Selasa

KENALI BANDO, CIPUT & SCARF UNTUK GAYA BERKERUDUNG


BANDO ATAU HEADBAND

Pada waktu Anda belum memakai kerudung, bando atau headband yang satu ini tentu Anda telah mengetahuinya. Bando ini dapat digunakan untuk mengatur rambut agar lebih tertarik kearah belakang, khususnya untuk rambut panjang.

Dalam memakai kerudung bando memiliki fungsi yang sama sebagai alat menarik rambut ke belakang, sehingg pada saat berkerudung, rambut akan tersimpan rapi.

Selain itu bando juga memberikan efek tertentu pada bentuk muka dan kepala, karena saat dikenakan dibalik ciput, bando yang memiliki volume akan tercetak atau menyembul ke balik scraf. Sehingga menjadikan raut muka terlihat lebih memanjang.

CIPUT

Ciput juga dikenal sebagai sebutan anak kerudung. Alasan pemakaiannya adalah agar rambut terlihat rapi tersimpan dibalik kerudung. Selain itu dapat membantu agar kerudung dapat dapat diam di kepala, sebab saat memakai ciput, ciput akan terikat di kepala lalu kerudung dapat dipaku atau dijepit pada ciput sehingga akan menghasilkan bentuk kerudung yang rapi sepanjang hari.

Selain itu ciput berguna untuk memperindah bentuk kening. Kening yang lebar dan tinggi, misalnya dapat terlihat lebih kecil. Lalu jika bentuk wajah yang bulat, maka cipt akan mengangkat kedudukan kerudung sehingga raut wajah terlihat lebih terbuka dan lebih memanjang.

Panduan yang bida menjadi pertimbangan dalam memilih ciput adalah bahan pembuatnya, yaitu :

  • Ciput topi golf. Cocok untuk kerudung dengan bahan relatif tebal atau bagi Anda yang bermasalah rambut rontok . Namun perlu diperhatikan ciput bentuk ini tidak cocok jika dipadankan dengan kerudung berbahan chiffon atau bahan tipis, sebab bagian dalam kerudung seperti batas ciput dan rambut akan tampak dan memberi terlihat kesan kurang rapi dan kurang indah.
  • Ciput penuh. Bentukya menyerupai topi dengan beberapa pilihan bahan pembuatnya. Antara lain bahan kaus, katun dan jaring.

SCRAF

Scraf dapat juga disbut selendang, namun umumnya sebutan selendang diartikan yang berbentuk segi panjang seperti pashmina sementara scraf lebih sering digunakan yang berbentuk bujur sangkar.

Dalam memilih scraf untuk berkerudung ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. Aktivitas. Aktivitas yang akan dilakukan misalnya ke kantor, acara formal atau acara bersantai.
  2. Cuaca.
    Pilihlah scraf berbahan katun jika hari panas atau pilih yang tidak terlalu tipis pada saat cuaca berangin.
  3. Ukuran.
    Ukuran yang nyaman adalah yang panjang masing-masing sisinya 1 m, namun yang sisinya 90 cm juga dapat menjadi pilihan. Jika anda ingin memakai kerudung yang menutupi dada minimal sisi scrafnya 115 cm x 115 cm. khusu Anda yang berbadan besar, maka untuk menutupi dada diperlukan scraf dengan sisi 125 cm.
  4. Corak.
    Sebaiknya Anda memilih scraf yang saat dikenakan coraknya akan berada jauh dari muka, agar tidak terkesan keruh. Pilih scraf yang polos jika motif pada busana sudah ramai.
  5. Warna.
    Pilihlah warna yang satu nuansa dengan busana yang dikenakan. Lebih muda atau lebih tua sedikit tidak maalah selama gradasi warnanya sama dan cocok. Pilih warna yang lembut jika Anda akan memakainya untuk ke kantor.
  6. Detail Aplikasi.
    Sekarang banyak kerudug yang dihias dengan aplikasi mote emas, perak atau payet. Kerudung ini sebaiknya digunakan di malam hari. Jika Anda ingin menggunakan yang berpayet disiang hari, pilihlah payet yang sederhana dan tidak berkilau alias dof.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...