Jumat

TIPS SEHAT CARA TIDUR Ibu Hamil Pulas Nyenyak Di Masa Kehamilan: Untuk Kesehatan Perkembangan Janin Bayi

Photo Tips Cara Tidur Foto Ibu Hamil Sehat Pulas Untuk Kesehatan Gambar Perkembangan Janin Bayi Di Masa Kehamilan
Tips cara tidur sehat untuk ibu hamil agar nyenyak pulas untuk kesehatan dan perkembangan janin bayi di masa kehamilan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memerlukan informasi mengenai posisi tidur yang benar untuk wanita hamil.

Secara umum tidaklah mudah bagi seorang calon bunda untuk tidur dengan nyenyak di saat hamil
karena perubahan hormon di dalam tubuh dan fisik yang juga bertambah bobotnya yang mengakibatkan tulang pungung menjadi sakit. Belum lagi pergelangan dan tapak kaki yang sering terasa kram karena seharian menopang badan yang semakin berat.

Mudah-mudahan tips sederhana cara tidur pulas nyenyak untuk ibu hamil atau wanita di masa kehamilan ini bermanfaat dan tidak mengganggu perkembangan kesehatan janin bayi. Ibu sehat Insha Allah anak pun sehat ya. Amin.

Tidur Nyenyak untuk Ibu Hamil

Saat perempuan sedang hamil, kadang tidak bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan posisi yang nyaman karena semakin besarnya janin yang berkembang dalam perut. Tapi bukan berarti ibu hamil tidak bisa tidur nyenyak, ada beberapa hal yang dapat membantu ibu hamil tidur dengan nyenyak.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seorang ibu hamil tidak bisa tidur dengan nyenyak seperti meningkatnya frekuensi urine saat hamil, meningkatnya detak jantung karena harus memompa darah lebih banyak, nafas yang lebih pendek seiring dengan meningkatnya usia kehamilan, kaki kram dan sakit pada tulang punggung akibat bertambahnya berat badan selama hamil serta mengalami sembelit akibat menurunnya kerja sistem pencernaan.

Selain itu stres juga memberikan pengaruh yang besar dalam mengganggu waktu tidur. Stres ini biasanya timbul karena perasaan khawatir mengenai kesehatan bayi, perasaan takut mengenai ketidaksiapan menjadi orangtua atau gugup akan saat kelahiran itu sendiri. Sebenarnya perasaan tersebut normal, tapi bisa membuat ibu hamil terbangun di malam hari dan tidak bisa mendapat istirahat yang cukup.

Ibu hamil juga khawatir mengenai posisi tidur yang benar agar tidak membahayakan bayi yang dikandungnya. Untuk usia awal usia kehamilan, cobalah untuk berbaring dengan lutut ditekuk. Ini merupakan posisi yang paling nyaman untuk ibu hamil dan juga mempermudah kerja jantung.

Seperti dikutip dari Kidshealth, Rabu (30/9/2009) beberapa dokter merekomendasikan untuk ibu hamil agar tidur dengan posisi miring ke kiri, karena membantu menjaga rahim dari organ besar yang ada di tubuh. Tidur dengan posisi ke kiri juga meningkatkan peredaran darah ke jantung dan aliran darah yang baik ke janin, rahim dan ginjal.

Pergeseran posisi saat tidur merupakan bagian yang alami. Jika sudah memasuki usia kehamilan trimester ketiga, pergeseran posisi kadang bisa membangunkan tidur dan membuat rasa tidak nyaman. Beberapa ibu kadang menempatkan bantal di bawah perut, diantara kaki atau dibelakang punggung untuk menjaga posisi dan meringankan tekanan pada perut.

Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, ibu hamil juga sebaiknya menghindari konsumsi kafein, menghindari konsumsi air putih yang terlalu banyak beberapa jam sebelum tidur. Sebaiknya melakukan rileksasi sebelum tidur bisa dengan minum susu yang dicampur madu atau minum teh herbal serta biasakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Sumber: detikhealth

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2015 Sambut Lebaran 1436H

Loading...