Rabu

Dongeng Kehidupan

Mungkin ada rekan blogwalker yang pernah nonton film Big Fish besutan Tim Burton? Sebenarnya ini film lawas ya tapi baru saya tonton beberapa hari yang lalu. Film yang menarik karena mengkombinasikan realitas dan fiksi, disajikan dengan apik oleh Mr Tim dengan gayanya yang khas sekali.

Ada yang menarik dari keseluruhan cerita di film tersebut. Silahkan disimak ya :)

Film ini sebenarnya mengangkat tema yang cukup sederhana, yaitu bagaimana ceorang ayah membesarkan anaknya dengan mengisi hari-harinya dengan bercerita, atau lebih tepatnya mendongeng, mengenai masa lalu sang ayahnya yang boleh dikatakan "extraordinary". Menangkap ikan besar yang hanya bisa dipancing dengan cincin emas, menaklukkan raksasa yang mengganggu ketenangan kota, menyusup ke wilayah musuh seorang diri saat mengikuti wajib militer dan berhasil mencuri peta perang, hanyalah sedikit cerita yang menggambarkan sang ayah merupakan seseorang yang luar biasa. Si anak selalu antusias ingin mengetahui kelanjutannya.

Namun saat si anak beranjak dewasa, dia mulai menemukan ketidaksesuaian antara cerita sang Ayah dengan realitas hidup.

Dia merasa dibohongi!

Ayahnya dicap sebagai seorang pembohong besar dan sampai di satu titik si anak tidak mau berbicara lagi selama kurun waktu yang cukup lama.

Kalaupun akhirnya mereka berdua kembali rujuk, yaitu saat sang ayah dalam kondisi kritis karena sakit, tetap saja si anak memendam ganjalan akan pribadi ayahnya yang menurut semua orang (kecuali dirinya tentu saja) sangat menarik, menyenangkan dan supel. Bertentangan dari sudut pandangnya.

Yang menarik adalah semakin mendekati The End (tulisan akhir kalau film habis), si anak merajut satu demi satu kebenaran cerita sang ayah! Memang tidak semua benar, karena sang ayah selalu membingkai cerita masa lalunya dengan bumbu-bumbu fiksi agar jauh lebih menarik bila dibandingkan kenyataan sebenarnya. Bila direka, 70% cerita ayahnya adalah benar dan 30% adalah "special effect"nya.

Sebagai penonton, jujur saya lebih menyukai cerita sang ayah. Tetapi
saat ditanya oleh dokter yang membantu persalinan (mungkin secara Caesar) saat dia lahir, si anak menyatakan bahwa ia lebih menyukai versi realitas dibandingkan versi ayahnya. Entahlah. Mungkin dia merasa jenuh karena hampir sepanjang hidupnya sudah dijejali sang ayah dengan cerita dongeng. Indah namun tidak nyata.

*****

Ternyata menjadi orang tua tidaklah mudah ya. Anak tidak selamanya menjadi anak kecil yang lugu dan belum mengetahui mana yang realitas dan mana yang hanya dongeng atau fiksi belaka.

Sebagai seorang ayah, pasti ada rasa ingin selalu dikagumi dan dianggap sebagai figure pahlawan, hebat dalam segala hal dan senantiasa terlihat berwibawa.

Namun hidup terus begulir. Kita tidak dapat menghentikan waktu. Anak akan tumbuh dewasa dan semakin cerdas dalam memandang hidup. Kenyataan mungkin tidak seindah fiksi tetapi sebaiknya tetap harus kita tanamkan sedari dini kepada anak, sehingga mereka siap untuk menghadapinya. Tidak selamanya roda kehidupan mengalir dengan indah, namun ia nyata dan dapat "disentuh".

Saya sendiri sangat suka menceritakan dongeng kepada anak saya, sebagaimana yang dilakukan kakeknya kepada saya. Dongeng tentang kancil dan buaya, kelinci dan kura-kura, bawang putih dan bawang merah, si itik buruk rupa, dan cerita lainnya yang saya sampaikan dengan versi "seingatnya saja". Tetapi, belum pernah saya bercerita tetang kehidupan berbingkai dongeng, masih sebatas menyelipkan pesan moral dengan harapan dijadikan pijakan dan tuntunan bagi si anak di kemudian hari. Naif... tapi realistis bukan :)

Bagaimana dengan Anda?


