Jumat

IDUL ADHA 2009 LEBARAN HAJI 1430H | Tata Cara Qurban Sunnah Waktu Hukum Hikmah Dan Keutamaannya | MENYAMBUT Hari Raya Idul Adha 2009 1430 HIJRIAH

Foto Gambar Idul Adha Tata Cara Qurban Kurban Sunnah Kurban Waktu Korban Hukum Kurban Hikmah Qorban Dan Keutamaannya Menyambut Hari Raya Idul Adha 2009 1430H Ied Adha 2009
Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 2009 1430H, berikut ini artikel singkat seputar Idul Adha, tata cara Qurban, sunnah berkurban, waktu qurban, hukum kurban, hikmah berqurban dan keutamaannya.

Makna kurban secara pribadi sangatlah berarti bagi saya dan keluarga, karena dibutuhkan kerelaan hati dan keikhlasan dalam menjalankannya.

Sebenarnya banyak hal yang terkait dengan kata kurban atau qurban dalam ibadah utama lainnya yang kita jalankan sehari-hari. Misalnya saja sedekah. Butuh keikhlasan dalam menjalankannya karena kita harus "mengorbankan" sedikit rejeki yang kita punyai dan diserahkan kepada pihak yang membutuhkan. Ibadah lainnya adalah shalat. Betapa diperlukannya kerelaan untuk meninggalkan bermain facebook barang sejenak dan berkurban waktu untuk melaksanakan ibadah wajib ini.

Namun rasa untuk berkorban yang cukup tinggi menurut saya adalah saat menunaikan ibadah haji. Uang, waktu, kesehatan, tenaga, hati dan pikiran merupakan hal yang menjadi bagian dalam pengorbanan dan harus diperjuangkan serta diikhlaskan sehingga perintah terahhir rukun Islam dapat diwujudkan.

Mudah-mudahan tulisan mengenai Ied Adha, tata cara kurban, sunnah berqurban, waktu kurban, hukum qurban, hikmah berkurban dan keutamaan berkorban dalam rangka menyambut Hari Idul Adha 1430 Hijriah Lebaran Haji tahun 2009 ini bermanfaat ya sahabat.

Berikut ini adalah kumpulan artikel berkaitan dengan hukum seputar bulan Dzulhijjah, Idul Adha, dan berkurban dari majalah AsySyariah Online bulan Dzulhijjah. Semoga bermanfaat.

1. Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Penulis : Al-Ustadz Saifuddin Zuhri, Lc.
Kategori : Khutbah
Di dalam perjalanan hidup di dunia ini, kita akan menjumpai hari-hari yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan keutamaan di dalamnya. Yaitu dengan dilipatgandakannya balasan amalan dengan pahala yang berlipat, tidak seperti hari-hari biasanya. Di antara hari-hari tersebut adalah sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah….

2. Takutkah Anda Berkorban? Maukah Anda Berjuang?

Penulis : Al-Ustadz Abu Usamah Abdurrahman bin Rawiyah
Kategori : Akidah
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memerhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Hasyr: 18)

3. Sunnah yang Terabaikan Bagi Seseorang yang Mau Berqurban

Penulis : Al-Ustadz Abu Ubaidah Syafruddin
Kategori : Hadits
Dari Ummu Salamah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabada: ”Apabila telah masuk sepuluh (hari pertama bulan Dzulhijjah), salah seorang di antara kalian ingin berqurban, maka janganlah sedikit pun ia menyentuh (memotong) rambut (bulu)nya dan mengupas kulitnya.”

4. Berqurban Sebagai Tanda Pengorbanan

Penulis : Al-Ustadz Abu Karimah Askari bin Jamal Al-Bugisi
Kategori : Tafsir
“… Dan Kami panggillah dia: ‘Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu,’ Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian, (yaitu) ‘Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim’.” (Ash-Shaffat: 100-109)

5. Tatacara Menyembelih Hewan Qurban

Penulis : Al-Ustadz Abu Abdillah Muhammad Afifuddin
Kategori : Kajian Utama
Membaca basmalah tatkala hendak menyembelih hewan. Dan ini merupakan syarat yang tidak bisa gugur baik karena sengaja, lupa, ataupun jahil (tidak tahu). Bila dia sengaja atau lupa atau tidak tahu sehingga tidak membaca basmalah ketika menyembelih, maka dianggap tidak sah dan hewan tersebut haram dimakan. Ini adalah pendapat yang rajih dari perbedaan pendapat yang ada.

6. Tempat Menyembelih Hewan Qurban

Penulis : Al-Ustadz Abu Abdillah Muhammad Afifuddin
Kategori : Kajian Utama
Yang masyhur dari perbuatan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya adalah mereka menyembelih hewan qurban di tempat domisili mereka. Inilah sunnah beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hal tempat penyembelihan. Bahkan beliau punya kebiasaan menyembelih hewan qurban di tanah lapang tempat shalat Ied…

7. Waktu Penyembelihan Hewan Qurban

Penulis : Al-Ustadz Abu Abdillah Muhammad Afifuddin
Kategori : Kajian Utama
Awal waktu menyembelih hewan qurban adalah setelah shalat Ied secara langsung, tidak dipersyaratkan menunggu hingga selesai khutbah. Bila di sebuah tempat tidak terdapat pelaksanaan shalat Ied, maka waktunya diperkirakan dengan ukuran shalat Ied. Dan barangsiapa yang menyembelih sebelum waktunya maka diqadha pada waktunya bila qurbannya wajib karena nadzar….

8. Memilih Hewan Qurban

Penulis : Al-Ustadz Abu Abdillah Muhammad Afifuddin
Kategori : Kajian Utama
Perlu dipahami bahwa berqurban tidaklah sah kecuali dengan hewan ternak yaitu unta, sapi, atau kambing. Dalilnya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala: ِ“Supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rizki yang telah Allah berikan kepada mereka berupa binatang ternak.” (Al-Hajj: 28)….

9. Qurban, Keutamaan dan Hukumnya

Penulis : Al-Ustadz Abu Abdillah Muhammad Afifuddin
Kategori : Kajian Utama
“Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta.” (Al-Hajj: 36)

10. Mendulang Mutiara Hikmah dari Perjalanan Hidup Nabi Ibrahim ‘alaihissalam

Penulis : Al-Ustadz Ruwaifi’ bin Sulaimi
Kategori : Manhaji
Kisah-kisah agung dari Nabi Ibrahim ‘alaihissalam adalah peneguhan nyata akan tauhid. Ketaatan dan keimanan yang luar biasa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala mewujud pada tindakan yang niscaya akan teramat berat ditunaikan manusia pada umumnya. Sebuah keteladanan yang mesti kita tangkap dan nyalakan dalam kehidupan kita.

Silahkan kunjungi Asysyariah.com untuk melihat artikel selengkapnya sesuai dengan judul artikel di atas ya.

Sumber tulisan: mumtaz-anas.com

2 komentar:

  1. ada yang mengatakan ibadah haji kali ini begitu menggembirakan karena bertepatan dengan idul adha yang biasanya dinamakan dengan haji akbar.

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum wr.wb.
    bagi saudara-saudaraku yang berniat beribadah haji, tak ada salahnya untuk mengetahui cara pendaftarannya. Silakan mampir ke blog k-4-s.info dapatkan informasi menarik mengenai pendaftaran haji. : Mekanisme Pendaftaran Ibadah Haji
    semoga menjadi haji yang mabrur
    Wassalam

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...