Minggu

TIPS SUKSES: KIAT MEMUPUK RASA PERCAYA DIRI

Tips atau kiat memupuk rasa percaya diri ini penting agar dapat mendatangkan sukses di bidang pendidikan, sosialisasi dan pengembangan diri. Tumbuhkanlah rasa percaya diri anak dengan menerapkan beberapa hal berikut :

RESPONSIF. Jika si kecil tampak sedih, misalnya Anda dapat menanyakan apa yang membuatnya sedih.

BERSIKAP POSITIF. Sebagian rasa percaya diri anak tumbuh dari sikap dan pendapat positif orang lain terhadap dirinya. Orang tua, sebagai sosok yang terdekat dengan anak, selayaknya sering-sering menunjukkan sikap positif.

BERI WAKTU. Meluangkan waktu khusus untuk si buah hati di rumah membuatnya tahu ia berharga di mata Anda dan juga lingkungannya.

GALI POSITIF. Beri si kecil kesempatan mengembangkan kelebihannya dan menerima kekurangannya secara proporsional.

HINDARI LABEL NEGATIF. Anak yang mendapat label negatif cenderung mengkondisikan diri dengan prilaku tersebut. Jika si kecil terbiasa mendengar kata seperti ia “ tak bisa mengerjakan apa-apa “ dan “ tidak tahu apa-apa “, anakpun mengkondisikan dirinya seperti itu.

BERI TANGGUNG JAWAB. Memberi anak tugas tertentu membuatnya terbiasa bertanggung jawab dan tahu ia mampu melakukan sesuatu. Ini mendorong rasa percaya diri dan kebanggaan dirinya.

TETAPKAN REWARD YANG PROPORSIONAL. Anak perlu tahu perilakunya yang baik memperoleh reward (pujian atau pelukan). Begitu pula sebaliknya.

Terapkanlah secara konsisten tips kiat memupuk rasa percaya diri ini. Semoga sukses.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...