memendam amarah, kesal dan pemicu suasana hati yang menimbulkan emosi negatif lainnya. Anda bahagia, bayi pun bahagia.
  • Memutar Musik
    .

POSTNATAL

  • Hubungan Harmonis. Ciptakan hubungan harmonis dan penuh kasih sayang di sekitar si bayi. Ia membutuhkan orang dewasa yang membuatnya merasa aman. Pilih pengasuh yang peka dan responsif sehingga bisa menjalin hubungan emosional yang aman. Penelitian Dr. Megan Gunnar dari Universitas Minnesota menemukan bahwa otak menjadi target utama kortisol – hormon stres. Jika otak terlalu kering dan terlalu lama mendapat kortisol, perkembangan otak seperti memori, emosi dan perhatian menjadi terganggu.
  • Membacakan Buku. Meskipun bayi belum mengikuti alir cerita, ia senang melihat Anda dan suara Anda.

Stimulasi Fisik-Motorik

MASA JANIN

  • Permainan Menendang. Teknik ini dapat dilakukan sejak janini berusia 5 bulan. Caranya tepuk lembut perut dan tunggulah respon dari janin. Lalu tepuk kembali sambil berkata Ayo! Tendang, sayang untuk memotivasi janin. Permainan ini akan membuat bayi lebih cerdas dan lebih bergaul setelah dilahirkan. Kalimat lain dapat Anda pilih sendiri.
  • Mendengarkan Musik. Dengarkan musik diruangan yang tenang dan dalam kondisi serileks mungkin. Sikap tubuh seperti itu akan membuat musik merasuk ke dalam pikiran. Jika belum terbiasa mendengar musik klasik, cobalah pilih yang ringan. Musik selain klasik pun dianjurkan.
  • Mengelus Perut Ibu Hamil. Bergerak santai yang rileks dan berirama menjadikan janin lebih tenang.

MASA BAYI

  • Pijat. Bayi merespon bahasa sentuhan dari ibunya. Pijat yang diberikan sejak dilahirkan untuk meningkatkan kesehatan anak dan pijat juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Selain itu pijat juga bisa memberikan kehangatan kasih sayang ibunya dengan sentuhan yang lembut penuh kasih sayang.
  • Senam Bayi
    . Aktifitas bermain ini sudah bisa dilakukan sejak bayi berusia 3 bulan. Ajak ia bersenam tengkurap (aktifitas menstimulasi ottot-otot di sekitar pantat, tungkai kaki dan telapak tangan) dan senam di pangkuan (aktifitas merentang-tangkupkan lengan tangan di depan wajah, meraba wajah dan anggota tubuh diwajah).

1 komentar:

  1. Bayi ibarat kertas putih yg masih polos.Apa yg kita tulis,itulah yg akan kita dapatkan saat dia besar nantinya.
    Jangan lupakan jg untuk selalu memberi nutrisi yg bergizi,karena konon pertumbuhan otak paling dominan saat bayi berumur 1-5 tahun.

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...