Selasa

TIPS KESEHATAN IBU: NUTRISI DI MASA PRAKONSEPSI

Nutrisi masa prakonsepsi.

Pada dasarnya, ibu hamil dengan kondisi tubuh yang sehat akan melahirkan bayi yang sehat pula. Makanya, salah satu hal yang penting yang perlu diperhatikan agar diperoleh generasi baru yang berkualitas adalah mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. di masa prakonsepsi dan paska konsepsi Dengan kata lain, kecukupan gizi dalam tubuh ibu sudah harus dipersiapkan jauh sebelum konsepsi terjadi.

Ibu disarankan mengkonsumsi makanan dalam jumlah kalori dan zat-zat gizi (protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air) yang sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan prinsip “gizi yang dikonsumsi mulai sekarang bukan hanya untuk kesehatan ibu, melainkan juga demi pertumbuhan dan perkembangan janin kelak”, maka sebaiknya calon ayah dan terutama calon ibu sesegera mungkin mulai melatih disiplin makan.

Selain itu, mengkonsumsi makanan bergizi secara teratur tidak hanya menjamin bahwa janin akan tumbuh sehat, tetapi juga dapat mencegah terjadinya komplikasi atau gangguan selama kehamilan dan pada saat melahirkan. Bagaimanapun, kondisi fisik seorang anak yang lahir sangat ditentukan oleh kualitas fisik ayah dan terutama ibunya

Selain itu kesehatan fisik tidak hanya ditentukan oleh tubuh Anda semata, melainkan juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dan gaya hidup Anda. Tentunya, banyak kebiasaan yang disadari ataupun tidak disadari yang dapat mempengaruhi kesehatan, antara lain :

  • Memperbaiki pola makan.
  • Mendapatkan berat badan yang ideal.
  • Olahraga yang teratur.
  • Menghentikan kebiasaan merokok, mengkonsumsi kafein dan alkohol.
  • Meminimalkan bahaya lingkungan.
  • Mengelola stres.
  • Cukup istirahat.

Nutrisi masa prakonsepsi

1 komentar:

  1. hahaha,,, itu benar.. dulu waktu hamil.. ibu saya ga' pernah lupa makan,, cenderung kelebihan malah,hehe... jadinya? ya kayak saya Alhamdulillah sehat =D

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...