Jumat

Apakah Gemuk itu Sehat????????

Orang awam berpandangan bahwa gemuk sebagai petanda kemakmuran pada seseorang. Namun, banyak orang gemuk merasakan bahwa kegemukan adalah hal yang kurang baik untuk kesehatan dan mempunyai kaitan dengan penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Kegemukan dalam pengertian awam adalah lemak yang berlebihan, sedangkan definisi kedokteran adalah kelainan kompleks dari pengaturan nafsu makan dan metabolisme energi yang dikontrol oleh faktor-faktor biologis yang spesifik.

Untuk menilai kegemukan dipakai sebagai berikut

IMT ( Indeks Masa Tubuh) yaitu Barat badan/tinggi 2
Klasifikasi WHO (orang Asia Pasifik)
18,5 – 22.9 = normal
23 -24,9 = kelebihan
25 – 29,9 = Obese 1
>30 = Obese 2

Penyebab kegemukan adalah ketidakseimbangan kalori yang masuk dengan pemakaian yang berlangsung lama, pola hidup yang tidak aktif yang berlangsung lama, kelainan metabolisme (genetik), ada gen Leptin yaitu menyebabkan rasa kenyang, dimana terjadi mutasi sehingga tidak kenyang-kenyang.

Penyakit-penyakit yang dapat terjadi akibat kegemukan adalah diatetes, batu empedu, hiperkolesterol, penyakit sendi, pelemakan hati, darah tinggi, kurang subur, sindrom sleep apnea, kanker dan menstruasi yang tidak teratur.

Jadi hal-hal yang perlu dilakukan dalam penanganan kegemukan adalah

- Mengatur makanan : kurangi lemak dan karbohidrat serta perbanyak sayuran dan buah-buahan. Bila perlu konsultasi dengan ahli gizi.
- Perubahan prilaku : pola makan dan olahraga yang teratur.
- Pengobatan : diberikan dalam keadaan tertentu.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...