Minggu

INFO KESEHATAN: Kapan IMUNISASI Boleh Dilakukan

Imunisasi adalah pemberian vaksin (kuman penyakit yang sudah dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang supaya terbentuk sistem kekebalan terhadap jenis penyakit tertentu.

Pemberian imunisasi merupakan salah satu upaya pencegahan terhadap serangan penyakit pada bayi, karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah.

KAPAN TIDAK BOLEH IMUNISASI

  • MENDERITA PENURUNAN DAYA TAHAN TUBUH. Misalnya sedang mendapat pengobatan anti-TB (tuberkulosis) atau mendapat obat kortikosteroid jangka panjang (obat yang dapat menurunkan daya tahan tubuh). Imuisasi dapat diberikan setelah daya tahan tubuh anak normal kembali atau obat-obatan tersebut telah dihentikan pemberiannya.
  • MENDERITA DEMAM TINGGI (suhu tubuh 38,5 derajat C atau lebih). Imunisasi sebaiknya ditunda sementara waktu. Imunisasi yang ditunda tersebut dapat diberikan setelah anak tidak demam tinggi.
  • PERNAH MENDERITA KEJANG DEMAM. Beberapa imunisasi yang menimbulkan demam sebaiknya tidak diberikan. Misalnya DPT. Tetapi bisa diberikan penggantinya, yakni DT (komponen P pada DPT dapat menyebabkan demam), atau DpaT (komponen P berasal dari pertusis aseluler sehingga tidak menimbulkan demam).

Untuk memperkuat daya tahan tubuh anak terhadap serangan berbagai kuman penyakit, lakukan pemeriksaan kesehatan dan imunisasi secara teratur.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...