Jumat

KHASIAT DOA AIR ZAM-ZAM Manfaat Air Zam-Zam

Air Zam-Zam - Para jemaah haji tidak akan kesulitan mencari air zamzam selama di Kota Makkah. Sebab, pengelola Masjidil Haram menyediakan air zamzam yang melimpah dan gratis. Zamzam dalam bahasa Arab artinya banyak atau melimpah.

KHASIAT DOA AIR ZAM-ZAM Manfaat Air Zam-Zam

Sumur Zamzam terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Kakbah dan memiliki dalam sekitar 42 meter. Mata air zamzam ditemukan pertama kali oleh istri Nabi Ibrahim, Siti Hajar. Ketika itu Siti Hajar dan Ismail ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim di padang pasir yang panas dan tandus. Untuk memenuhi kebutuhan Ismail, Siti Hajar harus berlari bolak balik antara bukit Safa dan Marwah.

Atas petunjuk malaikat Jibril, Ismail kecil yang menangis saat itu menghentak-hentakkan kakinya ke tanah hingga menimbulkan percikan air. Air itu menjadi sumber mata air yang tidak pernah habis hingga saat ini.

Saat ini, air zamzam disediakan melalui dispenser-dispenser di dalam maupun di luar masjid. Air zamzam juga tersedia dalam keadaan dingin maupun biasa. Dikutip dari buku 'Amalan di Tanah Suci: Membantu Haji & Umrah Anda Lebih Produktif' karya H Rafiq Jauhary, Rabu (7/9/2016), tidak ada cara khusus dalam meminum air zamzam.

Begitupun dengan doanya, dibebaskan selagi doa itu baik. "Karenanya diperbolehkan jika Anda memohon dengan doa apapun. Di antara doa yang masyhur adalah yang pernah dicontohkan Ibnu Abbas: Allahuma as-aluka 'ilman nafi'a warizqan wasi'a wasyifa-an min kulli dain. Artinya: Ya Allah, saya memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit (Al-Mustadrak:1739)," tulis Rafiq.

Banyak hadits yang menyebutkan keutamaan dari air zamzam. Salah satunya mengenai manfaat air zamzam bagi tubuh. Hadits tersebut berbunyi: Rasulullah SAW bertanya kepada Abu Dzar,"Sejak kapan kamu di sini? (Makkah) Abu Dzar menjawab,"Saya sudah berada di sini sejak satu bulan". Rasulullah SAW kembali bertanya,"Siapa yang memberimu makan?".

Abu Dzar menjawab,"Saya tidak memiliki makanan kecuali air zamzam, maka saya pun menjadi gemuk, sampai-sampai lipatan perutku mengembang. Dan saya sama sekali tidak pernah merasakan lapar yang mendera". Rasulullah bersabda," Sesungguhnya air zamzam itu diberkati, sesungguhnya ia adalah makanan yang bergizi," (Shahih Muslim: 6513).

"Keutamaan lain dari air zamzam adalah dia dipakai oleh malaikat untuk mencuci hati Rasulullah ketika dadanya dibelah saat Rasulullah kecil. Oleh karenanya beliau menganjurkan untuk memperbanyak minum air zamzam karena ia adalah minuman yang mengenyangkan dan menyembuhkan penyakit," jelas Rafiq.

Perlu dicatat, setiap jemaah haji hanya dibolehkan membawa 5 liter air zamzam ke Tanah Air. Jika hendak melebihi dari batas tersebut, sebaiknya dikirim melalui kargo.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...