Rabu

Tips Rumah Aman Mudik Lebaran Pulang Kampung Hati Tenang

Tips aman meninggalkan rumah saat Mudik Lebaran ini penting untuk diketahui agar hati tetap dan tenang saat pulang kampung.

Secara umum, bahaya yang dapat terjadi saat mudik hari raya adalah rawan kebakaran dan pencurian atau perampokan. Walapun saat hendak melakukan perjalanan kita biasanya berdoa kepada Allah SWT agar melindungi diri sendiri, keluarga dan harta yang ditinggalkan selama bepergian, sebagai manusia kita wajib melakukan ikhtiar. Bila ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, ikhklaskanlah dan yakin bahwa di balik semua itu ada hikmah yang dapat dipetik.

Berikut ini usaha yang dapat kita lakukan atau tips tinggalkan rumah mudik leberan tetap aman dan nyaman. Baca juga kumpulan nama-nama islami untuk anak bayi laki dan perempuan ya.

Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Hari Idul Fitri Mudik Lebaran Di Kampung

1. Laporkan kepada Ketua RT dan RW kapan dan sampai kapan Anda akan mudik Lebaran agar beliau dapat melakukan koordinasi dengan petugas keamanan lingkungan untuk melakukan pengawasan ekstra terhadap rumah Anda.

2. Sebaiknya tetangga terdekat Anda beritahu bahwa sekian hari rumah dalam keadaan kosong karena pulang kampung. Titipkan kunci kepada tetangga yang dapat dipercaya dan minta tolong supaya lampu depan dinyalakan di malam hari dan dimatikan pada pagi harinya. Kalau perlu diming-imingi bakalan dapet oleh-oleh supaya jaga rumahnya lebih bersemangat :) Tentu saja semua pintu kamar harus dalam keadaan terkunci dan kuncinya jangan ikut dititipkan!

3. Periksa kembali peratalan elektronik dan atau apapun yang berhubungan dengan listrik untuk menghindari bahaya kebakaran saat rumah ditinggal. Yang paling aman adalah mencabut semua colokan listrik dan kalau perlu dimatikan secara total untuk menghindari hubungan arus pendek atau korsleting.

4. Bawa semua barang berharga Anda seperti emas, uang, sertifikat deposito dan lain-lain seandainya Anda tidak begitu yakin dengan keamanan di lingkungan tempat tinggal Anda. Bila memiliki fasilitas safe deposit di bank sebaiknya digunakan saja. Daripada merepotkan di jalan nenteng-nenteng tas besar saat jalan-jalan di kampung :)

5. Periksa kembali jendela dan pintu rumah agar jangan sampai ada yang belum terkunci. Pasang rantai besar untuk pintu pagar sebagai pengaman ganda selain gembok. BIla memiliki uang lebih, pasang pengaman rumah atau alarm yang memiliki fasilitas kirim SMS (pesan pendek) ke ponsel kita saat ada yang berusaha masuk tanpa ijin. Atau bisa juga memanfaatkan CCTV atau kamera keamanan yang terkoneksi secara real-time ke handphone, walaupun ini tidak disarankan karena teknologinya relatif mahal.

6. Lepaskan selang gas dari kompor dan tabung LPG karena rentan digerogoti tikus. Sebaiknya dtitipkan saja ke tetangga kalau ragu-ragu, walaupun dijamin dikembalikan dalam keadaan kosong :)

7. Minta tolong kepada petugas keamanan di lingkungan Anda secara pribadi (tidak lewat Ketua RT atau RW) untuk mengawasi rumah selama bepergian. Berikan sedikit THR supaya lebih rajin keliling dan melakukan pengawasan khusus.

8. Yang paling baik adalah meminta keluarga atau kerabat yang tidak mudik Hari Raya Idul Fitri untuk tinggal di rumah selama Anda berwisata sekaligus bersilaturahmi di daerah asal. Lebih tenang dan dapat dipercaya.

Mudah-mudahan tips aman tinggalkan rumah saat mudik Lebaran pulang kampong ini bermanfaat. Sumber: Googling, Foto: Kapanlagi


3 komentar:

  1. Semoga aman dan selamat bagi yang mudik.

    BalasHapus
  2. Amiin.. Semoga aman juga buat rumah yang di kota yang ditinggal mudik.

    BalasHapus
  3. Memang benar...Anda dapat memakai program2 gratisan yang didapat lewat download dari internet....Tetapi jangan salah :
    1. kebanyakan data2 sebagian atau semua data – data makin rusak, atau bahkan tidak ada sama sekali folder / data yang akan anda cari.Karena apa? karena anda tidak tahu formattan system pada media hard disk anda apaka diformat pada 16Kb/Sector, 32Kb/Sector, 64Kb/Sector, 128 Kb/Sector, 256Kb/Sector, 256Kb/Sector,512Kb/Sector. Ini sangat mempengaruhi keberhasilan anda. Anda harus tahu...Kalau tidak data anda sebagian atau tidak ditemukan sama sekali, walaupun memakai perogram secanggih apapun.
    2. Untuk katagori kerusakan fisik, misalnya minta F1 saat booting, bunyi knocking down/clicking atau tidak terdeteksi BIOS lagi…Program yang anda sebutkan tidak akan sanggup menyelamatkan data-data anda. Jangan asal bongkar!!! Disini saatnya anda menyerahkan itu semua pada kami, ahlinya. www.penyelamatandata.com

    Team Data Recovery
    http://www.penyelamatandata.com

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2015 Sambut Lebaran 1436H

Loading...