Minggu

TIPS MEMAKNAI KEHIDUPAN: Sudahkah Anda BERSYUKUR Hari Ini?

Tulisan Ini saya dapatkan dari email seorang teman. Mudah-mudahan dapat dipetik hikmahnya ya…dan mulai untuk bersyukur

Ada seorang gadis buta yang membenci dirinya sendiri karena kebutaannya itu. Tidak hanya terhadap dirinya sendiri, tetapi dia juga membenci semua orang kecuali kekasihnya. Kekasihnya selalu ada disampingnya untuk menemani dan menghiburnya. Dia berkata akan menikahi kekasihnya hanya jika dia bisa melihat dunia.

Suatu hari, ada seseorang yang mendonorkan sepasang mata kepadanya sehingga dia bisa melihat semua hal, termasuk kekasihnya. Kekasihnya bertanya, "Sekarang kamu bisa melihat dunia. Apakah kamu mau menikah denganku?" Gadis itu terguncang saat melihat bahwa kekasihnya ternyata buta. Dia menolak untuk menikah dengannya.

Kekasihnya pergi dengan air mata mengalir, dan kemudian menulis sepucuk surat singkat kepada gadis itu, "Sayangku, tolong jaga baik-baik mata saya."

* * * * *

Kisah di atas memperlihatkan bagaimana pikiran manusia berubah saat status dalam hidupnya berubah. Hanya sedikit orang yang ingat bagaimana keadaan hidup sebelumnya dan lebih sedikit lagi yang ingat terhadap siapa harus berterima kasih karena telah menyertai dan menopang bahkan di saat yang paling menyakitkan.

Hidup adalah anugerah!

Hari ini sebelum engkau berpikir untuk mengucapkan kata-kata kasar - Ingatlah akan seseorang yang tidak bisa berbicara.

Sebelum engkau mengeluh mengenai cita rasa makananmu - Ingatlah akan seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.

Sebelum engkau mengeluh tentang suami atau isterimu - Ingatlah akan seseorang yang menangis kepada Tuhan meminta pasangan hidup.

Bersukurlah!

Hari ini sebelum engkau mengeluh tentang hidupmu - Ingatlah akan seseorang yang begitu cepat pergi ke surga.

Sebelum engkau mengeluh tentang anak-anakmu - Ingatlah akan seseorang yang begitu mengaharapkan kehadiran seorang anak, tetapi tidak mendapatnya.

Sebelum engkau bertengkar karena rumahmu yang kotor, dan tidak ada yang membersihkan atau menyapu lantai - Ingatlah akan orang gelandangan yang tinggal di jalanan.

Sebelum merengek karena harus menyopir terlalu jauh - Ingatlah akan sesorang yang harus berjalan kaki untuk menempuh jarak yang sama.

Bersyukurlah hari ini!

Dan ketika engkau lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu - Ingatlah akan para penganguran, orang cacat dan mereka yang menginginkan pekerjaanmu.

Sebelum engkau menuding atau menyalahkan orang lain - Ingatlah bahwa tidak ada seorang pun yang tidak berdosa dan kita harus menghadap pengadilan Tuhan.

Dan ketika beban hidup tampaknya akan menjatuhkanmu - Pasanglah senyuman di wajahmu dan berterima kasihlah pada Tuhan karena engkau masih hidup dan ada di dunia ini.

NIKMATILAH SETIAP SAAT DALAM HIDUPMU, KARENA MUNGKIN ITU TIDAK AKAN TERULANG LAGI! Sudahkah Anda bersyukur?

8 komentar:

  1. ya.. sering tanpa kita sadari kita hanya ingat kepada-Nya hanya ketika kita membutuhkan bantuan-Nya. namun ketika kita bahagia, senang, gembira dan mendapat rejeki.. kita selalu lupa untuk mengucap syukur pada-Nya..

    sifat dasar manusia kali ya? hehehhe

    BalasHapus
  2. Wah, luar biasa… Hidup adalah anugerah. Hidup adalah sebuah kesempatan menuju KEHIDUPAN. Hidup adalah untuk KEHIDUPAN. Benar, berhati-hatilah dalam hidup ini. Syukuri apapun yang terjadi dalam hidup ini. Jangan pernah merasa hancur dalam hidup ini sekalipun hidup yang kita jalani benar-benar hancur…

    Hidup adalah untuk KEHIDUPAN*

    BalasHapus
  3. Hal utama dlm hidup manusia adalah bersyukur. Karena jika tdk, maka mata kita menjadi tertutup dari nikmat Alloh yg tiada taranya dari hari ke hari.

    Makasih untuk perenungannya :)

    BalasHapus
  4. tulisan yang menguggah, pada kita semua.tanpa disadari sikap manusia seperti yang tercermin (dalam cerita gadis buta tersebut) tampaknya lazim terjadi pada realita kehidupan sehari-hari.apalagi apabila dikaitkan dengan fenomena di panggung politik di negara kita, kira-kira seperti itulah wajah-wajah yang bermain, selalu membohongi rakyat-rakyat kecil.lebih dari itu,tulisan yang bagus mengandung makna filosofis yang dalam. hanya orang yang berpikir dan terbuka hatinya apabila membacanya dengan seksama dan menghayatinya....

    semoga saya bukanlah termasuk seperti orang-orang yang diceritakan diatas.......

    myu
    good article....

    BalasHapus
  5. mantap banget ya..?
    aku smpe tergugah baca nih postingan.. sebuah tulisan buat introspeksi diri..

    BalasHapus
  6. "Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah dan kikir" (QS Al Ma'arij ayat 19).
    Jadi itulah sifat dasar anugerah Allah kepada manusia. Maka diturunkanNya Al Qur'an dan tuntunan hadist Rasul SAW untuk diikuti agar sifat-sifat dan ahlak mulia dari Rasulullah menjadi tuntunan hidup kita sehari-hari...

    BalasHapus
  7. Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, meskipun penghasilan saya masih pas pasan tapi saya sudah cukup bersyukur, moga2 kita semua diberikan rezeki yang melimpah, amin

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...