Jumat

Tips Kesehatan: Kiat Sehat Selama Berpuasa Di Bulan Suci Ramadhan Agar Tetap Bugar Dan Fit

Tips atau kiat sehat agar tetap bugar selama berpuasa sangatlah penting untuk diketahui, karena banyak sekali perubahan aktivitas jasmani dan rohani yang kita lakukan sepanjang Bulan Suci Ramadhan bila dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Sayang sekali kalau sampai kita lalai menjaga diri sehingga mengakibatkan tubuh tidak fresh dan fit. Yang terjadi adalah cuma puasa beduk...beduk shalat Dhuhur :) Atau bahkan tidak berpuasa sama sekali karena jatuh sakit. Naudzubillahi Mindzalik!

Simak baik-baik ya tips berikut ini supaya tetap sehat bugar dan fit selama menunaikan ibadah puasa.

Kiat Sehat dan Bugar Saat Berpuasa:

1. Makanan yang bergizi, harus mempunyai komposisi 50% karbohidrat, 10-15% protein, 25% lemak serta vitamin dan mineral yang proporsional. Pada umumnya pria membutuhkan sekitar 2100 kalori sedangkan perempuan hanya sekitar 1900 kalori. Kalori sebanyak ini bisa terpenuhi dari makanan dan minuman yang disantap saat berbuka puasa, makan malam dan sahur. Untuk makanan sebaiknya pilih makanan yang alami. Misalnya karbohidrat diperoleh dari nasi, kentang, jagung atau mie. Protein diperoleh dari daging, ikan, tahu, tempe, dan lain-lain. Lemak dapat diperoleh dari kelapa, lemak hewan, dan lain-lain. Vitamin dan mineral bersumber dari sayuran dan buah-buahan seperti bayam, kangkung, pepaya, wortel, pisang, apel, jeruk dan lain-lain.
2. Minum yang cukup, sekitar 2000-2500 ml air sehari (kurang lebih 10 gelas), minum air putih terutama malam hari dan saat sahur. Agar bisa berfungsi sebagai terapi, silahkan baca artikel Terapi Air dan Terapi Air Ala Rasulullah. Pada usia lanjut sering merasa tidak haus, namun demi menjaga agar tidak terjadi dehidrasi (kekurangan cairan) seyogyanya tetap minum yang cukup. Pada penderita gagal ginjal, minum air memang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pengertian minum air tidak selalu berarti minum air putih saja, tetapi minum teh, susu, jus buah bahkan kuah sayur juga termasuk air yang kita konsumsi.
3. Saat sahur, meski kurang bernafsu untuk makan karena masih mengantuk, sebaiknya makan secukupnya, jangan terlalu kenyang. Rasulullah menganjurkan kita makan sahur karena didalamnya ada berkah, yaitu bisa memperkuat badan kita saat beraktivtas di siang hari dan keberkahan lain pada saat sahur. Rasulullah juga menganjurkan agar mengakhirkan waktu sahur atau makan sahur selambat mungkin , kira-kira setengah jam sebelum waktu imsak atau waktu subuh. Perbanyaklah makan makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayuran dan buah, karena makanan ini mampu menahan rasa lapar cukup lama.
4. Saat berbuka puasa, hendaknya dimulai dengan menikmati minuman hangat dan makanan ringan yang manis, seperti buah kurma atau kolak. Rasulullah menganjurkan berbuka dengan kurma karena kandungan gula dalam kurma sangat baik untuk kesehatan bahkan untuk penderita diabetes (kencing manis) sekalipun, selain untuk energi, kurma juga kaya kalium, magnesium dan serat. Hindari minuman yang dingin atau es dan makanan pedas karena mulut, kerongkongan dan lambung sudah tidak dilalui makanan selama sekitar 16 jam, karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang akan mudah “terangsang” bila menonsumsi makanan dan minuman sejenis itu.
5. Untuk mencegah sembelit sebaiknya sayur dan buah dikonsumsi setiap hari. Dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan minum air atau jus buah, akan menghindari timbulnya sembelit atau susah buang air besar yang tentu bisa sangat menyebalkan.
6. Kalau perlu boleh memakan suplemen/multivitamin, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Baik juga jika mengonsumsi Nutrient High Calcium (Kalsium I) dan Cordyseps dari Tianshi. Saya sudah menerapkan ini dan efeknya luar biasa.
7. Istirahatlah di waktu siang hari. Ingat, aktivitas di siang hari akan menyebabkan banyak keringat keluar sehingga tubuh dapat kehilangan cairan dan elektrolit.
8. Lakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki atau joging secara teratur selama setengah jam.

Sumber: http://dokternasir.web.id/kiat-sehat-dan-bugar-saat-berpuasa/

Tips Kiat Sehat Puasa Bugar Fit

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2015 Sambut Lebaran 1436H

Loading...