Senin

KIAT MENJADI ORANG KAYA: Tips Sukses Menabung

Pasti setiap orang tahu pepatah bahwa "rajin pangkal pandai...hemat pangkal kaya". Khusus untuk hemat, biasanya kalau tidak dibarengi dengan menabung ditanggung ga bakalan kaya karena uangnya ga ngumpul2 :)

Nah berikut ini tips sederhana supaya sukses menabung dan jadi orang kaya (emang bisa? Insha Allah ya):
  1. Buatlah anggaran bulanan. Kenapa bulanan? Supaya sedari awal kita sudah memastikan kalau setiap pengeluaran sudah ada alokasi dananya dan disisihkan sedini mungkin. Jangan sampe baju borong di awal bulan eh akhir bulan listrik biarpet karena belum bayar :) Yang paling penting, uang buat ditabung juga udah dianggarkan dan jangan diotak-atik lagi ya :)
  2. Jangan ragu membuka rekening khusus untuk menabung. Wah repot dong ya? Justru kalau tidak dipisah bakalan lebih repot lagi! Uang buat belanja dan menabung kalau jadi satu pasti kesedot semua buat belanja. Dijamin!
  3. Tetapkan mile stone atau tujuan berjangka mengapa kamu menabung. Bisanya setiap orang punya target "Ah tahun depan pingin punya mobil, dua tahun lagi bikin rumah, tiga tahun lagi numpuk dah tuh kredit...just kidding :) " Yang pasti, memang sebaiknya ditetapkan seperti itu supaya dapat dicapai dengan bertahap dan kita lebih disiplin dalam menggunakan uang.
  4. Tetapkan presentase menabung. Biasanya pakar perencana keuangan menyarankan minimum 10% dari pendapatan disisihkan untuk menabung. Nah kalau keinginannya banyak dan mahal-mahal, coba tetapin 50% aja...ditanggung rajin puasa Senin-Kamisnya :)
  5. Disiplin...disiplin...dan disiplin! Kalau sudah nyusun anggaran, buka rekening khusus. menetapkan target jangka panjang dan pendek, kukuh 50% pendapatan ditabung, tapi ga disiplin ... podo ae alias sami mawon :) Berusahalah untuk tetap komitmen dengan tujuan awal kamu menabung dan disiplin dalam menjalankannya. Bayangkan apa yang akan kamu dapatkan atas pengorbanan kamu dalam menyisihkan pendapatan tiap bulannya.
Nah sekarang coba deh diterapkan tips di atas...ditanggung kerepotan! Tapi hanya pada awalnya lho :) Insha Allah pasti berhasil. Let's make your dream comes true!

Kalau sudah berhasil dan kaya, jangan lupa mampir lagi ya ke Rumah Islami dan kirim2 parcel :) (This is not just kidding!)

37 komentar:

  1. Wah setujuu...langsung akan diterapkan..semoga berhasil.. Nice post.

    BalasHapus
  2. hmmm...
    coba ah, soale aku suka boros hehe

    BalasHapus
  3. mau komen dari

    pointt pertama
    aku si uda selalu buat anggaran tapi sayangnya ngelest terus pengeluaran, malah jadi banyak..

    point kedua
    di point kedua uda tak lakukan aku ada 2 bank BNI AMA BCA, BNI buat tabungan terus BCA,,,,bca ada rekening tapi gak ada duitnya, he...he..he

    point ketiga
    target ku uda ada untuk nabung yatu beli rumah, walaupun tabungan asih dikit

    point keempat
    persentase menabungju dari total gaji yg kudapatkan adalah 30 persen..gitu waktu aku pernah baca di buku, sekarang lagi tak usahakan walaupun agak berat si

    point kelima
    point ini yg agak susah, intinya kita harus punya niat untuk menabung otomatis dalam diri kita akan punya disiplin karena uda ada niat

    BalasHapus
  4. wah... kalo sudah kaya rumah Islami kirim parcel ke saya hehehe... itu yang bener :D

    BalasHapus
  5. yuk mari kita nabung

    hehe

    tapi nyari duit dulu...qqq

    BalasHapus
  6. Thx Info nya. Yang paling sulit itu disiplin ya mbak :)

    BalasHapus
  7. mbak saya susah nabung nih mbak hehehe...

