Selasa

TIP BAGAIMANA MELATIH SI KECIL MAKAN….

Pemberian makanan pendamping ASI dimulai setelah bayi berusia 6 bulan. Pemberian makan sebaiknya diberikan setelah bayi minum ASI. Yang penting, beri si Kecil makanan tambahan bila ia tampak lapar.

Tanda-tanda si Kecil sudah siap diberi MP-ASI sebagai berikut :
- Kepalanya sudah bisa tegak
- Dapat duduk sambil di sangga
- Menunjukkan minat terhadap makanan
- Mengerti membuka mulut padasaat makanan diarahkan kepadanya
- Tampak masih lapar walau sudah mendapatcukup ASI

Cara memperkenalkan makanan bagi si Kecil secara bertahap yaitu
- Berikan MP-ASI dalam bentuk cairan dan jumlahnya sedikit, contoh sari buah, daging buah yang dihaluskan, biskuit dan bubur bayi.
- Kentalkan dan tambah jumlah makanannya. Cara ini untuk menghindarkan bayi dari gangguan pencernaan.

Selama masa ini, si Kecil pun akan belajar tentang pengaturan jadwal waktu makan. Waktu makan yang teratur diperlukan untuk membina refliks pada saluran cerna bayi agar lebih siap untuk menerima, mencerna dan menyerap makanan pada waktu-waktu tertentu.

Bila si Kecil Memuntahkan Makanan
Suatu saat bisa saja si Kecil menolak untuk makan.Bila ia tidak mau menghabiskan makanannya, sebaiknya Anda tidak memaksakannya. Mungkin gusinya terasa sakit atau gatal akibat prosese tumbuh gigi.
Bunda bisa mencobanya lagi pada kesempatan yang lain. Pemberian makanan pada si Kecil membutuhkan pengertian dan kesabaran yang tinggi.
Pancing semangat makan si Kecil dengan mengajak makan bersama anggota keluarga lainnya. Sambil menyantap makanannya, si Kecil sekaligus bisa mendapat pengalaman bersosialisasi terhadap lingkungannya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya Ya. Mampir Kembali :)

Related Posts with Thumbnails

Video Lagu Musik Religi Islami 2016 Sambut Lebaran 1437H

Loading...