Minggu

Award Sahabat Rumah Islami

Mohon dibaca karena postingan ini sangat penting...nyesel lho kalo ga dibaca!

Akhirnya tiba saatnya membuat postingan mengenai Award. Mudah-mudahan sahabat blogger ga kehabisan kesabaran ya, maklum setiap dikasih Award baru sebatas ucapan terima kasih...kapan postingnya :)

Setelah sempet terselip oleh tulisan mengenai metode persalinan Caesar, tips aman bertransaksi di ATM dan internet, serta sisi lain kehidupan di ibukota, maka inilah Award dari sahabat Rumah Islami...



award


Sahabat yang begitu baik dan memberikan hadiah yang tak ternilai harganya adalah sby sbb:

Meubel dan Souvenir - Enduro
Investasigo.Com
Coretan Dinding Kamar
Journey of My Life
Bundo Shop Smart
Digital Baca
Blog gado-gado
Arti Irhamna
Em@k(^_^)Em@k
Obrolan Lepas
Dhiela Dot Com
Keunikan Dunia - Inumarulez
Zhatira El-Qisya
Ericjogja
Blognya H35TI
Dunia Inspirasi Mega
mAnGa MaNiAc N'nEt FrEaKeRs

Alhamdulillah akhirnya tuntas sudah tanggung jawab ini. Kepikiran juga kalo posting ini tertunda lagi :) Sangat bersyukur sekali

Lho...terus gimana syarat lainnya yang harus terpenuhi, seperti:
1. Ambil foto tapi ga boleh mandi dulu, jangan gosok gigi, haram cuci muka, sarapan harus dikit, dll.
2. Nominasikan sahabat yang berhak menerimanya (waduh kayak kaum duafa saja ya)

Bukankah cinta tak bersyarat :) #ngeles mode on#

Kalo soal foto...jangan khawatir ya soalnya setiap diambil fotonya, keluarga Rumah Islami pasti belum mandi :) big kidding

Mudah-mudahan tidak menimbulkan perbedaan persepsi ya sahabat, maklum dari dulu kalo dapet
Award bawaannya bingung dan resah trus postingannya jadi tidak terarah :)

Mengenai nominasi, ini tolong dibaca baik-baik ya:

Bagi sahabat blogger yang mampir ke Rumah Islami dan belum pernah dapet Award di atas maka Anda WAJIB mengambil SEMUA Award yang ada dan posting di blog masing-masing! Saya akan cek sembari blogwalking!


Nah pasti nyesel kan baca postingan ini :) wong di atas sudah diingatkan..."nyesel lho kalo ga dibaca!"

Sabtu

The Best Website To Find Ceiling Fans!

ceiling fan
Could somebody send me a ceiling fans please? Tonight is so hot and I need something to give me more fresh air and I wish I am not becoming dry :)

Yap, the rainy day has gone and we are facing hot weather everyday now. I remember at the time I built my house, my father suggested to put one or more ceiling fans in order to make a good air circulation and reduce the impact of hot weather. But you know what? I ignored him! I told him that I could not find a good model of ceiling fan because there was not much option.

Is it true? Totally wrong my friend!

I was too lazy to search in the internet! I wish I knew this this great website earlier, Farreys.com. This is the best site to find so many model of ceiling fan and also the accessories. If you like traditional model, just take a look Casablanca Fans or Ellington Fans. But for modern people, I suggest you to check out the Modern Ceiling Fans.

ceiling fanPersonally, I love Fanimation Ceiling Fans due to the looked is so simple, impressive and very futuristic.

How’s about you? Just visit the website and make your father happy ok :)

Jumat

Caesar: Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Metode Persalinan

Membaca judul di atas pasti beberapa blogger pria langsung tancap gas blogwalking ke blog sebelah :)

Tapi nanti dulu!

