Jumat

Berpikir Sederhana dan Kreatif

Berpikir Sederhana dan Kreatif
Saya letakkan tulisan ini di blog Rumah Islami agar senantiasa mengingat bahwa terkadang sesuatu yang kita pikirkan tidak serumit yang kita duga... simplify your life ok :)

A Story


Pada sebuah perusahaan sabun ternama di Jepang suatu ketika digemparkan oleh sebuah komplain dari salah satu pelanggannya yang mendapati ternyata ada beberapa kotak sabun yang tidak ada isinya.

Mendengar hal itu sang General Manager langsung berang dan memerintahkan untuk mengusut kasus tersebut. Setelah di usut-usut ternyata mesin quality controlnya bermasalah dan perlu regenerasi dengan mesin yang lebih baru dan canggih lagi.

Segeralah disusun budget untuk melakukan penelitian dan pembelian sebuah mesin baru yang lebih canggih. Ternyata budget tersebut sangat besar yang memakan biaya sampai jutaan Yen,. Sehingga akhirnya ada satu karyawan yang punya ide sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

Idenya adalah dengan menempatkan kipas angin pada roda berjalan produksi sabun. Cara kerjanya jika kardus tersebut kosong maka otomatis akan terbang tertiup angin dari kipas tersebut.

Other Story

Salah satu penemuan brillian pemerintah Amerika adalah sebuah bollpoint khusus yang menggunakan bahan crystal bermutu tinggi dengan bahan kimia tertentu sebagai tintanya,, Penemuan ini berasal dari masalah badan antariksa nasional Amerika ( NASA ) , yang kesulitan dalam mencatat hasil kerja para astronaut di luar angkasa sana. Mereka mendapati kenyataan bahwa bollpoint yang mereka bawa dari bumi tidak bisa di gunakan dalam kondisi tanpa gravitasi.

Segera tim NASA meminta anggaran khusus untuk melakukan penelitian terhadap ballpoint ini. Penelitian ini memakan waktu hingga 12 tahun dan menghabiskan dana milyaran dollar sebelum akhirnya tercipta bollpoint canggih tersebut.

Tahukah anda apa yang dilakukan para astronaut dari Russia? Mereka hanya menggunakan sebatang pensil...!!!
Dari ke dua cerita di atas menunjukan bahwa terkadang saat kita dihadapkan dengan suatu permasalahan kita terlalu sibuk dan pusing untuk memikirkan solusinya. Sesuatu yang nampak canggih dan professional tersebut sebenarnya tidak selalu sebagus yang dibayangkan. Kecanggihan tersebut yang memakan banyak waktu dan biaya hanya dikalahkan oleh ide sederhana yang cenderung bodoh, bahkan orang dungu pun bisa memikirkannya.

Jadi ... berpikirlah sederhana dan kreatif tapi tetap simple. Jika hidup ini bisa lebih mudah untuk apa mempersulit diri sendiri?

Simpan tenaga anda untuk masalah yang lainnya
.

Penulis: K Suheimi, Sumber: milis

2 komentar:

  1. berpikir praktis ada gunanya juga

    kalo berpikir gaptek kayak diriku?

    BalasHapus
  2. seronok nya nih artikel bisa nambah wawasanku

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...