Senin

TIPS MERAWAT KAIN BATIK

Batik adalah kain tradisional khas Indonesia yang perlu dilestarikan oleh kita semua dengan cara :

  • Salah satunya merawat kain batik agar tidak mudah rusak dan pudar warnanya. Batik memerlukan perawatan khusus agar tetap terjaga keelokkannya.
  • Saat mencuci batik yang tidak boleh adalah menggosok/menyikat dan memerasnya. Karena akan berakibat pada warna dan tekstur batik. Kalau sekiranya tidak terlalu kotor cukup dicuci dengan air hangat. Namun jika terkena noda seperti makanan, bisa dihilangkan dengan mengusapkan sabun mandi dan kulit jeruk ke bagian yang bernoda.
  • Pantangan lainnya adalah menggunakan mesin cuci karena akan merusak tekstur kain. Saat menjemur, rentangkan kain batik agar tak ada bagian yang terlipat. Kemudian proses penyetrikaan , sebaiknya jangan meyetrika secara langsung, berikan alas diatas kain batik.
  • Sebaiknya jangan diberi pewangi dan pelembut kain di batik tulis. Namun, jika ingin memakai pewangi jangan disemprotkan secara langsung, tapi ditutupi dengan kertas koran baru disemprotkan. Hindari penyemprotan parfum langsung ke kain batik sutra dengan pewarna alami.
  • Untuk penyimpanan, taruhlah batik di dalam plastik agar terhindar dari kutu busuk dan rayap. Jangan memberi kapur barus karena akan merusak batik. Taruhlah merica yang telah dibungkus tisu untuk mengusir serangga yang mengganggu.

1 komentar:

  1. Mantap artikelnya, semoga makin banyak yang cinta batik, sehingga tidak di akui lagi oleh malaysia! Hidup budaya indonesia! hidup batik!

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...