Selasa

Tips Rumah Islami: Rumah Bersih Rumah Sehat Dan Nyaman Sambut Bulan Suci Ramadhan Dan Lebaran (Hari Raya Idul Fitri)

Rumah Bersih Sehat Islami Sambut Lebaran Bulan Suci Ramadhan
Rumah yang bersih dan sehat perlu dipersiapkan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan Lebaran.

Persiapan menyambut bulan puasa tidak hanya secara mental namun juga secara fisik, sehingga dapat ibadah dapat dilaksankan secara maksimal.

Demikian pula dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, kebersihan rumah haruslah diperhatikan. Malu kan kalau tamu datang rumahnya berantakan. Bukankah rumah adalah cermin diri si pemilik sebagaimana mata adalah cermin hati :)

Yuk kita sambut datangnya Ramadhan dan Lebaran dengan hati yang bersih dan rumah yang bersih pula, karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Rumah sehat dan nyaman adalah idaman keluarga Islami di Hari Raya yang fitri. Tak lupa mengingatkan untuk membaca artikel tips sehat buka puasanya juga ya.

Membersihkan Rumah Menjelang Puasa dan Lebaran

Menyambut hari Lebaran, pasti banyak tamu yang berkunjung. Karena itu jangan pernah lupa melakukan pembersihan rumah sekaligus dekorasi di dalamnya. Sebainya dilakukan sejak dimulainya bulan puasa hingga h-1 Lebaran.

Cara bersih-bersih ini bisa menjadi alternatif ketika Anda tak punya waktu dan dana yang cukup untuk melakukan renovasi. Cermati tips-tips praktis pembersihan rumah berikut ini !

-Siapkan Storage Baru dan Kardus Storage baru berupa boks-boks plastik akan dapat mempermudah klasifikasi barang-barang yang akan dirapikan. Siapkan dalam beberapa ukuran yang merupakan kriteria pemilahan. Sedangkan kardus bekas di sini berfungsi untuk mewadahi segala pernak-pernik yang akan disimpan di gudang. Boleh juga menyiapkan tong sampah untuk sekaligus membuang barang-barang yang tidak berguna ke dalamnya.

-Fokus pada Ruang Demi Ruang Pertama-tama, coba fokuskan terlebih dahulu ruangan per ruangan daripada Anda mengerjakannya sekaligus ke seluruh ruangan. Kumpulkan semua barang yang berserakan di ruangan, masukkan dalam boks dalam satu ruang. Lalu, sapu seluruh ruang, teruskan dengan mengepel, dan terakhir rapikan berbagai barang pada tempatnya semula.

-Tentukan Pola dalam Ruang Cara yang lebih efisien adalah dengan mengerjakan ruangan demi ruangan. Mulailah dari pintu kamar kemudian bergeser/berputar sesuai dengan arah jarum jam. Atur barang yang berserakan ke tempatnya masing-masing, bersihkan dari debu yang menempel. Pasti waktu yang Anda perlukan lebih cepat dan hasilnya lebih bersih.

Trik Khusus Hemat dan Praktis -Gunakan alkohol yang sudah diteteskan di cotton bud untuk membersihkan kotoran-kotoran kecil yang menempel di mulut keran dan lubang shower.

-Tisu basah/pembersih bayi dapat digunakan untuk membersihkan noda-noda putih, misalnya jika baju Anda kejatuhan tetesan pasta gigi. -Jika Anda mempunyai banyak sisa popok sekali pakai yang sudah kekecilan karena anak sudah tumbuh besar, daripada dibuang sebaiknya digunakan untuk mengepel lantai. Lebih irit dibanding Anda membeli kain pel yang baru. Pakai popok sekali pakai juga membuat lantai bersih dan mengkilap.

-Jangan sepelekan baby oil. Banyak manfaatnya untuk keperluan bersih-bersih rumah. Antara lain, bisa menghilangkan noda bekas aspal, minyak, lemak, cat, atau vernis kayu dari tangan Anda dan juga cat atau noda yang menempel di perabot/furnitur, serta sisa perban atau plester yang menempel di kulit.

-Agar barang-barang bebas dari kuman, bersihkan dengan campuran cuka, sabun cair bayi, dan air. Kemudian masukkan ke dalam botol penyemprot. Terutama cocok untuk membersihkan mainan anak-anak! Tisu basah/pembersih bayi dapat digunakan untuk membersihkan noda-noda putih, misalnya jika baju Anda kejatuhan tetesan pasta gigi.

Manfaatkan Air Bekas Akuarium Jangan buang begitu saja air bekas akuarium yang lama ataupun sisa air yang lain. Manfaatkan cairan tersebut untuk menyiram tanaman di kebun atau di pot. Air bekas tersebut banyak mengandung vitamin, bebas dari zat kimia dan klorin karena suhu air menjadi normal. Tanaman pun akan tumbuh subur. (Foto: http://ipoh.info/, Artikel: SurabayaPost) rumah bersih rumah sehat rumah nyaman menyambut bulan puasa Ramadhan dan Lebaran

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...