Tahap Penting Merangsang Kecerdasan si Mungil Dengan Aktivitas Aktif-Responsif
Usia 0-1 bulan
Pada masa usia ini mempunyai kemampuan untuk belajar, menguasai refleks batuk, muntah, menggenggam, terkejut, maupun gerakan menendang.
Yang Anda lakukan adalah :
- Membantu mengembangkan gerakan-gerakan refleks untuk mengenali lingkungan dengan baik.
- Mengenali bunyi tangis bayi, sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhannya.
- Berbicara dengan suara yang lembut karena bayi tertarik pada nada seperti itu.
- Memberikan mainan dengan bahan lembut untuk belajar menggenggam.
- Berkomunikasi dengan mendekatkan wajah, karena tertarik pada wajah terutama bagian mata.
Usia 1- 4 bulan
Mulai menggunakan indera penglihatan, pendengaran untuk mengenali objek sekitarnya. Mampu untuk mengkoordinasikan gerak antara mata dan tubuh. Selalu meminta perhatian (rewel) dan mudah tertarik terhadap sesuatu yang baru.
Yang Anda lakukan adalah:
- Memanggil namanya, melatih menggerakkan kepala mencari arah sumber suara.
- Memberikan mainan yang lunak, bersih dan aman untuk dipegang.
- Mengajak bermain dan mengenal orang lain dirumah.
Usia 4 – 8 bulan
Berkembangnya kemampuan untuk mengamati terhadap lingkungan sekitarnya menyebabkan timbulnya rasa ingin tahu dan kebiasaan bergumam. Muai duduk dan bisa mengamati lingkungan dengan leluasa merangsang untuk mencoba merangkak, berdiri dengan berpegangan. Aktif dan responsif terhadap mainan, mampu untuk memegang benda dengan kedua tangannya serta memindahkan dari tangan satu ke tangan satunya.
Yang Anda lakukan adalah :
- Mengajaknya untuk berbicara karena mulai pandai bergumam dan berceloteh.
- Merangsang meniru untuk bahasa wajah dengan mimik, dan gerak tangan atau suara Anda.
- Merangsang untuk bergerak lincah dengan memberikan mainan.
Usia 8-12 bulan
Semakin berkembang kemampuannya untuk belajar mengetahui lingkungan sekitarnya. Melakukan gerakan terarah dan bertujuan.
Yang Anda lakukan adalah :
- Melatih untuk menyelesaikan hambatan kecil.
- Mengajak untuk belajar bicara.
- Melatih untuk mengingat objek dengan menyembunyikan barang.
- Mengajarkan tentang konsep ruang secara sederhana, misalnya tentang pengertian besar-kecil, atas-bawah.
Usia 1 – 2 tahun
Kemampuan berdiri dan belajar berjalan sendiri, mengembangkan rasa percaya diri, tumbuhnya identias diri ( suka dipanggil dengan namanya) , sering menyebutkan kata-kata “tidak”.
Yang Anda lakukan adalah :
- Melatih ingatannya untuk mengenali benda-benda yang pernah dilihatnya.
- Melatih mengenal kegunaan benda.
- Memberikan mainan balok susun.
- Mengembangkan kemampuan bahasa.
Akhir usia 2 tahun
Mulai memahami pengalaman yang telah ia peroleh. Dengan meningkatknya daya ingat, mampu berpikir sebelum bertindak. Mengembangkan kemampuan bahasa selain berkomunikasi dengan orang lain juga berkomunikasi dengan daya imajinasi.
Yang Anda lakukan adalah :
- Memberikan mainan yang dapat melatih daya krativitasnya
- Memberikan pengertian waktu, tentang “nanti” dan “ sekarang”
- Memberikan kesempatan untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.
0 komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)