Baca sampai habis tulisan ini, karena saya ingin sedikit menginformasikan bahwa ternyata ada yang harus dipertimbangkan saat memutuskan apakah sang istri hendak melahirkan secara normal atau ”terpaksa” secara Caesar. Mengapa tulisan terpaksa diapit dengan tanda kutip? Kan udah dibilang baca sampai habis ya :)

******


Umumnya pada saat disuruh memilih metode persalinan untuk istri, calon ayah atau suami cenderung untuk memilih Caesar dengan alasan supaya proses persalinan dapat dilakukan dengan cepat dan sang istri tidak lama-lama menderita atau kesakitan. Rasa sayang ini sering kali tidak disertai dengan mencari informasi terlebih dahulu apa sih plus minus kedua metode tersebut.

Dari penelitian terakhir, walaupun masih dianggap kontroversial, ternyata 79% anak yang lahir melalui proses pembedahan berpeluang menderita sakit asma atau alergi. Hal ini terkait dengan rendahnya kekebalan tubuh si anak.

Alergi yang disebabkan oleh alergen, yaitu gangguan fungsi lambung akibat minimnya mikrobiota dan autoimun yang ditimbulkan antigen dalam tubuh, perlu untuk medapatkan perhatian lebih lanjut. Faktanya adalah: anak yang lahir dari persalinan normal keluar melalui perineum dan vagina (ini bahasa kedoketeran ya, monggo dicari di Google) dan dipastikan langsung ditempeli oleh si mikrobiota dalam jumlah yang memadai. Sedangkan si anak Caesar (mohon jangan ditambahkan dengan kata ’Julius’, baca aja seadanya) dilahirkan dalam kondisi steril, sehingga Ibunya tidak membekali si buah hati dengan mikrobiota.

Rendahnya mikrobiota dapat menimbulkan masalah kesehatan sebagai berikut:
  • Bayi sering terserang diare akibat infeksi pencernaan.
  • Terkena diare karena asupan antibiotik
  • Menderita kolik, yaitu ketidakmampuan sistem pencernaan bayi untuk mengurai makanannya.
  • Peradangan pada saluran perncernaan.
  • Intoleransi laktosa, yaitu kondisi, dimana terdapat gejala – gejala tertentu setelah seseorang mendapat masukan laktosa (kabohidrat primer susu yang diperoleh dari sang Ibu). Gejalanya antara lain: mules, diare (kembali ke nomer 1 lagi ya) dan muntah.

Kasihan ya dedek bayi! Pasti si buah hati menjadi rewel, terus menangis dan ga betah tidur. Ayah dan bundanya bakalan sering kurang tidur dan harus gantian ngeronda ya :)

Berikut ini beberapa tindakan supaya Anda bisa sedikit lelap di malam hari:
  • Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan. ASI dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh si buah hati.
  • Sedapat mungkin mengurangi pemberian antibiotik
  • Menambah jumlah asupan probiotik, yaitu bakteri baik hati yang dapat mengurangi gejala rendahnya mikrobiota di atas.

Nah, gimana Bapak-bapak sekalian? Masih memilih Caesar sebagai alternatif utama? Sayang istri boleh, tapi jangan lupakan si buah hati ya.

Terlepas dari uraian di atas, saya pribadi lebih setuju persalinan normal karena ongkosnya jauh lebih murah :D

Akhir kata, saya hanya ingin mengingatkan bahwa pilihan Caesar tidak selamanya salah, karena ada kondisi tertentu dimana si Ibu tidak memungkinkan melahirkan secara normal. Carilah informasi sebanyak mungkin, cek kondisi secara berkala, konsultasikan keluhan dan sampaikan segala hal ke dokter kandungan - walaupun kita anggap sepele, sehingga kita lebih yakin dalam memilih metode persalinan.


******

Tulisan di atas sebagian besar saya ambil dari Koran Tempo (maklum langganannya cuma koran ini, yang penting niatnya baik ya) dan beberapa di ambil secara Googling (thanks ya Om Google).

Next posting: award dari teman-teman tercinta, jawaban tes IQ yang udah banyak yang protes, dan ulang tahun si…..bingung mau posting yang mana ya :)


Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...