    BalasHapus
  8. untuk point pertama saya tak bisa tuh, karena pengeluaran suka tak menentu hingga akhirnya saya juga tak bisa menetapkan presentase menabung, dan akhirnya juga saya ini tak bisa ber-disiplin untuk menabung bulanan.

    tapi, saya masih bisa bersyukur walaupun jarang nabung tapi saya juga jarang ngambil tabungan sehingga saldo gak pernah/jarang menyusut. btw makasih tipsnya, kedepannya mungkin akan saya terapkan [kalo pengeluaran saya bisa saya atur tiap bulannya].

    salam.

    BalasHapus
  9. wah boleh dicoba tips nya neh, selama ini susah banget ngumpulin duit...?

    BalasHapus
  10. nah itu dia susah banget mulainya
    tapi terus berusaha

    BalasHapus
  11. hmmm...bolju tipsnya nih......cuma kadang uang yg buat di tabungnya yg gak ada ni broo...soalnya kadang ada uang sedikit uda ada yg nagih barang dagangan// kl gak tuk belanja lagee.. tapi tipsnya harus dicoba nig yg point 2 ,,4 dan 5..

    keep posting broo,,,articlenya menarik trus nihh,,,tq

    BalasHapus
  12. bacanya sih enak. parcelnya itu yang berat...

    BalasHapus
  13. utk yg punya penghasilan fix memang mudah diterapkan tips di atas. tapi untuk yg incomenya pas-pasan memang harus akrobat. untuk yg urgent saja udah sulit apalagi untuk menabung.
    good post

    BalasHapus
  14. ni dia yang susah aku lakuin dari dulu,....!!!

    BalasHapus
  15. wah, kudu belajar nabung lebih giat nich, coz q orangnya boros hehehe

    BalasHapus
  16. bang-bing-bung kita nabung
    baru masukin dua kali, dah aku congkel lagi tuh celengan..prang !..
    iya disiplin bisa, tp perut gk mau diselipin..hehe..

    HEMAT PANGKAL KAYA

    Yup !

    BalasHapus
  17. teorinya sih gampang, praktek susah, tapi bagus dan patut sbg pedoman, DISIPLIN

    BalasHapus
  18. teorinya sih gampang, praktek susah, tapi bagus dan patut sbg pedoman, DISIPLIN

    BalasHapus
  19. kalau saya suksesnya menabung dalam bentuk kreditan... misalnya kredit motor... menabung yang dipaksakan... :)

    BalasHapus
  20. tips sukses menabung versi saya..

    perbanyak penghasilan, rajin2 kerja lembur, cari obyekan di hari libur..
    janagn lupa minimalisasi pengeluaran, jgn makan di luar dan usahakan slalu makan di rumah..
    insyaallah sukses..

    tapi jgn lupa yg rajin shadaqoh dan beramal yaa..

    BalasHapus
  21. info bagus....tapi menurut ku menabung itu nggakbisa bikin kaya lu, tapi menabung hanya mengamankan harta kita saja...karena hasil dari menabung (bunga) masih kalah daripada inflasi...so yang tepat itu adalah investasi....yang sudah aku lakukan antara lain : properti (tanah dan rumah),reksadana (danareksa dinar) dan bisnis.....bisnis itu investasi juga loh.... salam -susi-

    BalasHapus
  22. Point 6. Kalo udah kelebihan parcel, saya siap nampung :D

    BalasHapus
  23. memang yg paling penting itu disiplin....
    semoga setelah baca ini berhasil rutin nabung deh..

    BalasHapus
  24. Saya akan coba,tapi saya nabungnya uang receh tuh,klo uang kertas belum...ternyata saya boros selama ini

    BalasHapus
  25. poin 2 keknya pengalaman pribadi neh hehehe
    oke..oke..bia jadi referensi neh, mudah-mudahan bisa dan harusss bisa!!!

    BalasHapus
  26. kadang nabung emang susyah..
    tapi emang harus dipaksa yah?? :)

    BalasHapus
  27. banyak-banyak menabung ya heheh

    BalasHapus
  28. saya terapkan ya bak

    BalasHapus
  29. Setuju sekali.......tapi incomenya belum memungkinkan. :-)

    BalasHapus
  30. yup, bener, aku juga nyoba gitu,, efektif, btw, klo nabung kesannya ada unsur riba, gimana klo diganti investasi berbasis syari'ah. Nggak rugi lho,insyaalloh halalan thoyiban.. :D

    BalasHapus
  31. yak, setuju! kalo udah banyak bisa buat investasi atau modal usaha

    BalasHapus
  32. makasih infonya ni,mantap banget.
    request ya kasih comment ni dilink http://newmasgun.blogspot.com/2009/04/passive-income-dari-baclinkscom.html

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails