Jumat

TIPS SEHAT PUASA RAMADHAN Bugar Prima Berpuasa Maksimal

TIPS PUASA RAMADHAN Sehat Bugar Berpuasa Prima Sambut Lebaran 2010 Tips Sehat Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan Bugar dan Tetap Prima Menjalankan Ibadah Puasa ini penting sekali untuk dibaca karena sangat disayangkan apabila di bulan suci yang paling kita tunggu dan datangnya setahun sekali ini kita jatuh sakit dan puasanya tidak penuh dan maksimal.

Bulan puasa adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Menjaga tubuh agar selalu sehat bugar ketika menjalankan puasa Ramadhan akan memberikan kesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya dan bila tiba Hari Idul FItri kita akan kembali suci dan terbebas dari segala dosa.

Yuk maksimalkan ibadah puasa kita. Artikel terkait adalah kiat sehat dan fit puasa ramadhan dan informasi arus mudik lebaran 2010 jalur mudik selatan pantura laut udara.

Tips Sehat dan Bugar Selama Bulan Puasa Ramadan

NIAT PUASA
Motivasi yang kuat untuk berpuasa menyebabkan fisik kita siap untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut. Diketahui bahwa kadar asam lambung orang yang niat puasa lebih rendah dari orang yang kelaparan. Hal ini karena niat(motivasi) puasa menyebabkan penekanan pusat lapar di otak sehingga kita siap menahan lapar sampai waktu berbuka.

TETAP MAKAN SAHUR
Makan sahur penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian. Bila tidak sahur seseorang akan mudah menjadi hipoglikimia dimana kadar gula dalam darah turun. Hal ini menyebabkan tubuh cepat menjadi lesu, loyo dan mengantuk, bahkan mudah marah.

HINDARI MAKANAN DAN MINUMAN YANG BANYAK MENGANDUNG GULA SAAT SAHUR
Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya rasa lapar akan cepat timbul dan badanpun menjadi cepat lemas danlesu. Perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi karena protein akan diolah lebih lambat disbanding jenis makanan lain.

SEGERA BERBUKA PUASA PADA WAKTUNYA
Segeralah berbuka dengan makanan yang manis (korma) dan secukupnya, makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi. Makan dan minumlah kamu jangan berlebihan QS 7:31

BEROLAHRAGA DI BULAN RAMADHAN
Salah satu penyabab cepat lelah ketika puasa adalah kebiasaan yang salah ramai-ramai berolahraga sehabis sahur. Waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) menjelang berbuka puasa dan dianjurkan tidak melakukan olahraga yang terlalu berat.

MENJAGA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SELAMA BERPUASA
Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

Semoga bermanfaat…
Diambil dari leaflet DPD Partai Keadilan Sejahtera Kota Bekasi.

Dari sahabat: Adiarifin.web.id

Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa Ramadhan Agar Badan Sehat Prima dan Bugar

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...