Selasa

INFO MUDIK 2010 Jalur Mudik Lebaran Angkutan Laut: 2010, Pemudik Angkutan Laut Ditaksir 1,2 Juta Jiwa

INFORMASI MUDIK 2010 LEBARAN 1431H Peta Jalur Mudik Lebaran 2010 Jawa Tengah Jawa Barat Jawa Timur Inilah update informasi mudik lebaran 2010 dan jalur arus mudik puasa melalui angkutan laut. Sebelumnya juga sudah diposting mengenai persiapan mudik puasa 2010 dan lebaran 1431H jalur angkutan darat bagi pengguna kendaraan bermotor dan mobil.

Kementerian Perhubungan, Direktorat Perhubungan Laut memperkirakan pemudik lebaran di 2010 yang menggunakan jasa angkutan laut sebesar 1,2 juta jiwa. Angka ini diprediksi mengalami kenaikan dibanding 2009 yang mencapai 1,1 juta pemudik.

Direktur lalu lintas dan Angkutan laut Kementerian Perhubungan Direktorat Perhubungan laut, Leon Muhammad mengatakan pihaknya mempersiapkan lebih dari 719 unit kapal di seluruh pelabuhan di Indonesia.

“600 di antaranya kapal milik swasta dan 26 unit milik Pelni,” katanya usai acara kampanye keselamatan pelayaran, di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kaltim, Selasa (27/7/2010).

Menurutnya, meski angkutan laut mudik Lebaran
bukan lagi sebagai primadona karena telah banyak angkutan penerbangan namun kapal laut masih dijadikan angkutan alternative dari satu pulau ke pulau lainnya.

Karena itu, untuk menghindarinya terjadi arus puncak, pihak Dephubla, meminta kepada industri padat karya dan pemerintah daerah untuk memberikan THR lebih awal sebelum datangnya hari Lebaran.

“Pengalaman kita, pemberian THR jelang Lebaran ini pengaruhnya sangat besar bagi pemudik untuk berlebaran jelang hari H. Nah ini pengalaman tahun lalu yang kita rasa sangat berpengaruh jika semua perusahaan dan pemerintah memberikan THR bersamaan jelang beberapa hari raya,” tandasnya.

Karena itu pula, tambah Leon, pihak melakukan sosialisasi ke daerah-daerah termasuk Kalimantan termasuk industri-industri dan pemerintah daerahnya agar ikut berperan memperlancar arus mudik.

“Di Kalimantan kan perkebunan sawitnya banyak, jadi arus mudik ke Jawa dan Sulawesi cukup tinggi,” kata Leon yang besok rencananya akan berkunjung ke Kalsel dan Kalteng.

Sementara dalam dialog dengan peserta sosialiasasi di pelabuhan Semayang, Leon mendapat pertanyaan dari warga soal pungutan liar bagi penumpang untuk tempat tidur di atas kapal.

“Itu harus dicek oleh Adpel nanti dilaporkan kepada posko jika ada pungutan. Tempat tidur di atas kapal itu sudah menjadi hak penumpang jadi tidak boleh lagi ada seperti. Laporkan saja,” kata Leon sambil menunjuk Adpel Semayang Dalle untuk mengatasi keluhan calon pemudik.

Sumber: detik.com

Baca juga kumpulan resep buka dan sahur ramadhan untuk 1 bulan ya.

info mudik 2010, jalur mudik lebaran 2010, informasi arus mudik puasa ramadhan, peta jalur mudik lebaran 2010 1431h, peta mudik jawa sumatera, kondisi jalur pantura dan pantai selatan

1 komentar:

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...